Selasa, 17 Februari 2015

Cara Reset Bios Dengan Mudah

www.gudangilmukomputer.com - Selamat sore menjelang malam sahabat GuiLKo semuanya. Gimana keadaannya?? Semoga sehat selalu ya, Amin. Oke kali ini kita akan membahas mengenai cara reset bios komputer. BIOS berfungsi untuk memberikan instruksi yang dikenal dengan istilah POST (Power On Selft Test) yaitu perintah untuk menginisialisasi dan identifikasi perangkat sistem seperti CPU, RAM, VGA Card, Keyboard dan Mouse, Hardisk drive, Optical (CD/DVD) drive dan hardware lainnya pada saat komputer mulai booting.

Reset pada BIOS dilakukan untuk mengembalikan fungsi BIOS menjadi mode default atau menjadi seperti awal lagi. Hal seperti ini ditujukan untuk menghilangkan password yang disetting melalui BIOS atau dengan tujuan untuk membersihkan pengaturan BIOS lainnya.
Berikut sedikit penjelasan mengenai fungsi reset dari BIOS, hal ini sebaiknya dapat dipahami terlebih dahulu sebelum melakukan Reset BIOS. Berikut penjelasannya :
  • Jika terjadi kesalahan dalam pengaturan BIOS maka akan lebih baik BIOS tersebut direset untuk mengembalikan BIOS menjadi settingan awal.
  • Salah satu masalah biasanya pada saat melakukan pergantian prosessor yang dapat menyebabkan motherboard tidak dapat terbaca. Penyebabnya adalah settingan pada BIOS yang lama masih membaca bus clock dan radio prosessor. Hal seperti ini tidak usah dikhawatirkan, karena pada motherboard terbaru akan terdapat fitur auto detection.
  • Apabila password pada BIOS terkunci, baik karena ada teman yang iseng dan juga karena lupa passwornya cara yang termudah yang harus dilakukan adalah melakukan clear passwor. Hal ini dilakukan agar dapat menghilangkan password yang telah dibuat.
Seorang tekhnisi komputer harus mengetahui cara reset BIOS. Karena reset BIOS ini merupakan ilmu dasar dalam dunia tekhniis komputer. Pasti diantara teman-teman sudah banyak yang mengetahui cara reset BIOS komputer. Tetapi kan tidak ada salahnya untuk berbagi pengetahuan dan informasi kepada seseorang. Bagi teman-teman yang belum mengetahuinya, berikut caranya :
  • Cabut semua kabel tegangan listrik yang ada pada komputer. Hal ini ditujukan agar nantinya tidak terjadi konsleting. Selanjutnya cabut/lepaskan juga kabel power supply dari motherboard komputer.
  • Tunggu beberapa saat hingga aliran listrik benar-benar hilang dari prangkat motherboard. Untuk mempercepatnya dapat dilakukan dengan cara menekan tombol power komputer agak lama. Hal ini ditujukan untuk menghabiskan seluruh tegangan sisa yang tersimpan di beberapa komponen komputer seperti condensator electrolit pada motherboard.
  • Selanjutnya silahkan cari jumper atau tombol yang ada tulisan CLR CMOS. Biasanya berada didekat baterai CMOS komputer. Jumper Clear CMOS biasanya ada 2 jenis, yaitu menggunakan 3 pin dan menggunakan 2 pin. Jika menggunakan tombol, maka tekanlah tombol clearnya. Untuk tipe jumper 3 pin, silahkan pindahkan posisi jumper kesisi lainnya. Dan untuk tipe jumper 2 pin, selanjutnya tinggal menjumper kedua pin tersebut. Jika tidak memiliki jumper, dapat dilakukan dengan menshortkan kedua pin tersebut dengan menggunakan obeng standar. Bisa juga dengan menggunakan ujung ballpoint. Intinya adalah agar kedua pin tersebut terjadi short. Dan tunggu beberapa saat.
  • Langkah selanjutnya adalah kembalikanlah posisi jumper keposisi semulanya. Cabut jumper untuk yang tipe 2 pin atau kembalikan jumper ke tempat sebelumnya untuk yang menggunakan 3 pin.
  • Kemudian pasangkan kembali semua kabel power supply yang terhubung dengan motherboard. Selanjutnya colokkan kabel power ke stop kontak. Silakan tekan tombol power untuk menyalakan komputer, apabila reset BIOS berhasil maka setting BIOS akan kembali ke mode default dan apabila masih belum berhasil silakan ulangi cara diatas.
Apabila langkah di atas belum berhasil. Bisa juga dengan mencoba cara di bawah ini :
  • Ulangi kembali langkah 1-2 dan selanjutnya cabutlah baterai BIOS. Kemudian selanjutnya ulangi kembali langkah ke 3-5.
  • Apabila belum sukses juga silakan ulangi langkah 1-2, dan cabutlah semua kabel power supply pada motherboard, lepaslah baterai BIOS & Memory (RAM) Komputer. Setelah itu silakan ulangi langkah ke 3-5.
  • Langkah terakhir jika semua cara tersebut belum berhasil juga adalah kembali lakukanlah langkah ke 1-2, dan silakan lepaskan semua komponen yang ada pada motherboard yaitu Processor, RAM dan juga Card lainnya seperti VGA Card, Sound Card dan lainnya. Lalu bersihkan motherboard dari kotoran kemudian ulangi langkah 3 diatas, kali ini diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu baru ulangi langkah 3-5.
Itulah penjelasan mengenai cara reset bios. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu teman-teman. Dan jangan lupa dishare ya artikelnya. Terimakasih.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon