Rabu, 23 September 2015

Sejarah Facebook Dari Awal Hingga Menggapai Sukses Saat Ini

Sejarah Facebook Dari Awal Hingga Menggapai Sukses Saat Ini - Kalau mendengar kata facebook mungkin sudah tidak asing lagi di telinga teman-teman. Benar sekali, facebook merupakan sebuah sosial media terpopuler saat ini. Penggunanya mencakup seluruh dunia dan semua kalangan. Nama Mark Zuckerberg mendunia setelah berhasil menemukan facebook ini. Hingga saat ini nama Mark Zuckerberg masuk dalam daftar orang terkaya didunia, dan menjadi salah satu pengusaha muda yang sukses. Bagaimana awalnya dia menemukan facebook ?? Berikut ulasannya.

Sejarah Facebook Dari Awal Hingga Menggapai Sukses Saat Ini

Facebook.com saat ini awalnya berasal dari nama TheFacebook.com, dan masih dalam lingkup jaringan sosial skala kecil seperti dilingkungan sekolah dan kampus.

23 Oktober 2003, Mark Zuckerberg seorang mahasiswa psikologi universitas Harvard, awalnya dia bereksperimen dengan menciptakan Facemash.com. Situs ini memperbolehkan pengunjungnya (rata-rata mahasiswa Harvard University) untuk membandingkan 2 gambar mahasiswi yang mana yang lebih hot (cantik) dan mana yang tidak.

Lalu darimana Mark Zuckerberg mendpatkan foto-foto tersebut ? Gambar tersebut Mark dapatkan dengan cara mengehack database universitas harvard. Akhirnya banyak sekali mahasiswa yang marah karena foto mereka ada disitus itu. Dan akhirnya banyak mahasiswa yang marah meminta kepada mark untuk menutup situsnya itu. Dari hal itu Mark dapat membuktikan bahwa banyak orang yang suka membuka internet untuk melihat tampilan seseorang terutama wajahnya.

Pada 11 Januari 2004, Mark Zuckerberg kembali mendaftarkan sebuah domain dengan nama thefacebook.com yang terinspirasi dari insiden facemash.com dan dimodelkan dari friendster. Mark juga berkata bahwa ia sangat ingin menciptakan sebuah situs web yang dapat menghubungkan orang-orang dalam lingkup universitasnya. Mark sadar bahwa hardvard membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengimplementasikan sistem tersebut, sedangkan ia dan teman-teman kampusnya hanya butuh waktu seminggu saja.


Setelah situs tersebut diselesaikan oleh Mark, dikatahui bahwa dalam waktu 24 jam ada sekitar 1200 mahasiswa harvard yang telah mendaftar disitus tersebut.

Setelah 6 hari peluncuran situs tersebut, diketahui bahwa ternyata Mark juga sedang mengembangkan sebuah situs lain yang disebut HardvardConnection.com. Kemudian Cameron Winklevoss, Tyler Winkelvoss dan Divya Narendra akhirnya menuntut Mark dengan tuntutan bahwa ia telah mencuri ide mereka, yaitu facebook. Masalah ini dapat diselesaikan oleh Mark dengan solusi yang dirahasiakan.

Tidak lama setelah diluncurkan dan dikembangkan, seorang co-founder dari Napster, yaitu Sean Parker menemukan thefacebook.com di komputer pacarnya. Kemudian ia memutuskan untuk terbang langsung ke New York untuk bertemu dengan Mark Zuckerberg. Dan pada akhirnya dia mulai menjadi penasehat thefacebook.com secara tidak formal.

Pada bulan Juni 2004, facebook akhirnya mendapatkan investasi pertamanya dari Peter Theil, founder PayPal sebesar $500.000 sebagai ganti dari 10.2% saham perusahaan. Dan akhirnya Sean Parker diangkat menjadi presiden dari perusahaan yang baru berdiri tersebut.

Thefacebook.com terus dikembangkan ke luar kampus atau masyarakat luas, hingga akhirnya pada 30 Desember 2004 lebih dari 1 juta orang telah menjadi anggota thefacebook.com.

Akhirnya pada bulan Agustus 2005, thefacebook.com berganti nama menjadi facebook.com dengan harga yang mencapai $200.000. Pada tahun inilah facebook mulai banyak mendapatkan investor dan mulai bekerja sama dengan perusahaan besar seperti Apple dan Microsoft. Pada akhir 2005, facebook telah menyebar di US, Canada, Mexico, UK, Australia, New Zealand dan Irlandia.

Pada tahusn-tahun selanjutnya merupakan tahun yang tidak begitu bersahabat dengan facebook. Facebook mengalami kerugian sampai pada batas facebook harus menjual saham-sahamnya untuk mengembalikan kembali aliran pendapatan kearah yang positif. Meskipun begitu, facebook terus berjuang dari keterpurukan ini dan akhirnya facebook mendapatkan trend positif dengan terus berkembang. Pada tahun 2009 akhirnya facebook mulai berhasil mendapatkan pendapatannya kembali menuju angka yang positif.

Ditahun 2010, facebook terus berkembang dan memunculkan berbagai teknologi hingga akhirnya dibutlah sebuah film dokumentasi "The Social Network" oleh David Fischer. Film ini menceritakan mengenai asal mula facebook dan kisah hidup Mark Zuckerberg.

Facebook terus mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Pada tahun berikutnya facebook berhasil merilis aplikasi iPad, bekerjasama dengan Skype dan Heroku, mengubah interface dengan basis Timeline, mengubah halaman login dan profil.

Pada tahun 2012, Instagram dibeli oleh facebook dengan harga 1 milyar US Dollar dan mencapai 1 milyar penggunanya. Tidak berhenti disitu saja, akhirnya Mark Zuckerberg berhasil mendapatkan 22% kepemilikan facebook.

Di Januari 2013, Facebook memperkenalkan Pencarian Graph yang memperbolehkan user untuk mencari apa yang mereka mencari berdasar pada teman dan koneksi mereka. Fitur ini memperbolehkan Anda untuk mencari dari data yang diberikan oleh teman untuk menemukan hal-hal yang menarik bagi Anda, seperti restoran, musik dan sebagainya. Ini merupakan titik pertama Facebook untuk melakukan persaingan dengan Google dalam hal pencarian.

Pada tahun 2013, situs pertama Facebook juga telah dimunculkan kembali, yakni thefacebook, hanya saja dengan URL yang berbeda, yaitu thefacebook.us.

Sekian artikel mengenai sejarah facebook, Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi buat kita semuanya. Terimakasih telah berkunjung di blog ini dan jangan lupa dishare ya artikel-artikelnya, agar bermanfaat juga buat orang banyak.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon