Selasa, 15 September 2015

Cara Burning Data Ke DVD Tanpa Menggunakan Software

Cara Burning Data Ke DVD Tanpa Menggunakan Software - Burning merupakan sebuah kegiatan menyalin data kedalam keping dvd. Tentu saja untuk menyalin data ke keping dvd ini tidak sembarangan dan tidak bisa juga dilakukan dengan copas (copy paste). Untuk burning data ada 2 cara yaitu dengan menggunakan bantuan software dan juga tanpa menggunakan software. Dan kali ini kita akan membahas bagaimana cara memburning data kedalam keping DVD tanpa mengunakan software.

DVD ada 2 macam yaitu DVD-R dan DVD-RW. Perbedaan dari keduanya adalah kalau DVD-R datanya bersifat permanen sedangkan DVD-RW datanya bersifat sementara dalam artian data tersebut bisa dihapus kembali jika tidak digunakan lagi. Dari segi kapasitasnya sama saja yaitu 4.7GB.

Dapat diketahui bahwa data yang diburning tanpa menggunakan software ini adalah data yang sudah berformat .iso saja, selain format tersebut data tidak bisa diburning.

Cara Burning Data Ke DVD Tanpa Menggunakan Software

Langkah-langkah burning data
1. Siapkan keping DVD.

2. Test terlebih dahulu keping DVD tersebut dan pastikan dapat terbaca di komputer.

3. Buka data yang sudah dalam format iso. Disini saya biasanya memburning master sistem operasi windows saja. Kalau untuk data yang lainnya tidak bisa karena belum berformat iso.

4. Untuk windows 7, double klik pada data berformat iso yang akan diburning. Untuk windows 8, klik kanan pada data berformat iso yang akan diburning, kemudian pilih Burn disk image. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini :


Gambar di atas membuktikan bahwa data siap diburning. Klik Burn dan tunggu proses burning sampai benar-benar selesai. Proses data selesai ditandai dengan DVD akan otomatis keluar sendiri.


Cukup mudah bukan ?? ya cara ini sangat mudah untuk dipraktekkan. Kami biasanya menggunakan cara ini untuk memburning master sistem operasi untuk melakukan penginstalan ulang OS dengan media DVD.

Mungkin sekian artikel mengenai cara burning data ke dvd tanpa menggunakan software. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan seseorang. Terimakasih telah berkunjung di blog ini.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon