Sabtu, 19 September 2015

Keunggulan Dan Kelemahan Harddisk Eksternal

Keunggulan Dan Kelemahan Harddisk Eksternal - Harddisk merupakan sebuah media penyimpanan yang paling banyak digunakan saat ini. Harddisk memiliki banyak keunggulan dibandingkan media penyimpanan lainnya. Sebenarnya masih ada media penyimpanan yang bagus, yaitu Solid State Drive (SSD). Hanya saja SSD ini dijual dengan harga yang sangat mahal dan kapasitas yang masih sangat kecil.

Harddisk ada 2 jenis, yaitu harddisk internal dan harddisk eksternal. Kali ini kita akan fokus terlebih dahulu untuk membahas mengenai harddisk eksternal.

Harddisk eksternal berada diluar casing sebuah laptop atau komputer. Berikut kami sajikan keunggulan dan kelemahan harddisk eksternal.

Keunggulan harddisk eksternal

  • Lebih simple atau mudah dibawa kemana-mana.
  • Kapasitasnya lebih besar dibandingkan harddisk internal.
Kelemahan harddisk eksternal
  • Harga relatif lebih mahal dibandingkan harddisk internal.
  • Sangat rawan terserang virus.
  • Rawan terjadi bad sector.
  • Rentan terjatuh sehingga sangat mudah terjadi kerusakan.
  • Gampang dicuri orang.
Menjaga dan merawat harddisk ekternal itu sangat susah dibandingkan harddisk internal. Jika anda mempunyai harddisk eksternal sebaiknya jangan terlalu sering dipinjamkan kepada teman anda. Biasanya sering iseng teman-teman kita itu. Terkadang mereka sering mencabut kabel USB harddisk ekternal, sebenarnya ini tidak boleh terjadi. Kabel USB harddisk ekternal tidak boleh dicabut dari tempatnya, dan apabila itu terjadi maka akan memperpendek umur harddisk eksternal itu.

Keunggulan Dan Kelemahan Harddisk Eksternal

Apabila anda mempunyai harddisk eksternal, terus harddisk itu sering dipakai teman anda dan suatu ketika harddisk itu dibalikan ke anda dalam keadaan rusak, apa perasaan anda ? tentu sangat tidak enak. Admin sendiri pernah mengalami hal seperti ini. Mau marah nggak enak karena mereka teman, ya terpaksa pasrah aja sih. Dan untuk memperbaikinya harus mengeluarkan biaya yang sangat mahal.

Kerusakan pada harddisk sebenarnya berakibat sangat fatal. Karena harddisk berisi banyak data-data yang sangat penting. Untuk itu sebaiknya anda memahami dengan betul bagaimana cara memperlakukan harddisk itu dengan baik dan benar.

Admin mempunyai 2 harddisk yang rusak, 1 harddisk internal dan satunya harddisk eksternal. Harddisk internal ini mengalami kerusakan yang sangat parah yaitu kerusakan pada head nya. Untuk membackup datanya saja membutuhkan uang sekitar 1.7 juta. Apa itu tidak mahal ? bukan masalah mahalnya, tapi masalah data-data yang ada didalamnya. Dan harddisk eksternal yang satunya mengalami bad sector. Total biaya semuanya yah sekitar 2,5 jutaanlah. Kalau dipikir-pikir mending beli harddisk baru ya hehe.

Mungkin ini bisa menjadi inspirasi buat teman-teman semuanya. Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman. Terimakasih telah berkunjung di blog ini.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon