Selasa, 17 Februari 2015

Pengertian Power Supply

Pengertian Power Supply - Power Supply adalah salah satu perangkat keras yang tugasnya untuk menyuplai tenaga yang bersumber dari tegangan listrik ke perangkat hardware yang lainnya. Power supply biasanya digunakan untuk komputer sebagai perantara/penghantar tegangan listrik secara langsung kepada komponen-komponen atau perangkat keras lainnya seperti kipas prosessor, motherboard, harddisk, CD/DVD Room, dan lainnya. Power supply memiliki input dari tegangan yang berarus alternating current (AC) dan mengubahnya menjadi arus direct current (DC) lalu menyalurkannya ke berbagai perangkat keras yang ada dikomputer kita. Karena memang arus direct current (DC)-lah yang dibutuhkan untuk perangkat keras agar dapat beroperasi, direct current biasa disebut juga sebagai arus yang searah sedangkan alternating current merupakan arus yang berlawanan. 

Pengertian Power Supply 
Power supply adalah salah satu alat bantu converter tegangan listrik pada komputer yang dapat mengubah tegangan listrik yang memiliki arus AC ke arus DC, sehingga semua hardware yang membutuhkan tegangan listrik yang berarus DC akan mendapatkan tegangan listrik yang secara langsung akan diberiak oleh power supply ini. Karena itulah power supply sangat penting keberadaannya didalam sebuah perangkat personal komputer. Peranan penting juga dijalankan oleh power supply ini. Dapat dibayangkan apabila sebuah komputer tidak memiliki power supply, apa yang akan terjadi ?? pastinya komputer tersebut tidak akan mau menyala. Power supply juga sangat rawan terhadap tegangan listrik yang tidak stabil. Untuk itu sebaiknya komputer anda menggunakan stavol agar tegangan listrik yang mengalir ke power supply akan lebih stabil. Banyak sekali permasalahan yang terjadi pada power supply ini, salah satunya yaitu mati total yang disebabkan oleh tidak stabilnya tegangan listrik yang diterima oleh power supply.

Menurut jenisnya, power supply dibagi menjadi 2 jenis, yaitu power supply AT dan power supply ATX. Power supply AT digunakan sejak pertama kali adanya komputer dan untuk penggunaanya hanya sampai pada komputer yang memiliki prosessor Pentium 2. Untuk komputer zaman sekarang mungkin tidak akan lagi menggunakan power supply yang satu ini, karena power supply jenis ini tidak mempu memberikan daya listrik yang cukup. Dan untuk sistem pengoperasiannya masih manual karena masih harus menekan tombol power ON dan OFF untuk menghidupkan dan mematikannya. Kemudian selanjutnya power supply berjenis ATX merupakan power supply-nya komputer masa kini. Power ATX ini mempunyai daya listrik yang tinggi untuk memenuhi standart komputer masa kini. Dan untuk pengoperasiannyapun sudah otomatis, dan ada juga tambahan konektor power SATA-nya.


Itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian power supply. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat buat teman-teman semuanya. Jangan lupa dishare ya artikelnya, agar bermanfaat juga nantinya buat orang banyak.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon