Kamis, 19 Februari 2015

Cara Merawat Baterai Laptop

Cara Merawat Baterai Laptop - Laptop merupakan sebuah sebuah perangkat elektronik yang tersusun oleh berbagai perangkat elektronik dan dijalankan dengann bantuan sistem operasi dan software yang dikendalikan langsung oleh manusia (user). Sebuah laptop akan membutuhkan pasokan listrik (tenaga) untuk bisa menyala. Dan dilaptop yang menjadi sumber tenaganya adalah baterai. Baterai pada laptop memiliki bentuk dan kapasitas yang berbeda-beda. Baterai laptop maksimal pemakaiannya selama 4 tahun, setelah lewat masa itu maka kekuatan baterai akan mulai melemah. Dan baterai yang apabila sudah dicharger selama 1000 kali, maka kekutan baterai itu juga akan mulai melemah.

Baterai pada laptop kalau terisi penuh biasanya akan bertahan selama kurang lebih 2 jam itu kalau kondisi baterai masih top care, hehe. Baterai pada laptop ini juga sangat sensitif terhadap tegangan listrik yang tidak stabil. Banyak sekali masalah yang akan terjadi pada baterai laptop ini apabila tidak dirawat dengan benar. masalah yang sering terjadi adalah baterai yang cepat habis (bocor). Masalah seperti ini biasanya terjadi karena baterai sering mengalami pengisian secara tidak teratur dan pengisian yang secara berlebihan.

Untuk baterai yang original memiliki harga yang lumayan mahal yaitu berkisaran antara 700 ribu bahkan lebih. Tentu merupakan harga yang sangat mahal, dan jangan sampai terjadi kerusakan baterai laptopnya ya teman-teman. Rawat dan bacalah petunjuk penggunaan baterai dengan baik dan cermat.


Berikut GuiLKo berikan beberapa cara merawat baterai laptop agar tetap prima dan tetap bisa digunakan selama-lamanya. silahkan baca di bawah ini :

Tips mengecharge untuk laptop baru
 Laptop yang baru biasanya dalam kondisi baterai yang masih kosong. Hal yang pertama harus dilakukan adalah mengecharge-nya terlebih dahulu kurang lebih 4-6 jam dalam keadaan laptop yang dimatikan, hingga lampu indikatornya berwarna hijau atau biru.

Sebaiknya baterai laptop dilepaskan jika tidak digunakan dalam waktu yang lama
Apabila anda menggunakan laptop dalam waktu yang lama. Seperti browsing dan main game dalam kesehariannya, maka dianjurkan agar anda melepas baterai laptop, agar baterai laptop tersebut memiliki umur yang panjang.

Jangan menggunakan laptop saat dicharge
Kebocoran baterai disebabkan oleh penggunaan laptop pada saat dicharge. Sebaiknya pengisian baterai dilakukan pada saat kondisi laptop mati total. Mungkin masalah seperti inilah yang sering dialami oleh pengguna laptop. Pada saat pengisian jangan sampai terlalu melebihi, karena apabila baterai telah penuh maka lampu indikator akan menyala dan berwarna biru.
Aturlah intensitas cahaya pada layar laptop
Aturlah intensitas pencahayaan pada layar laptop dengan baik dan jangan terlalu terang. Jika terlalu terang, maka secara otomatis akan menghabiskan banyak daya baterai. Dan secara tidak langsung usia baterai anda akan semakin cepat berkurang. Pengaturan pencahayaan pada layar laptop juga sangat penting buat kesehatan mata penggunanya. Apabila terlalu sering menggunakan cahaya yang terang, maka akan bisa menyebabkan mata menjadi rusak. Untuk mrengatur pencahayaan pada layar laptop dapat membaca artikel cara mengatur pencahayaan pada layar laptop.

Mematikan screen saver pada laptop
Mengaktifkan screen saver pada laptop sebenarnya tidak terlalu penting, mungkin hanya untuk gaya-gayaan saja, hehe. Penggunaan screen saver sebenarnya tidak ada untungnya sama sekali. Pemggunaan screen saver sama halnya dengan menonton video secara terus menerus selama laptop menyala. Dan apabila screen saver itu secara terus menerus menyala, maka akan menguras banyak baterai laptop anda.

Matikan start up yang tidak perlu
Start up yang membebani RAM dan yang tidak terlalu penting harus dinonaktifkan, karena akan memperlambat proses starting pada sistem operasi, sehingga akan memakan banyak daya baterai dan juga akan mengurangi efisiensi waktu pada saat starting windows.

Gunakan headset ketika memutar video atau lagu
Penggunaan headset pada saat memutar lagu atau video tidak akan memakan daya baterai secara besar-besaran.  Tetapi apabila menggunakan speaker laptop  dengan volume yang lebih besar maka akan memakan banyak daya baterai.

Cabutlah charge ketika sudah penuh
Usahakan pada saat mencharge laptop berada dalam kontrolan anda. Karena nantinya apabila baterai sudah penuh dapat diketahui dengan cepat. Usahakan jangan terlalu membiarkan baterai yang penuh terlalu lama, karena bisa jadi akan menyebabkan kebocoran baterai.

Itulah beberapa cara yang harus dilakukan agar baterai laptop awet dan tahan lama. Semoga dapat bermanfaat buat teman-teman semuanya. Dan terimakasih telah berkunjung diblog ini, dan jangan lupa untuk menshare-nya ya.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon