Senin, 04 Mei 2015

Cara Menginstal Linux Ubuntu Versi 12.04 Lengkap Dengan Gambar

Cara Menginstal Linux Ubuntu Versi 12.04 Lengkap Dengan Gambar - Selamat malam sahabat GUILKO semuanya. Topik pembahasan kita kali ini mengenai penginstalan sistem operasi linux versi ubuntu 12.04. Ubuntu merupakan salah satu distro dari linux yang banyak digunakan saat ini. Saat ini ubuntu telah mencapai versi 15.04.

Kali ini GUILKO akan membagikan tips penginstalan ubuntu versi 12.04 ini dengan sangat lengkap karena nantinya akan disertai dengan gambar yang akan mempermudah teman-teman untuk memahaminya.

Cara Menginstal Linux Ubuntu Versi 12.04 Lengkap Dengan Gambar

Yang harus dipersiapkan :
Anda harus mempunyai sebuah keping CD/DVD yang didalamnya telah diburning sistem operasi ubuntu versi 12.04. Untuk mendapatkan master iso ubuntu 12.04 ini bisa didownload [disini]. Cari "ubuntu-12.04.5-desktop-i386.iso" kemudian klik dan download. Untuk proses burningnya bisa terlebih dahulu membaca artikel berikut : Cara burning tanpa software

Setelah semuanya disiapkan maka kita akan memulai ke proses penginstalan.
  • Masukkan CD/DVD ubuntu 12.04. Kemudian tunggu hingga DVD tersebut benar-benar terbaca oleh komputer. Setelah DVD dapat dibaca oleh komputer, maka restart komputer anda.
  • Masuk ke BIOS terlebih dahulu. Tekan tombol DELETE atau F2 untuk masuk ke BIOS. Perintah untuk masuk ke BIOS ini nantinya akan berbeda-beda setiap jenis motherboard yang digunakan. Tombol F1, F2, F3, F5, F10, Delete, Escape dan Insert juga sering digunakan sebagai perintah masuk BIOS. Intinya anda harus membaca perintah masuk ke BIOS pada komputer yang anda gunakan.
  • Masuk pada menu BOOT dan aturlah posisi bootingnya. Cara settingnya bisa dilihat disini : cara setting bios
  • Selanjutnya save dengan cara menekan F10.
  • Maka proses penginstalan ubuntu 12.04 akan segera dimulai.
Proses loading ubuntu 12.04


Selanjutnya pilih bahasa yang akan digunakan dalam proses penginstalan nantinya. Disini menggunakan bahasa inggris, setelah itu klik Install Ubuntu.


Selanjutnya klik Continue.


Pada tahap di bawah ini akan ada 2 opsi pilihan.
Opsi 1 : akan menghapus data yang ada di harddisk anda.
Opsi 2 : tidak akan berpengaruh pada data yang ada di harddisk anda.
Disarankan untuk memilih opsi yang kedua (Something Else). Kemudian klik Conrinue.


Klik New Partition Table.


 Klik Continue.


Maka harddisk 8GB akan siap digunakan untuk penginstalan ini.


Klik pada harddisk yang akan dibuat partisinya. Kemudian klik Add.


Maka akan muncul seperti tampilan di bawah ini. Disini hanya akan membuat satu partisi saja yang nantinya akan berisikan data penginstalan ubuntu ini.
Use as : Ext 4 journalling file system
Mount point : /
Kemudian klik OK.


Maka sebuah partisi telah selesai dibuat dengan kapasitas penyimpanan 8GB. Selanjutnya klik pada partisi yang telah dibuat kemudian klik Install Now.


 Klik Continue.


Proses penginstalan telah dimulai. Nantinya anda akan diminta untuk mengatur zona waktu dimana anda berada. Aturlah sesuai dengan negara dimana anda berada dan kemudian klik Continue.


Pilih bahasa (input keyboard) yang akan digunakan. Biasanya rata-rata orang mrnggunakan bahasa English (US). Kemudian klik Continue.


Isikan username dan password sesuai dengan keinginan anda yang lebih simple dan gampang diingat. Pabila telah selesai maka klik Continue.


Proses penyalinan data sistem operasi telah dimulai dan akan menghabiskan waktu yang lumayan lama.


Sabar menunggu ya kawan-kawan.


Klik Restart Now.


Pada tahap ini jangn lupa untuk menekan tombol Enter.


Dan proses penginstalan telah selesai. Masukkan password sesuai dengan password yang telah anda buat tadi.



Dan inilah tampilan akhir (Home Page) dari sistem operasi ubuntu 12.04.


Sekian artikel mengenai Cara Menginstal Linux Ubuntu Versi 12.04 Lengkap Dengan Gambar. Semoga dapat bermanfaat dan tentunya dapat membantu teman-teman semuanya. Apabila masih ada penjelasan yang kurang jelas bisa berkomentar di artikel ini.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon