22 April 2015

Cara Mengatasi Perintah Menekan F2 Yang Selalu Muncul Pada Saat Booting

author photo
www.gudangilmukomputer.com - Hallo guys selamat siang dan selamat beraktivitas. Kali ini GUILKO akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi perintah menekan F2 secara terus menerus pada saat booting.

Penyebab masalah ini adalah konfigurasi data BIOS tidak dapat tersimpan karena baterai CMOS tidak dapat bekerja atau telah habis. Di bawah ini ada gambar CMOS :


CMOS berbentuk agar besar daripada jam tangan. CMOS berfungsi untuk menyimpan konfigurasi data BIOS. Baterai CMOS ini memiliki masa aktif juga dan tidak selamanya dapat digunakan. Masa aktif baterai CMOS ini sekitar 4 tahun, tetapi semua itu tergantung pemakaiannya.

Jadi permasalahan seperti ini disebabkan oleh baterai CMOS yang telah habis dan tidak dapat bekerja, sehingga setiap komputer dinyalakan maka nantinya anda akan selalu diminta untuk menekan tombol F2 atau F1 untuk masuk ke windows. Tentunya apabila hal seperti ini kita lakukan secara terus menerus pada saat komputer akan dinyalakan, maka tentunya akan membuat anda sangat repot dan tentunya lama kelamaan bisa pusing juga dibuatnya.

Lalu apa yang harus dilakukan ?

Solusinya adalah dengan mengganti CMOS. Untuk harganya sendiri sekitar 10 ribu. Untuk memasangnya sangat gampang, anda tinggal membuka casing dan kemudian membuka CMOS yang ada pada motherboard. Membuka CMOS ini akan lebih gampang dengan menggunakan bantuan obeng minus. Untuk membuka CMOS yang harus dilakukan adalah mendorong sekaligus menekan pengunci CMOS dengan menggunakan obeng minus sampai CMOS benar-benar terlepas.

Sebenarnya permasalahan ini tidak perlu anda cemaskan dan tidak perlu juga anda membawanya ke toko komputer, karena anda dapt melakukannya sendiri. Kalau anda membawanya ke toko komputer maka nantinya akan ada tambahan biaya pemasangan, lebih baik anda memasang sendiri hitung-hitung hemat juga.

Sekian artikel mengenai cara mengatasi perintah menekan tombol F2 yang selalu muncul pada saat booting. Terimakasih telah berkunjung dan sering-sering mampir ya di blog ini, karena nantinya akan banyak artikel yang bermanfaat dan dapat membantu teman-teman semuanya.
Advertisement

Postingan ini memiliki 5 komentar

avatar
Administrator delete 7 Juni 2016 05.00

Komputer kami selalu ada perintah menekan F2 secara terus menerus pada saat booting, setiap menyalakannya kendatipun sudah diganti baterai CMOSnya. Mungkin ada solusi lain bagaimana cara mengatasinya, mas Rivan Aditia?
Terima kasih sebelum dam dan sesudahnya.

Reply
avatar
Rivan Aditia delete 7 Juni 2016 14.08

Settingan waktunya berjalan nggak?

Reply
avatar
MOCH SAMSUL MAARIF delete 15 Maret 2017 14.01

Semoga yang menuliskan artikel ini selalu mendapatkan rezeki yang melimpah serta di panjangkan umurnya karna kalo pendek umurnya gak bisa nyari rezeki hehe
Terimakasih juragan.tips ini sudah di terapkan dan work. Succes selalu

Reply
avatar
Rivan Aditia delete 15 Maret 2017 14.04

Amin ya Allah. Terimakasih.

Reply
avatar
Meldy Lumatalale delete 27 Mei 2017 09.17

Hello prmisi brtanya gimana caranya mengatasi wlzxs is compressed press ctrl+alt+del to restart?

Reply

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon

Artikel Berikutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post