12 September 2015

Cara Merawat Laptop agar Tetap Awet

Di zaman teknologi yang semakin canggih ini, laptop seolah-olah sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi seseorang baik yang pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, pengusaha dan bahkan anak-anak. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan laptop, misalnya mengetik, menonton, mengedit, bermain game dan lainnya. Selain itu laptop juga memiliki bebrapa kelebihan dibandingkan komputer. Kelebihan laptop adalah bentuknya yang kecil dan bisa dimasukkan ke dalam tas sehingga akan bisa digunakan dimana saja dan kapan saja.

Sering kita temui orang disekitar yang menggunakan laptop tidak sesuai dengan prosedur. Misalnya menekan tombol keyboard dengan sangat kuat dam mematikan laptop dengan cara menekan tombol power secara lama. Banyak yang mengabaikan kesehatan dan keamanan laptopnya sendiri. Kesehatan laptop juga perlu dijaga loh guys, selayaknya seperti kesehatan manusia. Apabila laptop sakit, maka penggunanya akan direpotkan untuk menyembuhkannya. Jika laptop mengalami kerusakan, pastinya akan mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya dan apabila laptop mengalami kerusakan yang cukup berat, mungkin saja akan menghabiskan uang yang banyak.

Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet

Kami sangat peduli terhadap kesehatan teman-teman dan juga kesehatan laptop teman-teman. Untuk itu kali ini kami akan memberikan sedikit tips bagaimana cara merawat laptop yang baik dan benar agar bisa digunakan dalam waktu yang lama :

1. Install aplikasi yang dibutuhkan saja

Pengalaman seperti ini sangat banyak kami temukan dilingkungan sekitar. Banyak orang yang menginstal aplikasi-aplikasi yang menurut kami tidak terlalu penting untuk diinstal di laptop. Bahkan kalau ditanya kegunaan dari aplikasi yang diinstal, mereka bahkan tidak tahu. Sebagian orang berpendapat kalau menginstal banyak aplikasi itu agar tampilan desktopnya menjadi lebih ramai. Tentu saja hal seperti ini tidak benar. Jika kamu lebih teliti lagi, semakin banyak aplikasi yang diinstal maka semakin lambat pula kinerja laptop.

2. Gunakan software Cleaner

Agar laptop kamu berada dalam performa terbaik terus menerus, maka instal aplikasi cleaner. Aplikasi ini digunakan untuk membersihkan cache-cache yang ada dilaptop kamu paling banyak ditemui pada aplikasi browsing. Kegiatan ini harus dilakukan secara rutin, boleh dilakukan seminggu sekali bahkan setiap hari juga tidak apa-apa. Contoh aplikasi cleaner yang banyak digunakan adalah CClenaer. Aplikasi ini bisa di dapatkan secara gratis dengan cara mendownload di situs resminya.

3. Memasang antivirus

Aplikasi antivirus merupakan tool yang wajib diinstal pada laptop. Antivirus akan melindungi laptop kita terhadap serangan virus yang ganas. Sebenarnya antivirus ini merupakan aplikasi yang pertama diinstal setelah melakukan instal ulang sistem operasi.

4. Jangan mendownload file yang tidak penting

Pikirkan dengan baik-baik jika kamu ingin mendownload sebuah file. Download lah file-file yang kamu butuhkan saja. Jangan terlalu sering mendownload file di internet, karena bisa saja file itu mengandung virus yang berbahaya.

5. Gunakanlah cooling pad

Cooling pad (kipas pendingin) digunakan untuk melancarkan sirkulasi udara pada laptop. Cooling pad digunakan untuk menstabilkan udara panas yang dihasilkan oleh kinerja komponen laptop. Dengan menggunakan cooling pad, nantinya laptop kamu akan terasa lebih adem. Cooling pad sangat diperlukan jika kamu akan menghabiskan waktu yang lama bersama laptop.

6. Hapus startup application yang tidak penting

Startup application adalah sebuah aplikasi yang berjalan ketika laptop kita baru dihidupkan. Aplikasi inilah yang terkadang sering membuat laptop kita menjadi lambat ketika pertama kali dihidupkan.


7. Jauhkan dari benda yang bersifat cair

Jauhkan dari air, karena air bisa merusak komponen laptop. Dalam kondisi hidup maupun dalam kondisi mati usahakan laptop jauh dari air. Jika air tumpah, dan masuk kekomponen laptop, maka ini pertanda bahaya pada laptop kamu. Untuk itu jauhkanlah laptop dari benda yang sifatnya cair.

8. Letakkan laptop pada tempatnya

Jika kamu bekerja dengan menggunakan laptop, maka perhatikan letak laptop kamu itu. Usahakan jangan meletakkan laptop dikasur atau ditempat yang empuk disaat laptop menyala. Apabila laptop diletakkan dikasur, maka sirkulasi udaranya tidak akan lancar karena rongga-rongga udaranya tertutup. Hal seperti itu akan membuat laptop menjadi sangat panas. Tempat yang baik untuk laptop adalah dengan permukaan yang keras (padat) atau dalam artian sirkulasi udara yang dikeluarkan oleh komponen laptop dapat derjalan dengan lancar.


9. Gunakan sesuai dengan kemampuan laptop

Setiap laptop memiliki berbagai macam spesifikasi, beda laptop beda rasa. Untuk kamu yang hobby game, tentunya tidak memaksakannya pada laptop dengan spesifikasi kecil. Laptop juga butuh pengertian dan perhatian dari penggunanya. Tentu kamu tidak mau jika laptop mengalami over karena terus dipaksakan untuk bekerja berat.

10. Rawatlah baterai laptop dengan baik

Inilah keunggulan laptop debandingkan komputer. Laptop memiliki baterai yang digunakan sebagai sumber energi yang tidak harus terhubung dengan arus listrik. Inilah yang membuat laptop bisa dibawa kemana-mana, ya karena laptop memiliki baterai. Untuk lebih jelasnya mengenai perawatan baterai laptop, silahkan baca artikel cara merawat baterai laptop.

Itulah sedikit tips mengenai cara merawat laptop agar tetap awet. Kamu dapat menguji tips-tips di atas agar laptop kamu tetap dalam performa yang terbaik. Semoga artikel ini dapat membantu dan tentunya dapat bermanfaat untuk teman-teman semuanya.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.

Artikel Berikutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post