Minggu, 08 November 2015

Pengertian Internet, Intranet, Dan Extranet

Pengertian Internet, Intranet, Dan Extranet - Selamat pagi sahabat guilko semuanya, selamat berlibur di akhir pekan ini. Jangan lupa ya, sempatkan untuk membaca artikel-artikel di www.gudangilmukomputer.com ini. Kami akan berusaha untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan murni pengalaman dari penulis. Teman-teman juga bisa request artikel kok, nanti akan kami tuliskan artikel-artikel yang teman-teman sudah request.

Kali ini kita akan membahas artikel mengenai pengertian dan perbedaan internet, intranet dan ekstranet. Berikut artikel lebih lengkapnya :

Internet
Internet (Interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai packet switching protocol (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna internet di dunia. Bagaimana menghubungkan sirkuit dengan aturan ini disebut internetworking (antara jaringan).

Intranet
Intranet adalah jaringan pribadi (private network) yang menggunakan protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia tentang perusahaan atau operasi perusahaan untuk karyawannya. Kadang-kadang istilah ini mengacu hanya untuk intranet layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan.

Untuk membangun sebuah intranet, maka jaringan harus memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, Internet Protocol (TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan server. HTTP dan protokol Internet lainnya (FTP, POP3, SMTP atau) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.

Extranet
Extranet atau Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.

Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.

Contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk extranet adalah Lotus Notes.

Pengertian Internet, Intranet, Dan Extranet

Perbedaan internet dan intranet
Internal Network atau yang biasa disebut dengan intranet pengertianya juga sama dengan internet, yaitu sebuah jaringan komunikasi yang bisa menghubungkan beberepa komputer. Perbedaanya adalah pada jangkauan yang bisa dijangkau oleh jaringan intranet.

Jangkauan dari intranet ini lebih sempit bila dibandingkan dengan internet. Misalnya, jaringan pada suatu perusahaan yang hanya dikhususkan untuk perusahaan itu saja tanpa bisa diketahui oleh orang lain. Dan bila perusahaan ini menginginkan orang lain bisa melihatnya, maka jaringan ini akan disebut dengan ekstranet.

Jaringan ekstranet adalah jaringan pada suatu perusahaan yang mempublikasikanya kepada khalayak umum, tapi data-data yang ada didalam perusahaan tersebut tidak dapat dirubah-rubah oleh khalayak umum. Sedangkan perusahaan tersebut masih bisa leluasa merubah isi data-data dari perusahaan.

Pada dasarnya adalah, perbedaan antara internet, intranet, dan ekstranet terletak pada titik jangkauan yang bisa dijangkau oleh masing-masing jaringan.

sumber : id.wikipedia.org 

Sekian artikel mengenai pengertian internet, intranet, dan extranet. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat teman-teman semuanya. 

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon