Minggu, 21 Juni 2015

Cara Mengambil Screenshot Di Windows 7

www.gudangilmukomputer.com - Selamat pagi menjelang imsak teman-teman semuanya. Ketemu lagi dalam artikel-artikel lengkap di Gudang iLmu Komputer ini.

Screenshot atau sering juga disebut screen capture adalah proses mengambil gambar pada layar kerja sebuah komputer atau laptop, bisa berupa tampilan desktop, foto, tampilan website, dan tampilan lain yang diinginkan. Tujuan seseorang ingin mengambil dan menyimpan gambar, biasanya karena gambar atau foto tersebut berisi informasi yang sangat penting.

Sebagian besar orang pasti sudah tau cara mengambil screenshot khususnya di windows 7. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa masih banyak orang awam yang belum mengetahui bagaimana cara mengambil screenshot. Maka dari itu, pada artikel kali ini guilko akan membagikan sedikit tips bagaimana cara mengambil screenshot di windows 7 dan tentunya langsung bisa dipraktekan di laptop atau komputer anda sendiri.

Cara Mengambil Screenshot Di Windows 7


Gambar di atas merupakan salah satu hasil dari screenshot.

Cara mengambil screenshot di windows 7

1. Menggunakan Snipping Tool

Snipping tool merupakan sebuah aplikasi yang disediakan oleh windows yang digunakan untuk mengambil screenshot. Dengan bantuan snipping tool, nantinya anda bisa mengambil screenshot pada area yang diinginkan, sehingga dapat memudahkan kita dalam mengambil screenshot sesuai dengan keinginan.
  • Cara menggunakan snipping tool
Buka terlebih dahulu aplikasi snipping tool, caranya bisa dengan mengetikkan "snipping tool" pada kotak pencarian pada menu start.


Sebaiknya anda buka terlebih dahulu bagian mana yang akan di screenshot. Karena apabila aplikasi snipping tool telah terbuka, maka anda tidak akan bisa lagi merubah tampilan komputer atau laptop. Apabila anda sudah berada di layar kerja yang akan di screenshot, buka terlebih dahulu snipping tool. Setelah itu anda bisa mengklik New untuk memulai mengambil screenshot.


Tentukan area yang ingin anda screenshot dengan cara mendrag menggunakan cursor. Setelah itu gambar bisa di simpan, bisa dengan menekan kombinasi tombol "CTRL + S" untuk menyimpan hasil screenshot-nya. Juga bisa melalui menu File.

2. Menggunakan tombol PrtSc SysRq

Ini merupakan cara yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang, dapat dikatakan juga sudah menjadi cara umum dikalangan para pengguna komputer atau laptop. Tombol ini bisa ditemukan pada keyboard bagian kanan atas.

Lalu bagaimana cara mengambil screnshot-nya ? Dengan menekan tombol "PrtSc SysRq" berarti anda telah mengcopy gambar tersebut. Dan secara otomatis gambar tersebut akan tersimpan pada RAM.

Dengan menekan tombol PrtSc SysRq berarti anda menscreenshot layar kerja secara keseluruhan. 

Langkah selanjutnya adalah buka aplikasi Paint yang telah disediakan oleh windows. Kemudian paste-kan gambar tersebut di aplikasi paint dengan cara menekan kombinasi tombol "CTRL + V". Lalu gambar akan otomatis terpaste-kan di aplikasi paint, kemudian anda bisa melihat gambarnya dan juga dapat mengeditnya sesuai dengan keinginan anda.

Gambar di atas setelah di paste ke paint

Gambar di atas merupakan hasil screenshot

3. Menggunakan kombinasi tombol ALT + PrtSc SysRq
 
Pada dasarnya cara yang ketiga ini tidak jauh beda dengan cara yang kedua. Hanya saja pada cara ketiga ini merupakan kombinasi tombol "Alt" dan "PrtSc SysRq". Nantinya akan menghasilkan screenshot di bagian layar kerja yang aktif saja.


Sekian artikel mengenai cara mengambil screenshot di windows 7. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat teman-teman semuanya. 

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon