Sabtu, 27 Juni 2015

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7 Menggunakan Aplikasi WinToFlash

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7 Menggunakan Aplikasi WinToFlash - Flashdisk merupakan sebuah media penyimpanan data yang bersifat eksternal. Kenapa harus flashdisk ? Bagi para pengguna sebuah komputer atau laptop tentunya akan membutuhkan sebuah media penyimpanan data yang bisa di bawa kemana-mana, dan solusinya adalah flashdisk. Walaupun masih banyak media penyimpanan data lain selain flashdisk. Kelebihan flashdisk adalah bisa dibawa kemana-mana sehingga banyak orang yang menggunakan flashdisk untuk tempat menyimpan data-datanya. Flashdisk berukuran sangat kecil, walaupun berukuran kecil, flashdisk bisa diandalkan kok untuk menyimpan data yang bersifat tidak terlalu besar. Hanya saja flashdisk masih terkendala pada kapasitasnya. Kapsitas flashdisk masih terbilang sangat kecil, dengan ukuran terkecilnya 1GB sampai dengan ukuran 64 GB dan bahkan lebih.

Flashdisk banyak digunakan oleh mahasiswa sebagai media penyimpanan data-data kuliahnya. Dosen biasanya juga sering menggunakan flashdisk sebagai tempat untuk menyimpan data-data yang akan disampaikan kepada mahasiswanya. Karena itu, dosen tidak perlu repot-repot membawa laptop, cukup dengan membawa flashdisk saja seorang dosen sudah bisa menyampaikan materi kepada mahasiswanya.

Flashdisk juga bisa digunakan sebagai media untuk melakukan penginstalan sistem operasi. Dengan menggunakan flashdisk sebagai media penginstalan dapat memberikan banyak keuntungan. Bandingkan saja antara flashdisk dengan DVD ROM. Dari segi harga saja flashdisk jauh lebih murah dibandingkan DVD ROM. Dan dari segi kecepatan, menurut pengalaman pribadi, dengan menggunakan flashdisk sebagai media penginstalan akan menjadi lebih cepat dibandingkan menggunakan CD atau DVD.

Dalam menggunakan flashdisk sebagai media penginstalan, kita sebaiknya harus terlebih dahulu mengetahui berapa kapasitas sistem operasi yang akan diinstal. Biasanya kalau windows 7 dan 8 membutuhkan flashdisk yang berkapasitas 4 GB, linux 2 GB, windows XP 2GB.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7 Menggunakan Aplikasi WinToFlash

Lalu bagaimana cara membuat bootable flashdisk windows 7? Kali ini kita akan membutuhkan aplikasi WinToFlash. Sebenarnya masih banyak aplikasi yang bisa membantu proses bootable, tapi kali ini kita menggunakan WinToFlash. Bootable sama halnya dengan burning pada CD atau DVD. Berikut tutorial lengkap cara membuat bootable flashdisk windows 7 :

Cara membuat bootable flashdisk windows 7
  • Pastikan anda telah mempunyai aplikasi WinToFlash, untuk mendapatkan aplikasi ini bisa didownload disitus resminya WinToFlash. Dan pastikan juga aplikasi tersebut diextract terlebih dahulu.
  • Buka terlsbih dahulu aplikasi Novicorp WinToFlash, kemudian klik icon "ceklist" untuk memulai wizard. 
  • Kemudian klik Next. Tidak usah dicentang juga tidak apa-apa.
  • Apabila anda menggunakan WinToFlash versi terbaru, maka akan ada tampilan seperti gambar di bawah ini. Pilih pada opsi yang kedua kemudian klik Next
  
  • Kemudian cari master sistem operasi windows 7. Anda bisa mendownload masternya, dan akan lebih baik jika anda menggunakan windows 7 yang original. Klik Select  lalu cari dimana master windows 7 nya anda simpan. Pastikan flashdisk sudah siap digunakan. Anda bisa melihatnya pada kotak USB drive, nantinya akan tampil spesifikasi flashdisk yang akan diguanakan untuk membuat bootable ini. Setelah itu klik Next.
  •  Klik Open untuk menambahkan master windows 7.
  • Apabila muncul layar seperti gambar di bawah ini maka klik Continue saja.
    
  • Pilih I do accept the terms of the license agreement. Lalu klik Continue.
  • Kemudian proses akan dimulai. Tunggu proses ini sampai benar-benar selesai.

Dengan mengikuti tutorial di atas berarti anda telah berhasil membuat sebuah bootable flashdisk windows 7. Terimakasih telah berkunjung di blog ini, senang bisa menyapa anda semua.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon