Selasa, 10 Februari 2015

Sejarah Windows Dan Perkembangan Windows

www.gudangilmukomputer.com - Windows - Oke selamat pagi sahabat GuiLKo semuanya. Kali ini saya akan membahas mengenai windows dan perkembangannya sampai sekarang. Windows adalah sebuah sistem operasi yang sangat populer dan telah digunakan oleh seluruh masyarakat yang ada di Indonesia bahkan di Dunia. 

Windows 1.0 (20 November 1985)
Merupakan sistem operasi pertama dalam dunia sistem operasi berbasis Graphical User Interface (GUI). Pertama kali diluncurkan pada tanggal 10 november 1983, tetapi belum muncul kepasaran. Dan pada November 2015 akhirnya sistem operasi ini resmi muncul atau dijual di pasaran. Pada versi pertama ini, microsoft mengusung banyak program tambahan, seperti : Microsoft Paintbrush, Write, Notepad, Calender, Calculator, CardFile, dan juga Clipboard.

Windows 2.0 (november 1987)
Ini merupakan sistem operasi windows seri kedua sebagai generasi penerus dari sistem operasi yang sebelumnya. Resmi dirilis pada bulan 9 Desember 1987 akibat belum suksesnya windows versi 1.0. Windows 1.0 belum sukses karena kurangnya aplikasi yang mendukung windows 1.x. Windows 2.x telah mendukung penggunaan kartu grafis dengan spesiikasi VGA. Sehingga nantinya dapat menampilkan resolusi hingga mencapai 640 x 480 pixel dengan kedalaman warna 4-bit (16 warna). Selain itu windows 2.x juga telah mendukung dalam penggunaan prosessor intel 80268.
 
Sejarah Windows Dan Perkembangan Windows
 
Windows 3.0 (22 mei 1990)
Merupakan generasi penerus dan tepatnya generasi ketiga dari kelanjutan sistem operasi windows yang masih berbasis GUI. Pastinya windows 3.0 ini memiliki kelebihan daripada sistem operasi yang sebelumnya. Pada windows 3.0 telah mendukung penggunaan kartu grafis VGA (bahkan untuk kartu SVGA atau XGA), mempunya icon yang lebih kaya, dan GUI yang sedikit lebih manis dibandingkan dengan seri-seri yang sebelumnya.

Di dalam windows 3.xx sedikit mengalami perombakan oleh pihak microsoft. Windows 3.xx telah dapat menggunakan memory dengan ukuran di atas 640 KB dan dapat juga menjalankan aplikasi secara bersamaan (multi tasking). Windows 3.0 lebih sukses di pasaran dibandingkan versi windows yang sebelumya bahkan sering disebut sebagai best selling GUI dalam sejarah. Perusahaan Microsoft resmi meluncurkan windows 3.0 pada tanggal 6 April 1992. Telah dilengkapi oleh fitur multimedia (midi, wave, cd audio) dan true type font (TTTF). Fitur multimedia yang disertakan menggunakan MCI (media control interface). Tetapi baru bisa mendukung tiga jenis media saja, yaitu MIDI sequencer, wave audio, dan cd audio.
Windows 3.1 (18 Maret 1992)
Melanjutkan versi-versi sebelumnya dan tentunya untuk melakukan perbaikan agar nanti penggunanya dapat lebih nyaman menggunakan OS windows ini. Untuk pengembangan windows 3.1 ini membutuhkan waktu yang lumayan lama hingaa tahun 1994 dan untuk dukungan reminya berakhir pada 1 januari 2002. Pada windows ini telah dapat berjalan di 1 MB RAM.
Windows NT 3.1
Merupakan produk pertama dari jajaran sistem operasi server microsoft windows NT. Untuk produksi produk ini dimulai pada tanggal 27 juli 1993. Tersedia dalam 2 versi, yaitu Windows NT 3.1 dan Windows NT Advanced Server. Kemudian sistem operasi ini terus dikembangkan hingga akhirnya menjadi Windows NT 3.5 pada bulan september 1994. Windows NT 3.1 telah dapat dujalankan pada CPU Intel x86, DEC Alpha, and MIPS R4000.

Windows 3.1 – pertama dirilis
Windows 3.1 for Workgroups – dikemas dengan perangkat lunak modus jaringan nyata dan beberapa utilitas tambahan.
Windows 3.11 – diperbaharui dari versi windows 3.1 sebelumnya. Dibuat tersedia sebagai patch untuk windows 3.1 dan pada disk.
Windows 3.11 for workgroups – diupdate dengan ditambah modus dilindungi jaringan dan utilitas tambahan.

Windows 3.1 menggunakan jaringan, driver DOS NIC, protokol, dan perangkat lunak client harus disediakan. Kelemahan dari windows ini adalah ketika kita keluar BIOS, semua dukungan jaringan nantinya akan menghilang.

Windows 95 (14 agustus 1995)
Adalah sebuah sistem operasi Hibrida 16-bit/32-bit edisi pertama pada tahun 1995 yang didalamnya telah disertakan sebuah aplikasi Microsoft Office 1995. Resmi diperkenalkan kepublik pada tanggal 14 agustus 1995. Windows 95 telah menggunakan rancangan menu Start, sebuah menu yang inovatif untuk mengakses grup program (pengganti program manager). Dan disini juga telah diperkenalkan juga yang namanya Windows Explorer sebagai pengganti file manager dan bahkan masih digunakan sampai sekarang ini, ditambah lagi dengan dukungan Plug And Play, dukungan program aplikasi MS-DOS dan windows 16 Bit dan windows 32 Bit, dan dukungan bagi nama-nama file yang panjang yang mendukung penamaan hingga 256 karakter, dan browser opsional microsoft internet explorer.

Windows NT 4.0 (29 juli 1996) 
Pada seri ini telah mendukung beberapa platform perangkat keras, mulai dari Intel IA-32 (x86), power PC dari IBM, MIPS, dan DEC alpha dari digital equipment corporation. Windows ini masih kurang fleksibel jika dilihat dari perspektif pengguna desktop.

Windows 98 (15 mei 1998)
Merupakan penerus dari windows 95 yang berbasis 16 dan 32 bit. Dan akhirnya pada tanggal 5 mei 1999 microsoft meluncurkan windows 98 SE (second Edition) sebgai pengganti windows 98. Dan akhirnya juga pada tanggal 11 juli 2006 dukungan tekhnisnya dihentikan.

Windows 2000 (17 februari 2000) 
Sebuah versi sistem operasi windows yang merupakan versi pengembangan dari windows NT versi 4.0, dikeluarkan oleh microsoft tanggal 17 Februari 2000 di Amerika Serikat, setelah beberapa kali mengalami penundaan peluncurannya.
Beberapa fitur baru yang di tambahkan:
  • Active directory yang baru.
  • Image Preview.
  • Browser explorer yang baru, yaitu Internet Explorer 5.0.
  • Dukungan untuk Microsoft direct X. Sebelumnya dalam Windows NT 4.0 hanya mendukung akselerasi open GL saja.
  • Windows Media Player 6.4 terintegrasi.
  • Plug And Play yang lebih canggih, sehingga memasang hardware tertentu dapat langsung berjalan tanpa harus melalui proses restart.
  • Menggunakan driver untuk hardware berbasis Windows Driver Model atau dikenal juga dengan WDM.
  • Dukungan untuk manajemen daya yang lebih baik, yaitu ACPI (Advanced Configuration and Power Interface) yang dapat menghemat daya, utamanya ketika digunakan pada komputer portabel seperti halnya laptop atau notebook.
  • Terminal Service yang telah terintegrasi. Sebelumnya pada Windows NT 4, Microsoft meluncurkan sebuah versi Windows NT tersendiri yang disebut dengan Windows NT 4 Terminal Services.
Windows 2000 pun banyak disebut sebagai sistem operasi yang paling stabil pada zamannya oleh banyak pengamat. Akan tetapi, beberapa perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan sistem operasi, seperti Novell tidak menganggapnya demikian. Active Directory, sebuah arsitektur layanan direktori yang dimasukkan ke dalam Windows 2000, tidak lebih baik dibandingkan dengan Novell Directory Services (NDS).

Windows ME (14 september 2000)
Adalah sebuah versi Windows yang didesain khusus untuk pengguna rumahan, dan ditujukan untuk menggantikan pasar sistem operasi sebelumnya, Windows 98. Windows ini dapat berjalan tanpa bantuan MS-DOS. Windows sendiri adalah sistem operasi buatan Microsoft Corporation. Seperti versi Windows sebelumnya, Windows Me merupakan sistem operasi transisi antara 16-bit ke 32-bit, sehingga semua program 16-bit dan 32-bit dapat didukung dengan baik. Oleh Microsoft, Windows ME ini diluncurkan pada tanggal 14 September 2000.

Windows XP (25 oktober 2001)
Adalah jajaran sistem operasi berbasis grafis yang dibuat oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, yang mencakup komputer rumah dan desktop bisnis, laptop, dan pusat media (Media Center). Nama “XP” adalah kependekan dari “Experience”. Windows XP merupakan penerus Windows 2000 Professional dan Windows Me, dan merupakan versi sistem operasi Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun di ataskernel dan arsitektur Windows NT.

Lebih dari 400 juta salinan instalasi digunakan pada Januari 2006, menurut perkiraan seorang analis IDC. Windows XP digantikan oleh Windows Vista, yang dirilis untuk pengguna volume license pada 8 November 2006, dan di seluruh dunia untuk masyarakat umum pada tanggal 30 Januari 2007.

Windows Server 2003 (24 April 2003)
Sebuah versi sistem operasi Microsoft Windows yang ditujukan untuk pasar serverkorporat. Nomor versi internalnya adalah Microsoft Windows NT 5.2 build 3790. Dulunya dikenal dengan NET Server, Windows .NET Server, Windows XP Server, atau Whistler Server. Sistem operasi ini merupakan kelanjutan dari sistem Windows 2000 Server.

Windows Server 2003 terdiri atas beberapa produk yang berbeda, yakni sebagai berikut:
  • Windows Server 2003 Standard Edition
  • Windows Server 2003 Enterprise Edition
  • Windows Server 2003 Datacenter Edition
  • Windows Server 2003 Web Edition
  • Windows Small Business Server 2003
  • Windows Storage Server 2003
Windows Vista (30 januari 2007) 
Windows ini salah satu product windows yang dianggap produk GAGAL tapi entah kenapa bisa di bilang gagal, ada orang yang mengatakan bahawa membutuhkan hardware yang tinggi dan berat
sistem operasi berbasis grafis dari Microsoft yang digunakan pada komputer pribadi (PC), baik untuk pengguna rumahan maupun bisnis, pada komputer laptop, maupun media center.

Edisi Windows Vista :
  • Windows Vista Starter
Mirip seperti Windows XP Starter Edition,edisi ini masih berteknologi 32-bit, edisi ini dibatasi untuk area lokal, terutama sebagai alternatif legal ketimbang penggunaan kopi bajakan. Pengguna edisi ini akan sangat dibatasi pemakaiannya, misalnya hanya bisa untuk memakai tiga program sekaligus dalam satu waktu, pembatasan koneksi jaringan, dan physical memory dibatasi hanya hingga 256MB.
  • Windows Vista Home Basic
Seperti Windows XP Home Edition,dengan teknologi 64-bit, fiturnya juga bertambah banyak. Tetapi tidak sebanyak edisi yang lain, Home Basic ditujukan bagi pengguna rumahan yang tidak memerlukan fasilitas lebih tinggi. Tema “Aero Glass” dengan efek transparan juga tidak akan termasuk dalam Edisi ini. Home Basic hanya mendukung hingga 8GB physical memory.
  • Windows Vista Home Premium
Didasari Windows Vista Home Basic, edisi ini memiliki tambahan dukungan fitur-fitur lebih tinggi yang ditujukan untuk segmen pengguna rumahan, seperti dukungan HDTV dan pembuatan menu DVD. Tambahan lainnya adalah games yang lebih banyak, dukungan untuk komputer tablet dan mobile, sistem enkripsi file, serta aplikasi manajemen foto. Edisi ini mirip dengan Windows XP Media Center Edition dan Tablet PC Edition. Home Premium mendukung hingga 16GB physical memory.
  • Windows Vista Business
Sebanding dengan Windows XP Professional, dan ditunjukan untuk pengguna bisnis. Fitur Media Center yang ada dalam Home Premium tidak dimasukkan dalam edisi ini, tetapi memiliki fasilitas IIS web server, dukungan faksimili, offline files, dukungan dual physical processor, Remote Desktop, kolaborasi P2P, dan mampu menangani hingga 128GB memori. Aktivasi produk tidak diperlukan untuk edisi ini.
  • Windows Vista Enterprise
Edisi ini ditujukan untuk segmen enterprise, dan merupakan edisi tingkat tinggi dari edisi Business. Fitur-fitur tambahannya di antaranya adalah versi sesi-tunggal dari Virtual PC, dukungan antarmuka multibahasa, BitLocker Drive Encryption, dan dukungan untuk aplikasi UNIX. Edisi ini tidak akan tersedia melalui saluran retail ataupun OEM, melainkan melalui Microsoft Software Assurance.
  • Windows Vista Ultimate
Edisi ini menggabungkan seluruh fitur-fitur Home, Premium, dan Enterprise. Dalam edisi ini juga ditambahkan dukungan pembuatan podcast (yang dialihbahasakan oleh Microsoft menjadi “blogcasting“), program peningkat-kinerja game (WinSAT), fasilitas DVDripping, dan layanan online khusus untuk media yang dapat diunduh, serta opsi layanan pelanggan tambahan lainnya. Edisi Ultimate ditujukan sebagai edisi Vista yang paling impresif, ditujukan bagi para pengguna high-end, pemain game, para profesional multimedia, serta para pecandu PC. Seperti edisi Business dan Enterprise, aktivasi produk juga tidak diperlukan.

Windows Server 2008 (27 februari 2008)
Sistem operasi untuk server dari perusahaan Microsoft. Sistem server ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang disebut Windows Server 2003. Pada tanggal 15 Mei 2007, Bill Gates mengatakan pada konferensi WinHEC bahwa Windows Server 2008 adalah nama baru dari Windows Server “Longhorn”.

Windows Server 2008 mendukung sistem klien dengan Windows Vista, mirip seperti hubungan antara Windows Server 2003 dan Windows XP. Versi Beta 1 dari sistem server ini pertama kali dikenalkan pada tanggal 27 Juli 2005, dan versi Beta 3-nya sudah diumumkan pada tanggal 25 April 2007 yang lalu.

Windows 7 (22 oktober 2009)
Rilis terkini Microsoft Windows yang menggantikan Windows Vista.Windows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009, kurang dari tiga tahun setelah rilis pendahulunya, Windows Vista.

Tidak seperti pendahulunya yang memperkenalkan banyak fitur baru, Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan Windows Vista.

Windows 7 memiliki 6 versi yang sama dengan Windows Vista. Hanya saja ada perbedaan nama, jika Windows Vista memiliki versi Business maka pada Windows 7 versi tersebut dinamakan Professional.
  • Windows 7 Ultimate
  • Windows 7 Professional
  • Windows 7 Enterprise
  • Windows 7 Home Premium
  • Windows 7 Home Basic
  • Windows 7 Starter
Windows 8 (26 oktober 2012) 
 Adalah nama dari versi terbaru Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard, sehingga Windows 8 di desain untuk perangkat tablet sentuh.

Microsoft juga meluncurkan Versi percobaan Windows 8 berupa Consumer Preview danRelease Preview. Pada 26 Juni 2013, Microsoft merilis versi Uji Coba dari Windows 8.1 (sebelumnya dikenal sebagai Windows Blue), sebuah peningkatan untuk Windows 8, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP. Pada 18 Oktober 2013, Microsoft merilis Windows 8.1 sebagai pembaruan gratis untuk Windows 8.

Windows 8.1 (awal juni 2013) 
Pertama kali diperkenalkan dan dirilis versi beta pada Juni 2013, 8.1 telah dirilis untuk manufaktur pada tanggal 27 Agustus 2013, dan dirilis secara umum di Toko Windows pada 17 Oktober 2013 sebagai update gratis untuk pengguna Windows 8, dan melalui salinan ritel baru.

Dan sebenarnya ini adalah produk penyempurnaan dari windows 8 yang mendapat banyak kritikan dari para pengguna ,dan bagi anda pengguna  windows 8 disediakan update ke 8.1 secara gratis. dan berikut adalah beberapa fitur baru dari windows 8.1:
  • Kembalinya tombol start
  • Snap
Adalah fitur yang memungkinkan pengguna dapat menggunakan empat aplikasi dalam satu layar. Tapi memang ini tergantung pada ukuran layar pada perangkat yang Anda gunakan. Misalnya, jika pengguna menggunakan layar besar seperti notebook, maka membiarkan Anda menjalankan 4 aplikasi masing-masing pada setiap layar. Akan teapi tablet yang lebih kecil dikisaran 8 inci masih akan membatasi anda untuk membuka dua jendela.
  • Mode ‘hands free’
Jika anda pernah mengoperasikan smartphone sekelas Samsung Galaxy S4, mungkin anda akan mengatakan jika fitur terbaru ini mirip dengan fitur yang ada di ponsel pintar besutan samsung tersebut. Ya fungis dari fitur ini adalah pengguna dapat menggulirkan halaman situs yang dibaca tanpa menyentuhnya.
  • Membuka Kamera Saat Terkunci
Fitur terbaru ini memang sangat cocok dan seharusnya ada disetiap sistem operasi. Pengguna tidak perlu repot lagi untuk membuka kunci suatu OS untuk menjalankan suatu aplikasi seperti kamera, Windows 8.1 memberika fitur khusus ini sebagai bentuk kemudahaan dalam menjalankan OS tersebut.
  • Permak Halaman Muka Lebih Banyak
Mungkin fitur satu ini tak begitu berpengaruh, pasalnya tampilan halaman muka Windows 8.1 sudah menyajikan gambar yang menarik. Fungsi fitur ini tak lebih adalah memungkinkan pengguna untuk mengkostum latar belakang di dekstop dengan gambar-gambar pilihan pengguna.
  •  Miracast Alternatif Bluetooth
Fitur Miracast merupakan fitur alternatif untuk menguhubungkan koneksi nirkabel dengan kecepatan yang tinggi. Panggi anda pecinta game konsol fitur ini membantu pengguna dapat menghubungkan perangkat Windows 8.1 ke proyektor, Xbox One, konsol game lain atau ke televisi secara nirkabel selama perangkat lainnya mendukung Miracast, juga. Ini bagus untuk streaming video atau memainkan game dari tablet kecil ke yang lebih besar, seperti TV.
  • Booting Ke Mode Klasik
Satu lagi fitur menarik lainnya yang coba dihadirkan di windows 8.1 adalah Booting yang menawarkan perubahan yang frontal pada sisi tampilan baru ke tampilan klasik.

Windows 10 (2014)
Baru-baru ini telah resmi diperkenalkan windows 10 tetapi masih versi percobaannya. Windows 10 Technical Preview telah dapat di download secara gratis disitus resmi microsoft. Kita lihat saja perkembangannya dari windows ini, apakah akan buming dan populer ?? kita buktikannya saja nanti kalau sudah keluar versi full-nya.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon