Jumat, 11 September 2015

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop - Laptop merupakan kebutuhan yang sangat penting di zaman teknologi seperti ini. Laptop bisa dikatakan menjadi sebuah alat berkomunikasi di zaman teknologi seperti ini.Banyak kegiatan yang bisa dilakukan dengan menggunakan laptop. Dengan menggunakan laptop, pekerjaan seseorang akan terasa lebih ringan. Laptop memang memberikan dampak positif di era teknologi sekarang ini.

Kehadiran laptop memberikan dampak yang sangat posittif. Pekerjaan seseorang dapat terbantu dengan menggunakan laptop ini. Seperti menyelesaikan pekerjaan kantor, menyelesaikan tugas kuliah, mengedit foto dan masih banyak kegiatan lainnya yang bisa diselesaikan dengan bantuan laptop ini. Bagi seorang mahasiswa, laptop merupakan sebuah kebutuhan yang wajib. Setidaknya seorang mahasiswa harus memiliki laptop, karena banyak pekerjaan yang akan dilakukan dengan menggunakan laptop.

Produsen laptop untuk saat ini sangat banyak sekali. Ada berbagai merk laptop dengan berbagai keunggulan yang dimiliki. Produsen laptop yang ternama saat ini yaitu Acer dan Asus. Kedua produsen ini selalu menghadirkan laptop dengan kualitas yang terbaik dan juga dengan harga yang dinamis.

Jika anda hendak membeli laptop, ada baiknya anda membaca beberapa tips di bawah ini. Agar nantinya laptop yang anda beli cocok dengan kebutuhan anda saat ini. Berikut beberapa tipsnya :

  • Belilah laptop sesuai dengan kebutuhan
 Kebutuhan seseorang tentunya sangat berbeda-beda. Ada yang menggunakan laptop sebagai media untuk bermain game, mengedit foto, menyelesaikan tugas kantor. Perhatikan kebutuhan anda saat ini dengan pertimbangan beberapa hal. Kalau anda ingin membeli laptop untuk gaming, tentunya harus memiliki spesifikasi yang tinggi. Kalau hanya untuk kebutuhan kantor, spesifikasi laptop yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi.

Pertimbankan kebutuhan anda dengan sangat baik sebelum membeli laptop agar nantinya anda tidak dirugikan.
  •  Perhatikan merk laptop
Merk laptop sangat menentukan kualitasnya. Banyak produsen laptop saat ini, dan hanya ada beberapa yang terkenal dengan memiliki kualitas yang terbaik. Ada baiknya anda bertanya dahulu kepada orang yang lebih paham mengenai ini, atau juga bisa dengan berkomentar di bawah ini. Merk laptop yang terbaik saat ini menurut kami adalah Acer dan Asus. Kedua produsen ini mampu bersaing dengan ketat dipasaran indonesia khususnya. Kedua merk laptop tersebut memiliki berbagai macam kelebihan dan tentunya pasti memiliki kekurangan juga.
  • Perhatikan garansi laptop
Kalau anda hendak membeli laptop, maka tanyakan dahulu garansi dari laptop tersebut. Rata-rata garansi sebuah laptop adalah 1 tahun. Itu merupakan garansi hardwarenya. Tetapi dibulan agustus-september ini, acer memberikan sebuah garansi yang sangat luar biasa yaitu selama 3 tahun. Ini merupakan sebuah promo dari bulan agustus-september 2015. Hanya ada beberapa jenis laptop yang memiliki promo garansi 3 tahun.

Semakin lama garansi dari sebuah laptop, maka semakin bagus pula laptop tersebut. Logikanya yaitu apabila produsennya berani memberikan garansi yang lama, maka boleh dikatakan laptop terebut memiliki kualitas yang baik. Garansi biasanya mencakup dari sebuah spare parts dari laptop tersebut.
  • Perhatikan processor yang dimiliki laptop
Processor merupakan otak dari sebuak laptop. Di processor inilah sebuah data akan diolah sebelum nantinya akan di tampilkan pada layar monitor. Ada banyak sekali jenis processor, yang ternama ada Intel dan AMD. Kedua jenis processor ini sangat bersaing ketat dalam merebut hati para konsumennya. Tingkatan tertinggi di processor intel saat ini yaitu core i7 dan tidak menutup kemungkinan akan muncul dengan core i yang lebih tinggi.
  • Perhatikan kapasitas harddisk
Semakin besar kapasitas harddisk yang dimiliki oleh sebuah laptop, maka akan semakin bagus pula laptop tersebut. Untuk mahasiswa seperti saya mungkin kapasitas minimal harddisk yaitu 1 TB. Karena banyak kebutuhan, apalagi saya kuliah dijurusan teknik informatika.
  • Perhatikan ukuran RAM
RAM merupakan sebuah komponen dari laptop yang sangat penting. RAM berperan dalam memproses dan menyimpan data yang bersifat sementara. Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki oleh sebuah laptop, maka akan semakin baik pula kinerja dari laptop tersebut. 
  • Pastikan kondisi laptop dalam keadaan baik
Lakukan pengecekan terlebih dahulu jika anda ingin membeli laptop. Pastikan semua dalam kondisi baik.

Kesimpulannya adalah, anda harus banyak bertanya apabila hendak membeli laptop. Laptop yang bagus tentunya memiliki harga yang lebih tinggi, tapi tidak semua begitu kok.

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop

Sekian artikel mengenai beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli laptop. Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman semuanya. Terimakasih telah berkunjung di blog ini.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon