Kamis, 10 September 2015

Tips-Tips Memilih Laptop Gaming

Tips-Tips Memilih Laptop Gaming - Akhir-akhir ini kami melihat banyak orang yang menggunakan laptopnya untuk bermain game. Ada berbagai macam merk laptop yang mereka gunakan. Sebenarnya sangat banyak laptop untuk gaming ini yang dijual dipasaran, anda tinggal meyesuaikan dengan budget saja. Biasanya laptop yang digunakan untuk bermain game ini memiliki harga yang mahal dan tentunya didukung dengan spesifikasi laptop yang bisa diandalkan. Melalui artikel ini kami akan membagikan beberapa tips untuk memilih laptop untuk gaming.

Banyak orang yang berpendapat bahwa untuk urusan gaming, lebih baik menggunakan PC dairpada laptop. Kami rasa pendapat tersebut tidaklah salah, karena PC memiliki banyak keunggulan dibandingkan laptop dalam urusan bermain game. PC mempunyai daya tahan yang lebih lama, PC sanggup dihidupkan berhari-hari untuk bermain game. Tetapi hal tersebut tidak wajar apabila dilakukan setiap hari.

Laptop sebenarnya sanggup untuk hidup berhari-hari, hanya saja kondisinya tidak mendukung. Laptop yang dihidupkan selama seharian nonstop, bisa membuat laptop tersebut manjadi panas, dan tentunya akan berpengaruh terhadap kondisi hardware yang lainnya.

Tapi banyak anak muda sekarang memilih laptop sebagai media untuk bermain game. Laptop dipilih mungkin karena lebih simple, efisien, dan tentunya mudah untuk di bawa kemana-mana. Jadi anda bisa main game tersebut dimanapun dan kapanpun.

Mempunyai laptop gaming tentunya tidak harus dengan harga yang mahal. Asalkan anda mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli laptop gaming. Anda juga bisa mendapatkan laptop gaming dengan harga yang terjangkau, asalkan perhatikan terlebih dahulu tips berikut ini :

  • Pentingnya peran processor
Banyak orang yang lebih memprioritaskan VGA daripada proceesor ketika hendak membeli laptop gaming. Mereka cenderung memilih VGA dengan performa yang bagus tetapi tidak diimbangi dengan processor yang  bagus pula. Hal ini tidaklah salah, tetapi perlu untuk dipertimbangkan kembali. Peran processor tidak boleh dianggap sebelah mata, karena processor merupakan otak dari laptop tersebut. Semua proses akan diolah oleh processor ini. Pertimbangkan kembali kualitas dan kecepatan processor dalam memproses data.

Selain itu, Banyaknya inti/ core yang dimiliki oleh processor dapat memperingan proses rendering yang dilakukan oleh VGA. Saya sarankan memilih laptop dengan processor non ULV, karena processor seri ULV kurang bagus untuk gaming.
  • Perhatikan seri chipset VGA
Banyak kesalahan yang terjadi ketika seseorang hendak membeli laptop gaming. Mereka lebih banyak memperhatikan besarnya memory pada VGA atau VRAM daripada memperhatikan seri chipset pada VGA tersebut. Sebenarnya yang wajib diperhatikan adalah seri chipsetnya bukan besar memory VGA tersebut. Dalam dunia desain grafis, VRAM sangatlah penting, hanya saja dalam gaming tidak terlalu dibutuhkan.

Agar lebih mudah memilih VGA yang pas buat gaming, perhatikan seri chipsetnya. Misalkan NVIDIA GeForce GT 720M, cara membacanya sebagai berikut :
Digit pertama menunjukkan generasinya, artinya VGA tersebut generasi ketujuh.
Digit kedua dan ketiga menunjukkan tingkatan kelas atau performanya, semakin tinggi angkanya semakin bagus performa suatu VGA.

Yang paling utama yaitu digit kedua dan ketiga, misalkan Nvidia GeForce GT 720M performanya dibawah Nvidia GeForce GT 635M tetapi teknologinya lebih canggih karena generasinya lebih baru. Seri chipset VGA yang saya jadikan contoh di atas merupakan seri chipset VGA versi mobile, bukan versi dekstop.

  • Perhatikan juga kapasitas harddisk
Untuk laptop gaming, harddisk yang harus dimiliki yaitu minimal 500GB, lebih besar maka lebih bagus. Jika anda mempunyai uang yang lebih, tidak salahnya untuk menambah kapasitas harddisk menjadi 1TB atau 2 TB.
  • Perhatikan kapasitas RAM
Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki laptop semakin lancar pula proses multitasking. Jangan terlalu disibukkan dengan clock speed RAM karena rata-rata game saat ini lebih mengutamakan kapasitas RAM daripada clock speed RAM.
  • Perhatikan ukuran layar laptop
Rata-rata laptop memiliki ukuran layar 14 inchi. Dan ukuran tersebut saya rasa sudah cukup untuk menampilkan kualitas gambar yang jernih dan memuaskan. Jika anda masih merasa kurang dengan ukuran layarnya, anda bisa memilih laptop dengan ukuran layar 15-17 inchi. Semakin besar ukuran layar laptop, maka semakin akan puas pengguna/ pemain game tersebut.
  • Pilih laptop yang komponennya mudah diupgrade
Tidak semua komponen laptop bisa diupgrade. Pilihlah laptop yang komponenya bisa diupgrade, seperti RAM dan harddisknya. Dengan mengupgrade komponen laptop, maka akan meningkatkan kinerja dari laptop tersebut. Komponen yang terutama harus bisa diupdate yaitu RAM dan selanjutnya yaitu harddisk.
  • Perhatikan garansi laptop
Setiap produsen laptop akan memberikan garansi yang berbeda-beda pula. Rata-rata garansi laptop selama 1 tahun. Semakin lama garansinya, maka semakin bagus pula laptop tersebut. Dalam memilih laptop gaming, garansi ini sangat perlu diperhatikan. Sewaktu-waktu jika komponen hardware laptop mengalami kerusakan, dan jika masih ada garansinya tentu hal ini sangat akan membantu.

Dapat disimpulkan bahwa laptop untuk game itu tidak perlu dengan harga yang mahal. Sesuaikanlah dengan kemampuan anda jika ingin memiliki laptop gaming. Anda dapat memprehatikan beberapa hal pertimbangan di atas.

Tips-Tips Memilih Laptop Gaming

Sekian artikel tips-tips memilih laptop gaming. Semoga artikel ini dapat membantu dan juga dapat menjadi pedoman anda sebalum membeli laptop gaming.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon