Kamis, 25 Juni 2015

Fungsi Tombol Reset Pada Komputer

www.gudangilmukomputer.com - Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan kata-kata "Reset". Ya benar sekali, kata-kata reset sering kita dengar pada perangkat elektronik. Setiap perangkat elektronik pasti memiliki tombol reset. Kali ini kita akan fokus membahas reset pada komputer. Reset atau restart sebenarnya sama saja, tergantung kebiasaan dan kenyamanan seseorang dalam mengucapkannya.

Reset adalah mengulang kembali suatu proses pada komputer. Cara melakukan reset ini ada dengan cara yang dingin dan juga dengan cara yang keras. Maksdunya cara dingin adalah dengan mengikuti prosedur merestart yang baik dan benar dalam menggunakan sebuah komputer. Sedangkan cara kasar adalah dengan cara dipaksa yaitu dengan menekan tombol reset yang ada pada casing sebuah komputer. Berikut ini sedikit keterangan pada tombol dan socket yang terletak di bagian depan casing sebuah komputer.

Fungsi Tombol Reset Pada Komputer


Sumber gambar : Serba-serbi

Pada gambar di atas akan jelas terlihat penampakan dari tombol reset. Biasanya pada bagian depan casing komputer akan terdapat 2 buah tombol, yaitu tombol power dan tombol reset. Perbedaan antara tombol power dan tombol reset adalah dari segi ukuran. Untuk tombol power berukuran lebih besar daripada tombol reset. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di atas.

Apabila tiba-tiba komputer anda mengalami hang dan lemot, solusi yang tepat adalah dengan cara merestart komputer itu terlebih dahulu. Apabila sebuah komputer di restart, maka komputer tersebut akan kembali bersih dari kegiatan sebelumnya.

Cara restart yang baik dan benar
  • Klik Start.
  • Pilih Restart.
  • Tunggu proses restart hingga selesai.
Cara restart dengan menekan tombol reset
Untuk merestart sebuah komputer cukup dengan menekan tombol reset yang terdapat di komputer. Dan tunggu proses restart hingga selesai.

Lalu apa perbedaan kedua cara di atas ?
Perbedaannya adalah komputer akan lebih aman jika anda mengikuti sebuah prosedur merestart. Sedangkan apabila anda merestart sebuah komputer dengan cara menekan tombol reset, saya rasa itu kurang aman. Karena apa ? karena apabila kita menekan tombol reset, berarti kita merestart sebuah komputer dengan cara di paksa. Dapat diketahui bahwa komputer sangat sensitif terhadap paksaan.

Sekian artikel mengenai fungsi tombol reset pada komputer. Semoga artikel yang sedikit ini dapat memberikan banyak manfaat bagi para pembaca semuanya.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon