Sabtu, 21 Februari 2015

Pengertian Dan Fungsi Keyboard

Pengertian Dan Fungsi Keyboard - Selamat pagi teman-teman semuanya, selamat liburan juga bagi yang libur. Kalau libur enaknya sih baca-baca artikel di gudangilmukomputer.com saja, hehe. Insyaallah semua artikel disini akan saya tulis dengan sebaik mungkin agar bermanfaat. Dipagi yang indah ini kita akan membahas mengenai pengertian dan fungsi dari keyboard.

Pengertian Keyboard
Keyboard adalah alat input dan merupakan salah satu perangkat keras komputer yang memiliki macam-macam tombol yang memiliki fungsi yang berbeda tergantung pada penekanannya yang dapat menghasilkan proses sesuai dengan kemauan kita. Keyboard memegang peranan penting juga terhadap kinerja sebuah komputer atau laptop. Apabila sebuah komputer tidak memiliki keyboard, maka perintah pemasukkan datapun tidak dapat dilakukan. Sebenarnya bisa dengan bantuan mouse, tetapi tidak semua perintah masukkan bisa dengan bantuan mouse.
Dari fungsi di atas dapat diketahui juga bahwa fungsi dari sebuah keyboard adalah untuk memberikan perintah kepada komputer untuk melaksanakan pengolahan data menggunakan perangkat lunak.


Fungsi Keyboard
Kali ini kita akan membahas fungsi dari keyboard berdasarkan tombol-tombolnya. Berikut penjelasan singkatnya :
  • Keyboard berdasarkan tombol ketiknya dapat digunakan untuk beberapa kebutuhan seperti mengetik atau input data dokumen dan kemudian ditampilkan di Monitor Komputer kita. Tombol ketik yang dimaksud terdiri dari angka dan huruf yang ada di dalam komputer.
  • Keyboard berdasarkan tombol kontrolnya dapat menjalankan perintah tertentu pada sistem operasi apabila beberapa tombol digabungkan. Contohnya Jika tombol WINDOWS+E maka dapat membuka jendela explorer.
  • Keyboard berdasarkan tombol fungsinya pada umumnya menyesuaikan tombol fungsi dengan perangkat lunak komputer seperti contohnya ketika kita menekan F2 yaitu berfungsi untuk mematikan layar pada komputer begitupun tombol fungsi lainnya yang terdiri dari F1-F12 yang letaknya ada di bagian atas keyboard.
  • Keyboard berdasarkan tombol alternatenya memiliki tombol seperti ENTER, ESC, TAB dan ALT fungsi dari tombol-tombol itu sangat berguna pada dokumen dan pengoperasian komputer.
  • Keyboard berdasarkan tombol navigasinya terdapat tombol PAGE UP dan PAGE DOWN yang fungsinya untuk menaikkan atau menurunkan layar ke bawah dan tombol. Ada juga tombol HOME dan END yang berfungsi untuk memindahkan kursor ke awal atau akhir kalimat.
  • Sebenarnya masih banyak fungsi-fungsi Keyboard yang perlu kita ketahui, namun Saya hanya mendefinisikan Keyboard ini sebagian. Untuk tombol yang lain Anda bisa mencobanya dengan cara trial, nanti juga Anda bisa mengetahui fungsi tombol keyboard tersebut.
Demikianlah artikel mengenai pengertian dan fungsi keyboard semoga dapat bermanfaat buat sahabat semuanya. Jangan lupa dishare ya, agar bermanfaat juga buat orang banyak.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon