Jumat, 26 Juni 2015

Tips Agar Baterai Laptop Tidak Cepat Bocor Dan Lebih Awet

Tips Agar Baterai Laptop Tidak Cepat Bocor Dan Lebih Awet - Baterai merupakan sebuah komponen yang sangat penting di laptop. Baterai merupakan sumber energi laptop. Kelebihan laptop adalah bisa dibawa kemana-mana. Berkat adanya baterai pada laptop, makanya laptop bisa dibawa kemana-mana. Laptop tidak selalu membutuhkan listrik dalam setiap penggunaanya, karena dengan adanya baterai pada laptop, maka arus listrik tersebut akan tersimpan pada baterai.

Dapat teman-teman ketahui juga bahwa sebuah baterai yang terpasang pada laptop ada banyak sekali jenisnya. Biasanya setiap merk laptop yang berbeda akan membuka bentuk baterai yang berbeda pula. Sedangkan untuk kapasitas baterai ada berbagai macam variasi, bisanya sebuah baterai laptop memiliki daya tampung atau memiliki kapasitas penyimpanan 4000mAh bahkan ada yang lebih.

Dalam menggunakan laptop sebaiknya kita juga memperhatikan penggunaan baterai. Baterai yang sering di charger juga biasanya akan cepat mengalami kerusakan. Dan apabila anda mengisi daya daya baterai laptop sebaiknya juga diperhatikan, apabila lampu indikator baterai telah berwarna biru, berarti baterai telah terisi penuh, dan apabila baterai telah terisi penuh sebaiknya lepaskan kabel chargernya jangan biarkan baterai yang sudah penuh tetap dicharger dalam waktu yang lama, karena inin juga akan mempercepat terjadinya kerusakan pada baterai.

Chargerlah baterai laptop anda dengan bijak, ikuti prosedur dan baca buku petunjuk terlebih dahulu. Dan satu lagi, sebaiknya matikan (shutdown) laptop, jika baterai masih diisi. Itu merupakan sebuah anjuran yang wajib untuk di taati.

Kerusakan yang sering terjadi pada baterai laptop adalah baterai yang bocor. Ada banyak hal yang menyebabkan masalah ini terjadi. Apabila baterai laptop telah mengalami kerusakan, maka solusinya adalah membeli baterai yang baru. Dan untuk harganya ada berbagai variasi tergantung kualitasnya. Biasanya harga baterai laptop yang original bisa mencapai 700-800 ribu. Sebaiknya jaga, rawat dan gunakanlah baterai laptop anda dengan bijaksana.

Pengalaman saya dalam menggunakan baterai laptop hanya bisa bertahan 4 tahun saja. Setelah 4 tahun pemakaian, baterai laptop mulai mengalami masalah, dan masalahnya itu adalah baterai yang bocor. Dalam pengisian baterainya lumayan lama dan pada saat charger di lepas baterai hanya bisa bertahan sekitar 15-30 menit. Itulah salah satu masalah yeng terjadi pada baterai laptop.

Tips Agar Baterai Laptop Tidak Cepat Bocor Dan Lebih Awet

Nah, sekarang guilko akan memberikan beberapa tips agar baterai laptop anda bisa bertahan dengan lama dan tidak cepat bocor. Berikut beberapa tips nya :
  • Jangan main laptop disopa atau dikasur
Dilarang keras memainkan laptop disopa dan dikasur. Kenapa ? karena disopa dan dikasur merupakan tempat yang hampa sirkulasi. Biasanya apabila laptop diletakkan di kasur, maka pembuangan angin dari kipas prosessor akan terhambat. Dan biasanya apabila anda meletakkan laptop dikasur sambil memainkannya, maka laptop tersebut akan cepat panas karena sirkulasi udara yang terhambat. Dan apabila ini sering dilakukan, maka akan dapat merusak komponen laptop, termasuk baterai juga.
  • Lepaskan baterai dari laptop
Apabila laptop anda tidak digunakan dalam waktu yang lama, sebaiknya lepaskanlah baterainya dan simpan baterai tersebut di tempat yang lebih sejuk.
  • Hentikan pemakaian laptop jika baterai di bawah 10%
Jangan terlalu sering menggunakan laptop jika baterainya hanya 10%. Dan jangan samoai membiarkan laptop mati sendiri dengan kondisi baterai yang habis. Karena apa ? karena apabila hal seperti ini sering terjadi, maka komponen power yang ada di dalam baterai tersebut akan cepat lemah dan lama kelamaan akan mengalami kerusakan.
  • Bantu dengan power management
Pengguna windows sangat dianjurkan untuk memahi dalam menggunakan fitur yang satu ini. Dengan adanya fitur ini, kita bisa menentukan kerja baterai laptop dengan bijak.

Buka terlebih dahulu Control Panel > System and Security > Power Options > Change Plan Settings


Kita bisa mengatur kerja baterai pada fitur ini. Dengan adanya fitur ini akan membuat user sedikit terbantu dalam memanage penggunaan baterai laptopnya.
  • Lepas baterai jika telah menggunakan power
Jika laptop anda sudah menggunakan kabel power sebagai sumber daya, sebaiknya baterai laptop anda dilepas saja. Karena jika tetap dibiarkan akan terjadi konflik arus listrik yang menyebabkan baterai kerja dua kali lebih besar.
  • Selalu Gunakan Baterai dan Charger/Adapter Original
Menggunakan komponen yang original merupakan harga mati, hehe. Dengan menggunakan komponen yang original, berarti kita juga menghargai karya orang lain walaupun dngan harga yang agak lebih mahal. Dan jika anda menggunakan komponen yang bajakan, maka jangan berharap untuk dapat menghasilkan performa yang maksimal.
  • Jangan berlebihan
Maksudnya jangan berlebihan adalah jangan terlalu memaksakan membuka banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan, terutama game-game yang berat seperti PES, FIFA dan yang lainnya. Apabila menggunakan baterai sebagai sumber dayanya, maka daya baterai tersebut akan cepat habis karna terkuras oleh kerja yang berat.

Sekian artikel mengenai tips agar baterai laptop tidak cepat bocor dan lebih awet. Semoga dengan adanya artikel ini sedikit dapat membantu teman-teman semuanya. Jadilah pengguna (user) yang bijak, karena itu merupakan harga mati yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon