Rabu, 30 Desember 2015

Cara Mencegah Dan Menghindari Virus Menyerang Komputer Atau Laptop

Cara Mencegah Dan Menghindari Virus Menyerang Komputer Atau Laptop - Virus merupakan sebuah file yang dapat mengganggu system operasional pada komputer ataupun laptop. Apabila sebuah komputer terkena serangan virus, maka secara otomatis kinerja dari komputer tidak akan maksimal. Dampak dari serangan virus biasanya seperti proses loading menjadi lebih lambat atau lemot, file-file yang tersimpan di komputer akan hilang secara tiba-tiba, komputer sering restart sendiri. Jika virus sudah menyerang sistem operasi komputer kita, maka otomatis kita akan disibukkan untuk melakukan instal ulang sistem operasi pada komputer.

Beberapa orang pasti mempunyai pengalaman buruk terhadap virus, seperti hilangnya data dikomputer secara tiba-tiba, dan dapat dipastikan mereka akan sangat takut dengan adanya virus di komputernya. Hal ini akan membuat seseorang sangat waspada terhadap serangan virus, bahkan sampai-sampai tidak akan mau menggunakan flashdisk yang bukan miliknya. Terkadang ada juga orang yang tidak mau orang lain menggunakan/memainkan komputernya. Satu alasan masuk akal yang membuat mereka seperti itu adalah takut komputernya terserang virus, jadi ada benarnya juga mereka seperti itu.

Virus pada komputer dapat dikatakan juga menjadi sebuah file pengganggu. Jadi banyak yang berpendapat bahwa setiap file yang dapat mengganggu kinerja dari sistem operasi adalah virus. File penggangu ini bisa dalam bentuk file biasa yang sengaja kita simpan tetapi rusak, Worm, Kuda troya, Spyware, dan malware berbahaya yang terinstal baik secara sengaja maupun tidak. Kita tidak perlu takut dengan namanya virus yang menyerang komputer ataupun laptop. Selama kita masih mau melakukan langkah-langkah antisipasinya dengan benar, maka kemungkinan komputer kita diserang virus itu sangat kecil sekali.

Cara Mencegah Dan Menghindari Virus Menyerang Komputer Atau Laptop
Berikut akan kami berikan beberap tips untuk mencegah dan menghindari serangan virus pada komputer atau laptop :
  • Gunakan antivirus yang kompatibel dengan komputer anda, dan usahakan untuk selalu mengupdate antivirus tersebut. Untuk antivirus, lebih baik menggunakan antivirus yang premium seperti Anti Virus Kaspersky.
  • Jika komputer atau laptop sering digunakan browsing internet maka gunakan antivirus yang memiliki fitur Internet Security.
  • Aktifkan Firewall pada Windows yang anda gunakan.
  • Selalu perbarui Security Update pada Windows Security.
  • Jangan dibiasakan menyimpan data pada drive C terlalu lama.
  • Kenali semua data yang anda simpan pada laptop, dan segera buang/hapus apabila ada data yang tidak anda kenal.
  • Hapus file registry yang sudah tidak di perlukan secara teratur.
  • Apa bila akan memindahkan data dari device/perangkat lain, usahakan tidak membukanya dulu ketika masih terkoneksi, jadi langsung di send / copy kemudian lepaskan device / perangkat.
  • Gunakan alat pembersihan seperti Ccleaner, TuneUp Utility, dsb.
Jadi dapat disimpulkan bahwa jika kita menggunakan komputer atau laptop dengan baik dan benar, maka dapat dipastikan kemungkinan serangan virus pada komputer atau laptop menjadi lebih kecil. Jika anda sering browsing, maka usahakan jangan membuka situs yang aneh-aneh, karena hal ini akan dapat menyebabkan komputer terserang virus.

Mungkin sekian artikel mengenai cara mencegah dan menghindari virus menyerang komputer atau laptop. Semoga artikel ini bisa memberikan banyak manfaat untuk para pembaca semuanya. Dan terimakasih telah berkunjung di blog ini.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon