Selasa, 29 September 2015

Cara Ampuh Agar Laptop Tidak Mengalami Overheat

Cara Ampuh Agar Laptop Tidak Mengalami Overheat - Overheat merupakan sebuah istilah untuk permasalahan laptop dengan panas yang berlebih. Permasalahan seperti ini pastinya sudah sering didengar oleh teman-teman.

Pada komputer masalah seperti ini jarang terjadi. Kenapa begitu ?? Karena dikomputer ada banyak cara untuk menstabilkan temperatur udara, salah satu contohnya adalah dengan menambahkan kipas dan juga dengan cara melepas casing komputer.

Cara Ampuh Agar Laptop Tidak Mengalami Overheat

Terkadang seseorang menganggap sepele permasalahan ini. Permasalahan seperti ini harus mendapatkan tindakan penyelesaian yang cepat, jika tidak, maka akan menyebabkan kerusakan pada hardware laptop.

Berikut beberapa penyebab laptop overheat :
  • Menggunakan laptop dikasur dan sofa.
  • Membuka banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan.
  • Menggunakan sistem operasi atau software yang tidak sesuai dengan spesifikasi laptop.
  • Banyaknya perangkat yang terhubung dengan USB.
  • Menutup ruang sirkulasi laptop tanpa disengaja.
Berikut akan kami berikan beberapa tips agar laptop teman-teman tidak mengalami overheat :
  1. Jika anda sedang menggunakan laptop, sebaiknya jangan letakkan di atas kasur atau bahkan dipangku dengan kaki. Hal ini sangat tidak dianjurkan sama sekali karena sirkulasi udara pada laptop akan tersumbat, sehingga udara tidak bisa keluat dan menyebabkan laptop anda mengalami panas yang berlebihan.
  2. Membuka aplikasi secara bersamaan juga menjadi salah satu penyebab laptop anda overheat. Apalagi anda membuka aplikasi yang berat secara bersamaan, seperti aplikasi adobe, corel draw, dan autocad. Sebaiknya buka aplikasi yang anda butuhkan saja jika tidak ingin laptop anda mengalami overheat.
  3. Sebaiknya anda memahami dahulu spesifikasi laptop secara detail. Gunakanlah sistem operasi dan software sesuai dengan spesifikasi laptop yang anda miliki. Jika ingin menginstal aplikasi yang berat, sebaiknya anda harus membaca spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk menginstal aplikasi tersebut.
  4. Jangan terlalu sering menggunaan perangkat seperti harddisk eksternal, kabel data smartphone, dan lainnya. Apabila terlalu sering digunakan maka akan menyebabkan lonjakan daya yang dibutuhkan sehingga laptop anda kan cepat mengalami overheat.
  5. Jika sedang menggunakan laptop, maka letakkanlah pada tempat yang memiliki bidang yang datar dan tidak terlalu rapat dengan objek padat, seperti buku, tembok dan lainnya. Pastikan bahwa sirkulasi udara pada laptop anda berjalan dengan lancar dan tidak tersumbat.
Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah laptop overheat. Semoga beberapa cara di atas dapat membantu teman-teman semuanya. Terimakasih telah berkunjung di blog ini dan jangan lupa di share ya artikelnya.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon