Kamis, 19 Februari 2015

Fungsi Power Supply Pada Komputer

Fungsi Power Supply Pada Komputer - Selamat siang sahabat GuiLKo semuanya, ketemu lagi pada artikel ini yang membahas mengenai fungsi power supply. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai pengertian power supply, dan kali ini kita akan melanjutkan artikel mengenai fungsi power supply.

Power Supply adalah salah satu dari perangkat keras yang menyusun sebuah komputer. Berfungsi sebagai pemberi atau penyuplai arus listrik yang sebelumnya diubah dari bentuk listrik yang berlawanan atau AC, menjadi arus listrik yang searah atau sering disebut dengan arus DC. Power supply bertugas menyuplai arus DC yang dibutuhkan oleh hardware lainnya didalam komputer seperti harddisk, DVD/CD Room, motherboard dan lainnya. Power supply memiliki konektor kabel dengan fungsi yang berbeda-beda yang sangat dibutuhkan oleh komputer. Semua hardware yang tersusun dalam komputer akan selalu mendapatkan arus dari power supply. Dan boleh dikatakan bahwa power supply ini merupakan sebuah perangkat keras yang kinerjanya sangat penting dan apabila terjadi kerusakan maka akan fatal akibatnya.


Berdasarkan jenis kabel konektor yang dimiliki oleh power supply, masing-masing konektor kabel tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Untuk konektor kabel terdiri dari 24 pin ATX, konektor 20 pin ATX, konektor molex, konektor floppy, dan konektor SATA. Fungsi dari konektor 24 pin ATX adalah sebagai konektor untuk menghubungkan antara power supply dengan motherboard yang berguna untuk menghantarkan daya listrik dari power supply yang akan secara langsung ditujukan kemotherboard hingga mencapai ke setiap komponen-komponen yang terdapat pada motherboard tersebut. Sedangkan konektor 20 pin ATX berfungsi sebagai konektor antara motherboard dengan power supply. Memiliki fungsi yang sama dengan konektor 24 pin ATX, hanya saja untuk konektor 20 pin ATX hanya memiliki 20 pin dan biasanya digunakan pada komputer keluaran lama.

Konektor SATA dan konektor molex merupakan dua buah konektor dengan fungsi yang sama. Berfungsi sebagai konektor atau oenghubung antara power supply dengan DVD/CD Room dan Harddisk untuk memberikan daya listrik yang sangat dibutuhkan oleh kedua hardware tersebut sehingga dapat menyala dan bekerja dengan baik. Untuk perbedaan antara konektor SATA dengan konektor molek adalah hanya dari versinya saja. Kalau konektor molex digunakan pada komputer-komputer keluaran lama, sedangkan untuk konektor SATA digunakan dan dibutuhkan oleh komputer keluaran terbaru saat ini.

Sekian artikel mengenai fungsi power supply. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat buat teman-teman semuanya, dan jangan lupa dishare ya agar bermanfaat juga buat orang banyak. Karena sesungguhnya berbagi informasi yang bermanfaat itu akan mendapatkan kebaikan juga dari Allah.

2 komentar

makasih loh gan artikelnya sangat membantu ^^
www.rajalistrik.com

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon