14 April 2015

Pengertian dan Fungsi Hard Disk

Pengertian dan Fungsi Hard Disk

Harddisk merupakan  sebuah perangkat keras yang sangat berguna di komputer dan laptop. Harddisk bertugas untuk menyimpan data dan juga menyimpan data system operasi yang diinstal di laptop atau kompter anda. Peran harddisk sangat vital dan sangat berpengaruh terhadap komponen hardware yang lainnya. Untuk itu akan lebih baik jika anda sebagai pengguna mengetahui apa itu hardisk, fungsi harddisk dan yang lainnya yang berhubungan dengan harddisk.

Pengertian Hard Disk

Hard disk adalah perangkat keras (hardware) komputer atau laptop yang bekerja secara sistematis yang berperan sebagai media penyimpanan data. Data yang tersimpan dalam Hard disk tidak akan hilang walaupun laptop atau komputer dimatikan (OFF). Data yang tersimpan dalam Hard disk ini bersifat permanen asalkan user (pengguna) bisa menggunakannya dengan baik, benar dan bijaksana. Hard disk diciptakan dengan berbagai merk dan juga dengan berbagai kapasitas. Merk Hard disk yang paling banyak digunakan adalah : Seagate, Western Digital (WD), Samsung dan lainnya. Dan untuk kapasitasnya sendiri sudah mencapai kata cukup dengan kapasitas terbesarnya itu di atas 1 TB dan bahkan sudah ada harddisk dengan kapasitas 60 TB. Dengan berkembangnya teknologi, maka termasuk didalamnya Hard disk, Hard disk akan terus berkembang dari masa ke masa.


Fungsi Hard Disk

Fungsi Hard disk secara umum adalah untuk menyimpan data yang dihasilkan oleh pemrosesan perangkat komputer atau laptop. Di dalam Hard disk terdapat sebuah ruang penyimpanan utama, disitulah setiap data dan informasi disimpan. Selain memiliki ruang utama, Hard disk juga mempunyai komponen-komponen bagian semacam ruang kecil yang terdiri dari direktori, folder, subdirektori, serta subfolder, yang digunakan untuk meletakkan data dan informasi dari ruang utama harddisk.

Biasanya Hard disk komputer atau laptop memiliki beberapa partisi agar lebih gampang saat digunakan. Partisi adalah membagi ruang didalam harddisk menjadi beberapa bagian sesuai dengan kapasitas yang dimiliki. Minimal partisi Hard disk ada 2 yaitu untuk menyimpan data operating system dan untuk menyimpan data-data lainnya.

Sekian artikel mengenai pengertian dan fungsi hard disk, semoga dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan teman-teman semuanya. Terimakasih telah berkunjung di blog ini dan jangan lupa di share ya teman-teman.

1 komentar:

avatar
eko saputra delete 18 September, 2016

Jika anda mengalami masalah HDD dan Data yang hilang kunjungi web kami di Ainun HDD http://ainundiskrecovery.blogspot.com/

Reply

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.

Artikel Berikutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post