Kamis, 24 September 2015

Beberapa Hal Penting Yang Harus Anda Ketahui Mengenai USB 3.0

Beberapa Hal Penting Yang Harus Anda Ketahui Mengenai USB 3.0 - Sudah lama sekali port USB digunakan sebagai media penghubung komputer dengan hardware lainnya. Ada beberapa hardware yang hanya bisa dijalankan jika dicolokkan ke USB, yaitu harddisk eksternal, flashdisk, keyboard, mouse dan perangkat lainnya yang support USB.

Teknologi USB ini mulai berkembang sejak tahun 1993, Model pertamanya yaitu USB 1.0 yang akhirnya diperkenalkan pada tahun1996. Untuk kecepatan transfer datanya masih sangat rendah sekali jika dibandingkan dengan kecepatan USB yang sekarang. Kecepatan transfer data USB 1.0 ini adalah 1,5 Mbits/s - 12 Mbits/s. Dengan berkembangnya zaman, maka dikembangkan pula USB ini. Akhirnya pada tahun 2001 hadirlah USB 2.0. Perkembangan USB versi 2.0 ini sangat pesat sekali, karena memiliki kecepatan transfer data mancapai 480 Mbits/s. Hingga akhirnya pada tahun 2010 USB versi 3.0 diluncurkan.

Beberapa Hal Penting Yang Harus Anda Ketahui Mengenai USB 3.0

USB 3.0 ini memang sudah lama munculnya, tapi tidak salahnya jika kita membahasnya buat nambah pengetahuan saja biar kita lebih tau. USB 3.0 merupakan yang terbaru dan paling banyak digunakan saat ini, dan tidak meungkinkan akan dikembangkan lagi USB versi 4.0 dan seterusnya. Berikut ada beberapa hal yang wajib anda ketahui mengenai USB 3.0 ini, simak penjelasannya pada artikel di bawah ini.

Spesifikasi USB 3.0
USB 3.0 hadir dizaman yang serba canggih ini, dan diharapkan dengan menggunakan USB 3.0 ini kita akan lebih cepat untuk melakuakn transfer data. USB 3.0 hadir dengan spesifikasi yang sangat menjanjikan, berikut spesifikasinya :

Transfer rate


Kecepatan transfer data USB 3.0 jauh lebih baik dibandingkan dengan versi yang sebelumnya. Kecepatan transfer data USB 3.0 ini adalah 3,2 Gbits/s sampai 4,8 Gbits/s. Ini akan sangat cepat sekali jika kita melakukan transfer data-data dengan dukungan USB 3.0 ini.

Transfer data dua arah (full duplex)
USB 3.0 didukung juga oleh metode full duplex. Dua dari lima jalur yang disediakan untuk transmisi data, selebihnya digunakan untuk menerima data. Sehingga sudah sangat jelas bahwa USB 3.0 mempunyai jalur yang terpisah untuk mengirim dan menerima data. Logikanya adalah bahwa USB 3.0 dapat membaca dan menulis dalam waktu yang bersamaan dengan kecepatan penuh tentunya.

Power
Penggunaan power USB 3.0 ini lebih efisien, yang awalnya adalah 4,4 V kemudian diubah menjadi 4 V saja. Selain itu arusnya juga sangat ringan yaitu 150 mA. Dapat dipastikan bahwa USB 3.0 ini sangat hemat energi.

Power management
Power management USB 3.0 ini sangat bagus jika dibandingkan dengan USB 1.0 dan 2.0. Power management USB 3.0 ini telah mendukung sistem iddle, sleep dan suspend.

Bentuk fisik
Pada dasarnya, bentuk USB 3.0 ini sama saja dengan versi 2.0. Hanya saja pada USB 3.0 dimensi kabel sedikit lebih tebal karena terdapat lebih banyak kabel di dalamnya. Didalamnya terdapat 4 kabel dari USB 2.0, sehingga total ada 9 kabel. Oleh karena itu USB 2.0 masih bisa digunakan pada port USB 3.0, tapi sebaliknya USB 3.0 tidak bisa digunakan pada port USB 2.0.

Kelebihan USB 3.0
  • Transfer rate
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa USB 3.0 ini memiliki kecepatan transfer data yang lebih baik dibandingkan dengan USB versi sebelumnya. Hal ini memungkin jika anda ingin memindahkan file berkapasitas besar, maka akan terselesaikan dalam waktu tercepat.
  • Dukungan berbagai OS
Semua OS mendukung teknologi ini mulai dari windows, linux, dan mac. Sehingga akan mudah untuk diaplikasikan/digunakan.
  • Kompatibel
USB 3.0 kmpatibel dengan USB 2.0. Jadi, kamu masih bisa menggunakan USB 3.0 ini pada komputer lama yang masih menggunakan USB 2.0. Hanya saja kecepatan transfer datanya akan mengikuti spesifikasi USB 2.0.
  • Manfaat
USB 3.0 ini memiliki banyak sekali manfaat, misalkan pada perangkat-perangkat DVD eksternal, harddisk eksternal dan perangkat lainnya yang menggunakan USB sebagai connectornya.

Kekurangan USB 3.0
USB 3.0 ini telah dikembangkan dengan sebaik-baiknya, tetapi masih saja ada kekurangannya, namanya juga buatan manusia pasti akan ada kekurangannya. Berikut kekurangan USB 3.0 ini :
  • Maksimum kabel
Pada USB 2.0 support kabelnya hingga mencapai 5 meter, sedangkan pada USB 3.0 hanya support kabelnya 3 meter saja. Tetapi kamu masih bisa memperpanjangnya dengan bantuan USB Hub.

Sekian ulasan mengenai USB 3.0 semoga bermanfaat buat kita semuanya dan tentunya dapat memberikan penambahan wawasan kepada kita para pembacanya.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon