Selasa, 17 Februari 2015

Pengertian Dan Fungsi VGA Card

Pengertian Dan Fungsi VGA Card - Selamat malam sahabat guilko semuanya. Gimana kabarnya ini? semoga sehat selalu ya. Kali ini kita akan mengupas tuntas mengenai VGA Card (kartu grafis). Stay disini terus ya mbakbro dan masbro semuanya, jangan sampai ketinggalan loh, hehe.

Banyak yang bertanya-tanya sebenarnya VGA card itu apaan sih ?? fungsinya buat apaan sih ?? kepo banget yah, hehe bercanda kok. Nanti di bahas ye. Para pecinta game PC/laptop mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata-kata VGA card (kartu grafis) ini. Berikut pembahasan lengkapnya mengenai pengertian dan fungsi VGA card : 

Pengertian VGA Card (Kartu Grafis) 
VGA (Video Graphics Accelerator) berfungsi untuk mengolah data graphis untuk ditampilkan pada layar kerja monitor. VGA memiliki prosessor yang disebut juga dengan GPU (Graphics Processing Unit) dan juga membutuhkan memori.

VGA pertama kali dipasarkan pada tahun 1987 oleh IBM. Meskipun standard VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang tentunya lebih baru. VGA merupakan standar grafis trakhir yang diikuti oleh matoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Sampai sekarang oun tampilan windows masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen kartu grafis dan monitor.

Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar yang berukuran 640 x 480 piksel. Kartu grafis (VGA) digunakan untuk menerjemahkan keluaran dari sebuah komputer (tampilan) ke monitor. Kegiatan desain grafis atau bermain game akan memrlukan kartu grafis dengan kapasitas dan kualitas yang tinggi. Pada saat bermain game, apalagi game online pasti akan membutuhkan VGA dengan kualitas bagus dan ukuran yang besar. Pada saat bermain game pasti komputer akan menampilkan sebuah gambar dengan kapasitas yang sangat besar, maka apabila VGA tidak sanggup untuk menampilkan gambar tersebut, maka bisa akan menyebabkan komputer menjadi eror. Produsen kartu grafis yang sangat terkenal saat ini adalah ATI dan Nvidia. Kedua produk-produk inilah yang saat ini mengusai pasar VGA khususnya di Indonesia.

VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan sampai sekarang ini untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standard VGA secara resmi digantikan oleh standard XGA dari IBM, tatapi kenyataannya VGA justru digantikan oleh Super VGA.

Fungsi VGA Card
Fungsi dari VGA Card adalah untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA digunakan juga untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Bermanfaat untuk menggambar, bermain game, dan lainnya


Itulah sedikit mengenai pengertian dan fungsi vga card semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat untuk menambah informasi dan pengetahuan teman-teman semuanya. Jangan lupa dishare ya artikelnya, agar dapat bermanfaat juga buat orang banyak, karena berbagi itu adalah ibadah, apalagi kalau berbagi sesuatu yang bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung diblog ini.

6 komentar

Mohon pencerahannya gan. Laptop ane HP dengan procie amd A8, ram 4 gb, vga ati radeon r5 2gb, tp pas buat nonton video musik dg resolusi 1080p kadang suka macet. Itu kenapa ya? Padahal nggak nyambi buka apapun, memori di harddisk jg masih lowong. Makasih gan

Kami lihat spesifikasi laptop anda sudah bagus. Dan biasanya kalau mau buka video dengan resolusi berapapun itu nggak terlalu berat. Performa windows laptop kamu gimana? lancar atau lemot? Bisa jadi permasalahannya pada windows yang lemot atau terserang virus.

Artikel yang bermanfaat. makasih gan (y)

gan..leptop saya gak tampil cuma lampu power nya saja yang nyala...permasalahannya apa tu gan?

Hardware yang lain nggak kebaca ya? Berarti harus dimatikan paksa dan dihidupkan kembali.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon