Kamis, 30 April 2015

Perangkat Keras Komputer Beserta Fungsinya

Perangkat keras komputer beserta fungsinya - Perangkat keras komputer (hardware komputer) merupakan komponen-komponen fisik yang menyusun atau membentuk satu kesatuan sistem Personal Computer (PC). Hardware memegang peranan yang sangat penting dalam sebuah komputer. Hardware nantinya akan bekerja sesuai dengan fungsinya dan tentunya semua perangkat keras (hardware) akan bekerja sama dalam sebuah komputer. Harga komputer yang mahal disebabkan karena harga hardwarenya yang mahal.

Biasanya perangkat keras ini akan dipasang dan dirakit didalam sebuah casing dan sebagian juga ada yang diluar casing. Setiap perangkat hardware telah ditetapkan letaknya, dimana hardware tersebut akan dipasang. Untuk pemasangan hardware itu sendiri akan memakan waktu yang lumayan lama, tetapi bagi orang yang profesional mungkin akan memakan waktu yang lebih singkat.

Perangkat Keras Komputer Beserta Fungsinya

Berikut beberapa perangkat keras yang berada di dalam casing :

Motherboard (Papan Induk)


Motherboard atau mainboard adalah komponen utama tempat diletakkannya atau ditancapkannya komponen hardware yang lainnya. Motherboard memegang peranan yang sangat vital dalam sebuah komponen komputer. Dimotherboard akan terpasang komponen hardware yang lainnya, seperti : prosessor, card tambahan, RAM dan lainnya. Motherboard termasuk salah satu komponen komputer yang memiliki harga yang mahal tergantung kualitasnya. Fungsi dari motherboard adalah untuk menghubungkan seluruh komponen yang ada di komputer.
Baca juga artikel lengkap mengenai : Motherboard

Central Processing Unit (CPU)



Biasa disebut dengan prosessor yang merupakan otak dari sebuah komputer. CPU berfungsi untuk memproses dan megolah semua kalkulasi dan perintah-perintah yang membuat komputer dapat dioperasikan. CPU tidak akan berhenti bekerja apabila komputer dalam keadaan menyala, maka dari itu CPU ini akan menghasilkan panas yang luar biasa, semakin berat kerjanya maka panas yang dihasilkan akan semakin besar. Untuk mengurangi panasnya, CPU selalu terpasang bersamaan dengan kipas pendinginnya (heatsink). Heatsink merupakan sebuah kipas pendingin untuk prosessor. Pada jenis CPU yang terbaru sudah dilengkapi juga dengan Graphic Processing Unit (GPU) yang terintegrasi ke dalam CPU sebagai pengolah data-data grafis. CPU (prosessor) merupakan sebuah hardware dengan harga yang paling mahal diantara hardware yang lainnya.
Baca Juga : Pengertian dan fungsi processor

Random Access Memory (RAM) 


RAM atau yang lebih sering disebut dengan memori berfungsi sebagai penyimpanan data sementara untuk operasi-operasi yang tengah dijalankan oleh CPU. RAM bersifat volatile, artinya adalah perangkat yang tidak menyimpan data secara permanen. RAM merupakan penyimpanan data internal di komputer, RAM menyimpan data hanya sementara pada saat komputer menyala saja, dan apabila komputer dimatikan, maka data-data yang tadinya tersimpan di RAM akan hilang kembali. RAM juga mempengaruhi kecepatan kerja sebuah komputer. Semakin besar kapasitas RAM yang digunakan, maka akan semakin cepat pula kinerja dari sebuah komputer tersebut. RAM ditancapkan di slot memory yang telah disediakan oleh motherboard. Untuk jenis RAM yang paling banyak digunakan saat ini adalah jenis DDRAM yang telah memasuki generasi ke empat (DDR4).
Baca juga : Pengertian dan fungsi RAM

Video Graphic Array (VGA)


Kartu grafis atau VGA Card berfungsi sebagai penghubung yang memungkinkan pengiriman data-data grafis antara PC dengan perangkat display seperti monitor atau proyektor. VGA ada 2 jenis, yaitu VGA onboard dan VGA card tambahan. VGA onboard merupakan sebuah VGA yang telah terpasang dan telah menjadi satu kesatuan dengan motherboard, VGA ini bersifat tetap dan tidak bisa dilepas. Sedangkan VGA card tambahan merupakan sebuah VGA yang sengaja dipasang untuk memperindah tampilan graphic yang dihasilkan oleh komputer. Biasanya VGA tambahan ini digunakan oleh para pecinta games (gamers), agar nantinya game dapat dijalankan dengan kualitaas gambar yang sangat bagus.
Baca juga : pengertian dan fungsi VGA

Hard Disk Drive (HDD)


Harddisk merupakan suatu komponen utama tempat penyimpanan data dalam sebuah sistem komputer. Harddisk termasuk penyimpanan data eksternal. Semua data-data, baik itu data pribadi maupun data sistem operasi akan disimpan pada harddisk. Untuk kapasitasnya sendiri Harddisk telah ada yang mencapai 10 TB. Ukuran harddisk komputer lebih besar dibandingkan ukuran harddisk laptop. Dan saat ini sudah ada penerus dari harddisk yaitu Solid State Drive (SSD). Fungsi SSD ini sama persis seperti harddisk, namun menawarkan kecepatan transfer yang lebih cepat dan masih banyak lagi keunggulan lainnya.
Baca juga : pengertian dan fungsi harddisk

Optical Disk Drive


Optical drive biasa juga dikenal dengan nama CD Drive, DVD Drive atau OOD. Perangkat ini berfungsi untuk membaca dan juga menyimpan data dari dan ke media cakram optic seperti CD, DVD, atau Blu-Ray Disk. 

Power Supply Unit (PSU) 


Fungsi PSU adalah pengkonversi dan penyalur energi atau sumber daya listrik dari sumbernya seperti listrik PLN kebentuk energi listrik yang dapat digunakan untuk menjalankan komponen komputer yang berada didalam casing. Letak PSU ini biasanya di bagian belakang atas casing. Peran PSU juga sangat vital, karena kalau tidak ada sumber energi listrik maka otomatis perangkat hardware yang lainnya tidak dapat menyala dan tentunya tidak dapat bekerja.
Baca juga : pengertian power supply

Sekian artikel mengenai perangkat keras komputer beserta fungsinya. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah ilmu untuk teman-teman semuanya. Terimakasih telah berkunjung diblog ini dan jangan lupa di share yee.     

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon