Minggu, 21 Juni 2015

Cara Memperbaiki Hard Disk Yang Tidak Terbaca

www.gudangilmukomputer.com - Harddisk yang rusak akan menyebabkan seseorang menjadi pusing 7 keliling dan ditambah lagi tidak punya uang untuk membeli harddisk yang baru. Sebenarnya hal seperti ini tidak harus diambil pusing, masih ada cara untuk memperbaikinya tanpa harus mengeluarkan modal yang besar. Diperbaiki terlebih dahulu merupakan solusi awalnya, jangan terlalu gegabah untuk membeli harddisk baru, karena akan membuang-buang uang saja. Kerusakan pada harddisk ada banyak sekali macamnya, salah satunya adalah :

  • Harddisk bad sector.
  • Harddisk tidak terbaca.
Kedua kerusakan di atas merupakan kerusakan yang paling sering terjadi pada harddisk. Dan biasanya kerusakan tersebut disebabkan oleh beberapa hal yang dianggap sepele dan akhirnya menyebabkan harddisk tersebut menjadi rusak parah dan tidak bisa di pakai lagi. Oleh karena itu, sebagai pengguna yang baik, ada baiknya kita memperhatikan terlebih dahulu hal-hal berikut ini :
  • Jangan sampai tegangan listrik yang digunakan naik turun (tidak stabil).
  • Jangan terlalu sering merestart komputer.
  • Jangan sampai harddisk over.
  • Jangan lupa defragment harddisk beberapa bulan sekali.
  • Jangan lupa bersihkan (clean disk) agar file yang tidak berguna hilang.
Itu merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan komputer yang baik dan benar. Terkadang seseorang mengabaikan hal-hal di atas, mereka menganggap bahwa hal itu tidak terlalu penting, upppss pendapat seperti itu sangat salah sekali. Justru sebagai pengguna yang baik, kita harus memperhatikan dari hal yang terkecil hingga hal yang terbesar.

Ada baiknya jika komputer anda menggunakan stavol atau alat untuk menstabilkan tegangan listrik. Listrik yang tidak stabil juga akan berpengaruh terhadap harddisk.

Apabila harddisk anda mengalami kerusakan dan di dalam harddisk tersebut ada banyak data-data yang penting, terus apa yang harus dilakukan ? pertanyaaan seperti ini sangat banyak sekali. Tentu saja jawabannya adalah memperbaikinya. Untuk memperbaiki masalah harddisk yang sudah sangat berat, tidak sembarang orang bisa menyelesaikannya. Hanya orang yang ahli di bidang harddisk inilah yang bisa memperbaikinya dan untuk biayanya pasti akan sangat mahal.

Maka dari itu rawatlah dan jagalah harddisk yang anda miliki. Perhatikan hal-hal kecil dan ada lebih baiknya membaca buku petunjuk penggunaan terlebih dahulu.

Cara memperbaiki harddisk yang rusak
Ada banyak sekali kerusakan yang terjadi pada harddisk. Kali ini saya akan membagikan beberapa saja masalah yang umum terjadi pada harddisk dan bagaimana cara mengatasinya.

Harddisk terdeteksi di BIOS tetapi tidak bisa digunakan 
Biasanya hal ini terjadi karena Frimware hardisk yang bermasalah dan biasanya terjadi pada hardisk-hardisk abal-abal. Untuk memangatasi masalah seperti ini, anda bisa terlebih dahulu mendownload Frimware hardisk tersebut di website resminya hardisk yang anda pakai.

Hardisk Rusak Tidak Terdeteksi di BIOS
 
Ini merupakan kerusakan pada harddisk yang paling fatal atau sangat parah karena kerusakannya adalah pada fisiknya. Untuk mengatasinya anda bisa gunakan prosedur di bawah ini :
  • Periksa kabel listrik ke hardisk.
  • Ganti IC pada motherboard hardisk.
  • Buka casing harddisk dan check.
Keadaan Hardisk
Cara yang paling gila dan termasuk cara paling ampuh adalah Canibal (mengambil komponen hardisk yang lain).

Memperbaiki harddisk yang tidak terbaca 

Cara Memperbaiki Hard Disk Yang Tidak Terbaca

Permasalahan seperti ini biasanya disebabkan oleh harddisk yang bad sector dan untuk mengatasinya ada beberapa cara dan variasi percobaan yang harus disesuaikan dengan merk harddisk.
  • Untuk penangan awal bisa gunakan perintah format C: (sesuaikan dengan drive yang akan diformat).
  • Cara Kedua bisa dengan menggunakan Program Disk Manager Dari Masing-masing Pabrik pembuat hardisk.
  • Jika belum berhasil, bisa mencoba menggunakan software HDDREG.
  • Jika masih gagal coba lagi cara Low Level Format Zero File.
  • Jika masih nihil, bisa dengan  melakukan pemotongan sector hardisk yang rusak dengan cara membaginya dan tidak menggunakan sector yang rusak 
Level 2 
kerusakan yang terjadi adalah kehilangan partisi hardisk dan data ini bisa di sebabkan oleh virus atau kesalahan menggunakan program utility ada yang perlu di perhatikan dalam mengembalikan partisi hardisk yang hilang yaitu kapasitas hardisk dan jenis file systemnya partisi dengan file system FAT lebih mudah di kembalian di bandingkan dengan NTFS untuk Memperbaikinya bisa gunakan prosedur berikut ini :
  • Cek Terlebih dahulu Partisi Hardisk Dengan menggunakan FDISK atau Disk Manager.
  • Untuk Mengembalikan Bisa gunakan Software seperti Acronis Disk Director,Handy Recovery,Stellar Phoniex.
Sekian artikel mengenai cara memperbaiki harddisk yang tidak terbaca. semoga dapat bermanfaat.

65 komentar

mas, harddisk (internal laptop) saya ga bisa dibaca (lebih tepatnya sangat lambat untuk dibaca. bagaimana cara untuk membaca harddisk saya. klo di bios bisa dibaca mas, pas masuk windows, baru ga bisa. dikatakan "bootable error" gitu mas. saay aku masukin cd windows untuk repair, ga bisa juga mas. bacanya itu terlalu lama. mohon pencerahannya. terima kasih.

Oke untuk masalah seperti ini ada banyak kemungkinan.
1. Apabila harddisk tidak terbaca di BIOS, maka kerusakan terjadi pada hardware harddisk.

2. Apabila harddisk terbaca di BIOS, tetapi lambat. Itu kemungkinan harddisk mengalami bad sector, atau lebih tepatnya mengalami sebuah problem. Saya sarankan untuk membackup data-data penting yang ada di harddisk internal laptop anda sebelum harddisk mengalami kerusakan.

3. Solusinya bisa dengan cara Repair windows, dan apabila tidak bisa maka lakukan penginstalan ulang sistem operasi windows.

4. Bootable error akan menyebabkan tidak bisa masuk booting windows, dan masalah ini bisa diatasi dengan cara repair windows kemudian perbaiki booting windowsnya.

5. Mungkin harddisk anda sudah lemah. Udah waktunya diganti mungkin hehe

Bro, sy punya hardisk internal leptop yg sy ubah jd eksternal menggunakan casing hdd. Tp ngga mau terbaca d leptop. Pdhal led pada casingnya nyala kok. Knp tuh? Mohon bantuannya. Mksh

Pada saat dicolokkan ke Port USB, harddisknya mengeluarkan bunyi apa tidak ya gan ??

Bunyi sih nda. Cman gtu aja, lednya nyala doang tp ngga da msuk d my computer.

Apa ada hbungannya dgn bunyi gan? Smpat sih dlu wktu copy film gtu, hd smpat ngeluarkan bunyi. Ada pngaruh?

Coba colokkan kabel USB harddisk ke Port USB laptop. Kemudian klik kanan di My Computer - Properties - Device Manager. Lihat apakah ada tanda seru di semua driver ?

Ada 1 gan, "Microsoft teredo tunneling adapter"

Trus gmana?

Coba diupdate dulu gan. Klik kanan pada driver yang ada tanda serunya, kemudian pilih Update Driver Software, lalu pilih Search Automatically For Updated Driver Software. Ingat gan, harus ada jaringan internetnya ya.

Udah gan, tp katanya "the best driver software for you device is already installed" ?

Berarti sudah diinstal gan. Coba colokkan harddisk dilaptop atau komputer yang berbeda gan.

Tp ttap ada tanda serunya gan? Emang gtu?

Sy udah cba smbungkan ke leptop lain. Malah sy belikan case baru krn sy kra casingnya yg bermasalah tp trnyata sama aja -_-

Seharusanya tidak ada tanda serunya gan.
Kalau gitu mungkin harddisk anda sudah bermasalah gan. Saya juga tidak bisa menentukan kerusakan pada harddisk.
Biasanya masalah seperti ini disebabkan karena kabel USB, driver, dan supply daya untuk harddisk.

Ouh gtu ya.. Sip oke thanks bantuannya gan

Oke gan sama-sama. Mungkin kalau memang tidak mau terbaca juga itu terjadi karena hardware harddisknya mengalami kerusakan.

,kang sya kan punya pc d rumah cman problemnya d hardisk gk ke baca d software instal ulang gk k baca.. toling solusinya kang..
Mksuh sblomnya

Kalau harddisk sudah tidak terbaca biasanya itu problem terjadi pada hardware harddisknya. Di BIOS harddisknya terbaca apa nggak ya kang?

,sama kang d bios jga gk k bca.. trus problemnya ada d kabel sata atw d hardisk nya kang?.. tolong solusinya kang..

Coba ganti dulu kabelnya kang, kalau nggak mau juga berarti problem terjadi pada komponen harddsiknya. Biasanya apabila tidak terbaca sama sekali di BIOS, berarti HEAD Hard disk mengalami kerusakan.

,ohh bgtu kang mksih ya ats solusinya..

,sipp kang.. nanti klo ada problem nanti ane nanya lagi lain waktu 😆😃😉😆

Oke silahkan kang, kami akan selalu mencoba membantu selagi masih bisa. Ditunggu kang.

Maaf agan agan. Barang kali ada yang bisa jawab. Pc saya hardisk sata. Setiap kali dinyalakan tidak tedeteksi saya coba bongkar dan ternyata hadisk saya tidak berputar. Lalu saya coba cabut kabel power nya lalu ditancapkan lagi barubhardisk berputa dan terdeteksi tapi setelah saya coba matikan pc dan dihidupkan kembali kejadiannya seperti itu lagi saya sudah coba ganti ganti psu lalu mendefrag hardisk tapi tetap seperti itu malah hardisk saya tidak ada masalah ketika di defrag. Mohon solusinya gan

Kabel power dari PSU ke harddisknya sudah dicek belum gan?? Itu yang dicabut kabel power dari PSU atau kabel power harddisknya?

kak,,saya make hd dari laptop lama,,tadi saya coba hubungkan k laptop baru kenapa ga masuk ya kak
padahal dl ga ada masalah
lampu nyala tapi ga masuk d laptop lain

Sudah berapa lama tidak digunakan? Dihubungkannya menggunakan kabel USB atau dipasang langsung pada laptop?

Hardisk saya ga terbaca sama sekali. Apakah ada solusinya? Lalu saya tdk sengaja mendelete partisi lwt win7 melalui administrator manajer.lalu hd ga bs dibaca n diinstall windows. Da solusinya?makasih

di BIOS terbaca nggak? Waduh kalau gini sudah nggak bisa diapa2in lagi mas. Kalau harddisk tidak tebaca biasanya kalau nggak kabel atau konektornya yang rusak , mungkin juga head harddisk mengalami kerusakan.

Nah kalau PC dikantor, hardisk internal tidak terbaca, jadi pc nya cuman 1 partisi aja ( C: ) itu pun kecil hanya 37 Gb. sementara kapasitas hardisk sebenarnya 500 gb. Saya pernah cabut hardisknya dan saya jadikan hardisk external ternyata hardisknya bagus2 saja. Kemudian saya coba pasang lagi seperti biasa tapi tetap tidak terbaca. Kemudian krn kesibukan mau utak atik sendiri akhirnya saya coba bawa ketempat servic tapi hasilnya tetap hardsiknya tdk terbaca alias partisinya tetap satau C doank dgn kapasitas 37 gb. Mungkin saran atau solusi, terima kasih…

Sob saya punya pc merk DELL.pas saya hidupkan monitor menampakkan loading yang sama berulang2 x dan egk bisa masuk seperti biasa. Tp uda pernah tes ke komputer lain hal yang sama jga terjadi. Help me.byk data. . .? Kalau bisa mnta no hp nya sob.miscall kesini kalau bisa sbntar pliis 082370583458

Harddisknya yang bermasalah. Kalau harddisk bermasalah harus dilakukan pengecekan dulu, rusaknya dibagian apa. Untuk data-data yang berada dalam harddsik dipastikan akan aman. Hanya saja untuk menyelamatkan data-data tersebut tidak semua orang bisa, hanya ada beberapa orang ahlinya. Dan untuk biayanya juga terbilang sangat mahal.

main board hdd pc saya kebakar tp sy sudah ganti mainboardnya dengan hadd yang sama .. tp tetap gak kebaca/detek hdd nya? gmna caranya mas wat bisa ngambil data datanya ? infokan ke my email abymucmin@gmail.com

keren gan informasinya sangat membantu sekali.
ini gan kalau mau servis laptop,jual beli laptop dan cari sparepart laptop https://laptopbekasjogja.wordpress.com/

Mas saya mau tanya kemarin laptop saya macet total dan dengan cepat saya mati paksa menggunakan tombol power saat saya menghidupkan nya lagi tiba tiba laptop saya hanya mengeluarkan logo merk dan tidak bisa lanjut ke menu saya tekan F2 juga tidak bisa itu cara perbaiki nya gimana ya mas Mohon bantuannya

Coba tes masuk BIOS dulu mas. Kalau tetap nggak mau berarti windows mengalami masalah.

klw memang windows nya yg rsk cara perbaiki nya gimana ya mas

Gk bsa mas berarti itu windows nya yg rusak ya cara perbaiki nya gimana ya mas

Repair windows atau install ulang saja mas. Dicoba dulu mas.

Emg bsa mas dlm keadaan seperti itu repair windows soalnya kan tidak bsa lanjut ke menu

coba dengan menggunakan DVD. Kalau nggak ya instal ulang saja. Dicoba.

hdd saya seagate 500gb, tidak terdetek lewat windows computer managent, tetapi saya coba cek pake software recovery data, kedetek hdd saya cuman 0.00kb volumenya, gimana solusinya ?

Di BIOS nya kedeteksi apa nggak ya kalau boleh tau?

siang mas mau tanya.
saya user pc memakai 2 buah hdd internal masing masing 1tb.
lalu karena mati lampu, ketika saya nyalakan pc saya lagi, hdd sekunder saya mengalami kerusakan yg mengakibatkan tidak bs membuka explorer pada partisi hardiak sekunder saya.
lalu saya coba lepas kabel power dan sata hdd sekunder saya dan sy boot dgn hdd primary saya, pc saya working normal.

lalu ketika saya coba colok kabel power dan sata lagi ke hdd skunder saya, lalu sy nyalakan pc, sampai dekstop tidak muncul hdd skunder saya.
padahal d bioa ada.

saya coba pindah urutan primary dan saya kembalikan lg awperti normal urutannya akhirnya bisa kedeteksi di dekstop lg hdd sekunder saya.
namun ada 1 paetisi yg tidak bs dbuka, padahal itu data penting karir saya. apakah ada saran dari maas? trims

Kalau listrik mati mendadak memang akan berpengaruh besar terhadap harddisk mas. Harddisk sekunder ada berapa partisi ?

Mas hardisk komputer saya gak bisa terdeteksi di BIOS otomatis gak bisa boot ke Windows, sudah saya cek kabelnya (kabel SATA) tidak ada masalah (tukeran sama DVDROM) kemudian saya cabut dan pasangkan kembali masih tidak terdeteksi, bagai mana solusinya supaya hasdisknya bisa terdetek kembali dan data yang ada di dalamnya bisa saya backup,? mohon bantuanya mas mas terimakasih.

Berarti hardware harddisknya yang bermasalah mas. Harus dilakukan pengecekan, apakah bad sector apakah headnya yang rusak.

Jika anda mengalami masalah HDD dan Data yang hilang kunjungi web kami di AinunHDD http://ainundiskrecovery.blogspot.com/

gan, hdd saya tidak terbaca di bios,saya coba di pc temen juga gak kedetect di bios, namun ketika saya masuk windows dengan keadaan hdd tsb nyolok , hdd tsb bisa di detect dngn lebelnya st35xxxxxx, nah sy mo ambil data nya aja, apakah ada solusinya gan? seenggaknya data di partisi D apakah bisa di selamatkan gan? mohon penceranhannya gan, thx

Kalau sudah tidak terbaca di BIOS berarti harddisk mengalami kerusakan gan. Dan untuk permasalahan ini harus dicek terlebih dahulu. Dan untuk datanya masih bisa diselamatkan kok, tenang aja. Bawa saja ke orang yang ahli mengenai harddisk atau tempat service khusus harddisk

makasih gan infonya


Tidak Ingin Ribet Melakukan Pembayaran Angsuran , Tv Kabel , Atau Bayar Listrik ? Download Apps di PlayStore Sekarang Juga : https://goo.gl/iFl5go atau akses www.serbabayar.com , Tempat Pembayaran Online Yang Mudah , Cepat dan Tepat.

Service komputer Panggilan

Kami melayani jasa service komputer panggilan
Service komputer antar/jemput. bagi anda yang
tidak punya waktu dan tidak ingin repot repot
bawa ke reparasi komputer silahkan Hubungi
Kami. jika bapak atau ibu sibuk cukup Hubungi
Kami Maka Kami akan pergi ketempat anda
Hub : 081294209696

Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

Software :
1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


Hardware :
1. Mati total
2. Tidak Tampil
3. Bunyi Bunyi
4. BlueScreen
5. Lemot
6. Tidak Bisa Masuk Windows
7. Sering Hang,Restart
8. Installasi Lan/Wireless

Silahkan Hubungi Kami
081294209696
Bilawal.rifai96@gmail.com
Http://www.mataharikomputer.com

Lur... Gmn cara backup hardisk yg ga terdetek..?

Itu tergantung kerusakannya mas. Lebih baik dicek terlebih dahulu ke tempat khusus service hard disk mas.

maaf numpang nanya. temen saya baru beli laptop toshiba, ketika di cek processornya intel core i7, ram 8 gb, harddisk 1 tb. setelah diinstal ulang ternyata processornya intel celeron, ram 1 gb, harddisk ssd 8 gb. apakah tampilan spek bisa dirubah dengan tujuan untuk penipuan atau ada yang harus diperbaiki di laptopnya agar speknya kembali seperti semula? mohon bantuannya. trima kasih.

Kita sebagai konsumen sebenarnya harus benar-benar pintar ketika hendak membeli sebuah laptop. Banyak sumber yang bisa ditemukan diinternet untuk melihat spesifikasi laptop yang akan dibeli. Kesalahan kita itu yaitu cepat percaya sama omongan orang. Untuk hal ini berarti termasuk penipuan, langsung saja datangi tokonya dan pertanyakan hal ini. Penipuan untuk hal ini sangat mudah terjadi, makamua kita harus benar-benar pintar.

Mas maw nanya, saya kmrin beli hardisk 500 gb trus lancar selama 1 bln, lalu 1 bln kemudian tiba2 hang, di Bios tidak terbaca, trus sy scaning pakai hddreg dan drive yg terisi data dapat terbaca dlm proses scaning dan tidak ada laporan bad sector sama sekali. Tapi selanjutnya masih saja tetep tidak terbaca BIOS kenapa ya,
Makasih

Kalau sudah tidak terbaca di BIOS berarti hardware harddisk ada yang mengalami kerusakan. Klaim garansi aja mas, kan masih ada masa garansinya.

Kalo hardisk gak kebaaca pas bios kenapa agan? gara2 kehujanan :'(

Waduh, sudah pasti barang elektronik itu sangat rentan terhadap air.

Mas kalau laptop sering freez lalu crash dump (BS) itu knp yaa? Ada kemungkinan hdd yang rusak atau softwr nya yg bermasala mas?
Tolong pencerahannya

Kemungkinan bisa jadi masalah pada hard disk dan RAM.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon