Senin, 14 September 2015

Tips-Tips Mengatasi Komputer Yang Mati Total

Tips-Tips Mengatasi Komputer Yang Mati Total - Komputer merupakan sebuah lat elektronik yang tersusun oleh beberapa perangkat harware. Hardware yang menyusun komputer yaitu casing, motherboard, RAM, harddisk, DVD-RW dan lainnya. Harware ini akan tersusun dengan baik di komputer dan saling berkaitan dalam sebuah pemrosesan data.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap perangkat elektronik memiliki banyak sekali kelebihan dan pasti juga memiliki kekurangan. Kelebihan yang dimiliki oleh komputer adalah dari segi daya tahan. Komputer sanggup bertahan dalam waktu yang cukup lama asalkan masih ada sumber tegangannya. Akan tetapi komputer juga memiliki kekurangan yaitu tidak bisa dibawa kemana-mana dan juga komputer berpatokan pada listik sebagai sumber energinya.

Dizaman teknologi yang semakin canggih ini komputer seakan-akan menjadi kebutuhan pokok bagi seseorang, karena mengingat kebutuhan teknologi sekarang ini yang semakin meningkat. Rata-rata sebuah perusahaan atau instansi pemerintahan sangat bergantung pada komputer ini. Banyak kegiatan yang harus dikerjakan dengan bantuan komputer, seeperti mengetik, menginputkan data-data pegawai secara online. Komputer juga menjadi sebuah server bagi sebagian orang karena memiliki ketahanan yang bisa diandalkan.

Banyak sekali permasalahan yang terjadi pada komputer. Mulai dari permasalahan software sampai permasalahan pada hardware. Dan salah satu permasalahan yang akan kita bahas adalah mengenai permasalahan pada hardware komputer yaitu bagaimana cara mengatasi komputer yang mati total. Berikut penjelasannya.

Komputer yang mati total sangat gampang untuk mencari titik permasalahannya. Yang pasti kalau komputer mati total berarti tidak adanya aliran listrik yang mengalir pada komputer. Untuk itu sebaiknya anda mengecek beberapa hal seperti di bawah ini :
  • Cek aliran listrik
Listrik menjadi sumber energi pada komputer. Apabila tidak ada energi listrik maka komputer tidak bisa menyala. Untuk itu sebelum menyalakan komputer sebaiknya cek listrik dahulu apakah sudah menyala atau belum.
  • Cek power supply
Power supply merupakan sebuah hardware yang berfungsi sebagai penyuplai listrik pada komputer. Power supply ini akan menyuplaikan listrik kepada perangkat hardware yang lainnya seperti motherboard, harddisk, DVD rom dan lainnya.

Logikanya, jika power supply mengalami sebuah problem maka otomatis hardware yang lainnya tidak akan bisa bekerja karena tidak adanya pasokan listrik. Cek kondisi power supply komputer anda dengan cara mencium terlebih dahulu, apakah ada bau gosong atau tidak. Kalau tercium bau gosong pada power supply, maka sudah bisa dipastikan bahwa yang menyebabkan komputer anda mati total adalah terjadinya kerusakan pada power supply.

Apabila tidak tercium bau gosong pada power supply, maka selanjutnya lakukan pengecekan kembali. Perlengkapan yang diperlukan untuk melakukan pengecekan yang satu ini adalah sebuah kabel atau apa saja sesuatu yang bisa menghantarkan arus listrik. Disini sebaiknya menggunakan sebuah kabel. Caranya adalah siapkan kabel dengan panjang minimal 5cm saja sudah cukup, lalu cari kabel yang berwarna hitam dan berwarna hijau pada power supply. Selanjutnya hubungkan kedua kabel hijau dan hitam power supply itu dengan kabel tadi. Selanjutnya colokkam kabel power ke listrik dan lihat apa yang terjadi. Pastikan power supply menyala atau tidak.
  • Cek kondisi motherboard
Jika motherboard mengalami kerusakan maka otomatis komputer tidak bisa menyala dalam artian mati total. Jika listik menyala dengan baik dan power supply bekerja dengan baik, maka kemungkinan yang menyebabkan komputer mati total adalah karena terjadi kerusakan pada motherboard.

Apakah motherboard bisa diperbaiki ? tentu saja bisa. Hanya saja tidak banyak orang yang ahli dalam memperbaiki motherboard ini. Lagian untuk memperbaiki motherboard ini akan menghabiskan biasaya yang besar yaitu berkisaran diantara 1 jutaan. Hal ini sebanding dengan alat yang dibutuhkan untuk memperbaiki motherboard ini. Alat yang dibutuhkan untuk memperbaiki motherboard ini dijual dengan harga yang mahal, maka akan sebanding pula dengan harga perbaikan motherboarnya.

Jika anda ingin memperbaiki motherboard bisa dengan menanyakan dengan orang yang lebih mahir atau orang yang sudah berpengalaman di bidang teknisi komputer ini.

Mungkin hanya itu beberapa faktor yang bisa menyebabkan komputer mati total. Cukup sekian tips-tips mengatasi komputer yang mati total. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman semuanya. Terimakasih telah berkunjung di blog ini.

1 komentar

Jasa Service Komputer Panggilan

Kami melayani jasa services komputer panggilan
Services komputer antar/jemput bagi anda
Jika ingin services komputer silahkan Hubungi
Kami. jika bapak atau ibu sibuk cukup Hubungi Kami
Maka Kami akan pergi ketempat anda


Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

Software :
1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)

Hardware :
1. Mati total
2. Tidak Tampil
3. Bunyi Bunyi
4. BlueScreen
5. Lemot
6. Tidak Bisa Masuk Windows
7. Sering Hang,Restart
8. Installasi Lan/Wireless

Silahkan Hubungi Kami
081294209696
Bilawal.rifai96@gmail.com
http://www.mataharikomputer.com

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon