Selasa, 15 September 2015

Cara Mengatasi Komputer Yang Menyala Tetapi Tidak Tampil Di Monitor

Cara Mengatasi Komputer Yang Menyala Tetapi Tidak Tampil Di Monitor - Komputer sangat berkaitan erat dengan sebuah monitor. Monitor merupakan sebuah alat output, yang artinya monitor berperan untuk menampilkan hasil kerja dari komputer. Tampilan kerja komputer akan terlihat jelas pada monitor.

Laptop itu sebenarnya tersusun dari beberapa hardware baik diluar maupun di dalam yang satu sama lainnya saling berkaitan. Komputer dapat digunakan apabila semua perangkat hardwarenya dapat bekerja dengan baik. Teman-teman sangat dianjurkan untuk merakit komputer sendiri, kenapa ? karena dengan merakit komputer sendiri akan banyak ilmu dan pengalaman yang didapatkan. Selain itu dengan merakit komputer sendiri kita terkesan akan lebih mandiri, dan jika suatu saat komputer mengalami trouble, maka kita akan bisa mengatasinya sendiri tanpa harus ada campur tangan dari siapapun.

Cerita pengalaman admin sedikit ya. Semenjak laptop pertama kali dibeli, tidak pernah satupun orang menyentuhnya dalam artian memperbaikinya jika terjadi kerusakan. Laptop yang admin gunakan hingga saat ini merupakan laptop percobaan atau boleh dikatakan menjadi laptop pembelajaran bagi admin. Dengan menggunakan laptop inilah admin bisa menginstal ulang dan mengetahui tentang teknisi komputer. Laptop ini jika hardwarenya mengalami kerusakan, admin memberanikan diri untuk membongkarnya, lantaran sudah habis masa garansinya sih, hehe. Tapi jika masih dalam masa garansi, sebaiknya biar service center laptop anda saja yang memperbaikinya.

Cara Mengatasi Komputer Yang Menyala Tetapi Tidak Tampil Di Monitor

Banyak sekali problem yang terjadi pada komputer mulai dari problem pada software hingga problem pada hardwarenya. Jika problem terjadi pada software akan lebih mudah untuk mengatasinya dan begitu juga sebaliknya. Jika problem terjadi pada hardware maka akan sedikit sulit untuk mengatasinya. Kali ini kita akan membahas mengenai problem yang sering terjadi pada komputer yaitu bagaimana cara mengatasi komputer yang menyala tetapi tidak ada tampilan apapun di layar monitor.

Langkah-langkah pengecekan
  • Cek kabel VGA komputer
Kabel VGA berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan monitor. Data-data akan ditransfer melalui kabel VGA dan nantinya akan ditampilkan pada layar monitor.

Pastikan kabel VGA telah tertancap dengan benar. Jika sudah benar tetapi komputer masih saja belum tampil, sebaiknya coba dengan mengganti kabel VGA terlebih dahulu. Bisa dengan meminjam kabel VGA komputer teman. Jika masih tidak bisa menampilkan apapun pada layar monitor, maka lanjutkan proses pengecekan berikutnya, di bawah ini.
  • Cek kondisi memory (RAM)
RAM juga berperan penting untuk menampilkan perintah kerja pada layar monitor. Permasalahan yang sering terjadi yaitu RAM yang pemasangannya kurang tepat. Kesalahan pemasangan pada RAM sangat sering terjadi, seperti pemasangan RAM yang tidak kencang dan pemasangan RAM pada slot yang salah.

Untuk percoaan pertama, lepaskan RAM dari slotnya kemudian bersihkan RAM terlebih dahulu dari debu atau kotoran yang menempel. Kemudian pasang kembali RAM pada slot yang sama. Lalu coba menghidupkan komputer. Dan jika masih belum ada tampilan apapun pada layar monitor maka lakukan percobaan selanjunya.

Percobaan kedua, lepaskan RAM pada slotnya kemudian pasang kembali RAM pada slot yang berbeda. Dan coba untuk menghidupkan komputer, semoga permasalahannya masih berlanjut maka lakukan percobaan yang selanjutnya. Jika pada komputer anda terdapat 4 slot RAM, maka ulangi percobaan kedua sampai keempat slot tersebut dicoba untuk memasang RAM. Jika permasalahan masih berlanjut, lanjutkan pengecekan selanjutnya.
  • Cek VGA onboard
Onboard merupakan istilah terhadap sebuah komponen yang letaknya berada di dalam casing. VGA onboard merupakan VGA bawaan motherboard yang tidak bisa diganti. Jika VGA onboard bermasalah, anda bisa menggantinya dengan memasang VGA tambahan. VGA tampahan ini terpasang pada slot PCI dan AGP.

Jika komputer masih belum bisa menampilkan apapun dilayar monitor, maka selanjunya yang dilakukan adalah memasang VGA card tambahan kemudian kabel VGA di colokkan pada VGA card tambahan. Dan coba hidupkan komputer anda.

Mudah-mudahan percobaannya cukup sampai disini ya, jika masih berlanjut berarti ada permasalahan pada motherboard komputer anda.

Selamat mencoba ya teman-teman. Tipsnya cukup sekian dan semoga dapat membantu teman-teman semuanya dalam mengatasi permasalahan pada komputer. Sekian tips bagaimana cara mengatasi komputer yang menyala tetapi tidak tampil dimonitor. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog ini.

1 komentar

Lucky Computer Solution

Kami melayani jasa service komputer panggilan
langsung pengerjaan di tempat anda (rumah, kantor, toko, warnet,dll ),
pengerjaan hingga selesai di tempat anda

Paket yang kami tawarkan biayanya hanya 150rb sebagai berikut :

#All Service perform PC srperti baru kembali
- Service kerusakan
- Pembersihan Hardware dan Casing
- Penggantian Pasta Procesor dan VGA
- Instalasi Windows dan Driver
- Program kerja, media dan aplikasilainnya
- Game
- Bergaransi

Kami juga melayani jasa rakit, jual beli komputer bekas dari mulai yg murah hingga midle up

Anda bisa hubungi kami ke 081220769974 ( bisa di hubungi via WatsApp )
ID Line : museinvin

atau langsung datang ke toko kami

Di JL BKR sebrang Toko Alifa, ada jalan masuk satu2nya tepatnya JL Terusan Srimahi 1 No 27
lurus saja 100 meter mentok kalo dari jalan raya,
atau bisa d akses melalui google maps dengan pencarian Lucky Computer Solution
google akan segera mengarahkan anda ke lokasi kami
terimakasih #sahabatcerdas

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon