20 Februari 2015

Pengertian dan Fungsi Processor

Pengertian dan Fungsi Processor
Processor adalah otak dari sebuah sistem komputer. Semua proses dikendalikan oleh processor. Lalu apakah yang dimaksud dengan processor itu? Fungsinya buat apa? Berikut penjelasannya.

Pengertian Processor

Seperti yang diketahui bahwa processor adalah otak dari sebuah komputer. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari sebuah komputer. Processor diletakkan pada socket yang telah disediakan dimotherboard, dan juga dapat diganti dengan jenis processor lain asalkan sesuai dengan socket yang ada dimotherboard. Processor juga berperan penting terhadap kecepatan yang dihasilkan oleh sebuah komputer atau laptop.


Untuk kecepatannya tergantung dari jenis dan kapasitas processor yang digunakan. Processor adalah sebuah chip yang sering disebut dengan “Microprosessor” yang sekarang ukurannya telah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut dihitung  dari kecepatan prosessor dalam mengolah data atau informasi. Untuk merk prosessor yang banyak digunakan saat ini ada AMD, Apple, VIA, IBM, Cyrix, IDT dan tentunya Intel. Untuk bagian-bagian terpenting dari prosessor ada 3, yaitu :
  • Aritcmatics Logical Unit (ALU) : Melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan intruksi program.
  • Control Unit (CU) : Pengatur lalu lintas data seperti input dan output.
  • Memory Unit (MU) : Alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi.

Fungsi Prosessor

Prosessor memiliki peranan yang sangat penting dikomputer atau laptop, karena prosessor merupakan  pusat pengendali dan pemrosesan kerja sebuah komputer. Umumnya prosessor berfungsi hanya untuk memproses data yang diterima dari masukan atau input, kemudian nantinya akan menghasilkan output (keluaran).

Untuk cara kerja prosessor akan terus terhubung dengan komponen komputer yang lainnya, seperti harddisk dan RAM. Fungsi dari sebuah prosessor sanagt penting dan dapat digambarkan sebagai otak dari sebuah komputer, dimana setiap data akan melalui prosessor untuk mengeluarkan atau outputnya. Prosessor sering disebut juga dengan CPU (Central Prosessing Unit).

Dapat diketahui juga bahwa prosessor hanya dapat mengenali bahasa mesin dengan notasi bilangan biner yang hanya berupa 2 angka saja yaitu 0 dan 1 (01010101). Bilangan biner merupakan notasi untuk perangkat elektronik, dimana bilangan nol (0) menandakan tidak terdapat sinyal listrik dan bilangan satu (1) menandakan adanya sinyal listrik.

Sekian artikel mengenai pengertian dan fungsi processor, semoga informasinya dapat bermanfaat buat teman-teman semuanya. Dan jangan lupa dishare ya, agar menjadi ibadah, karena berbagi sesuatu yang bermanfaat itu merupakan sebuah ibadah.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.

Artikel Berikutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post