Senin, 26 Oktober 2015

Pengertian Dan Fungsi Solid State Hybrid Drive (SSHD)

Pengertian Dan Fungsi Solid State Hybrid Drive (SSHD) - SSHD merupakan sebuah teknologi baru media penyimpanan data komputer. SSHD memiliki banyak sekali keunggulan, dengan menggabungkan kelebihan dari harddisk dan kelebihan dari SSD dalam satu perangkat. Kecepatan transfer data yang cepat seperti SSD dan kapasitas penyimpanan data yang besar seperti HDD adalah salah satu keunggulan utama yang dimiliki oleh SSHD ini.

Pengertian Solid State Hybrid Drive (SSHD)
Solid State Hybrid Drive atau SSHD adalah sebuah media penyimpanan yang merupakan gabungan (hybrid) antara teknologi SSD dan HDD. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh SSHD ini adalah pada proses boot-time yang lebih cepat dibandingkan HDD. Kenapa ini bisa terjadi ? Karena Disk Buffer yang dimiliki oleh SSHD ini menggunakan chip NAND seperti pada SSD.

Pengertian Dan Fungsi Solid State Hybrid Drive (SSHD)

Fungsi Solid State Hybrid Drive (SSHD)
Fungsi SSHD memiliki fungsi yang sama seperti HDD dan SSD sebagai media penyimpanan data pada komputer atau laptop. Dengan menggunakan SSHD ini diharapkan komputer anda memiliki kecepatan yang lebih baik dibandingkan saat menggunakan HDD sebagai media penyimpanan datanya. Untuk melihat perbedaan pada saat proses booting windows antara SSD,SSHD dan HDD, berikut kami tampilkan video nya :


Pada video di atas sangat terlihat sekali perbedaan antara komputer yang menggunakan SSD, SSHD dan HDD. SSD memiliki kecepatan lebih baik dibandingkan SSHD, dan begitu juga SSHD memiliki kecepatan lebih baik dibandingkan HDD.

SSHD memang merupakan teknologi baru media penyimpanan data. Perusahaan ternama Seagate telah mengeluarkan SSHD for laptop dan desktop dengan kapasitas 500 GB, 1TB, dan 2TB. Harga SSHD lebih tinggi dibandingkan SSHD dan lebih murah dibandingkan SSD.

Seagate SSHD memadukan kecepatan luar biasa hard disk solid state (SSD) dengan kapasitas hard disk yang tinggi untuk mendongkrak kinerja sistem Anda. Diberdayakan oleh teknologi Adaptive Memory™, teknologi SSHD memungkinkan sistem Anda melakukan booting, memuat, dan menjalankan aplikasi dengan lebih cepat. Lakukan lebih banyak hal dan hemat waktu dengan SSHD untuk PC laptop atau desktop Anda.

Sumber : http://www.seagate.com/

3 komentar

Terima kasih untuk informasinya :)

Berarti secara fisik jenis konektor yang digunakan sama ya mas ? kirain terpisah jadi 2 konektor

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon