Sabtu, 21 Februari 2015

Cara Mencari Driver Laptop

Cara Mencari Driver Laptop - Selamat malam sahabat GuiLKo semuanya. Lagi pada ngapain ini ?? mending baca-baca artikel di blog ini saja, hehe. Oke kali ini GuiLKo akan membagikan beberapa tips untuk mencari driver laptop.

Driver merupakan sebuah software yang digunakan untuk memberikan perintah kerja kepada hardware. Apabila driver pada sebuah laptop atau komputer tidak diinstal, maka kinerja hardware tidak akan maksimal, dan bahkan akan menyebabkan hardware tidak bekerja sama sekali. Driver diinstal biasanya setelah laptop diinstal ulang. Untuk penggunaannya, sebaiknya gunakanlah driver asli bawaan laptop dan jagalah driver laptop agar bisa tahan lama yang tentunya akan bisa digunakan kapan saja. Untuk cara penginstalan driver sangat mudah, asalkan kita mengerti apa saja driver yang dibutuhkan oleh laptop kita, karena biasanya pada kaset driver bawaan laptop terdapat banyak pilihan driver.

Tidak heran lagi dari sekian banyak laptop biasanya ada beberapa driver yang bandel, susah didapatkan. Biasanya driver yang belum terinstal akan ada tanpa seru yang berwarna kuning. Untuk cara melihat driver sudah terinstal apa belum silahkan lakukan dengan cara klik Start >> Klik kanan pada My Computer >> Properties. Kemudian apabila muncul layar kerja seperti di bawah ini, carilah Device Manager dan klik disitu.


Kemudian akan muncul layar kerja device manager seperti gambar di bawah ini. Gambar di bawah ini menandakan bahwa driver telah terinstal semua.
 

Di bawah ada contoh driver yang belum terinstal dengan adanya tanda seru yang berwarna kuning.
 

Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi driver yang belum terinstal ??
Berikut cara yang harus dilakukan untuk mendapatkan driver yang belum terinstal :

1. Klik Start >> Klik kanan pada My Computer >> Properties >> Device Manager. Atau lebih lengkapnya sama seperti langkah di atas.

2. Kemudian setelah muncul layar kerja device manager, kliklah pada driver yang belum terinstal. Tapi untuk kali ini saya akan mencontohkan cara mencari driver VGA. Lalu langkah selanjutnya adalah klik kanan pada driver VGA NVIDIA GeForce GT 540M kemudian klik properties.


Kemudian akan muncul layar kerja driver yang kita klik tadi.
 

3. Selanjutnya klik pada tab Detail. Kemudian pada Property pilihlah Device Instance Patch. Kode yang berada dikotak Value jangan lupa untuk di copy. Caranya klik kanan saja pada kode tersebut kemudian copy.
 

4. Kemudian buka situs devid.info
 

5. Kemudian paste kode yang telah kita copy sebelumnya tadi pada kotak pencarian di bawah ini. Lalu klik search.
 

6. Selanjutnya akan ada hasil pencarian driver yang kita cari tadi. Selanjutnya cocokkan driver dengan OS yang teman-teman gunakan saat ini. Kemudian selanjutnya klik seperti panah di bawah ini.


7. Kemudian akan muncul deskripsi driver yang akan didownload. Selanjutnya tinggal klik link pada Original File dan proses download akan dimulai, silahkan menunggu proses downlodnya sampai selesai.
 

Mungkin itulah artikel mengenai cara mencari driver laptop. Selamat mencoba dan semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu teman-teman semuanya. Terimakasih telah berkunjung di blog ini.

1 komentar

mantab gan informasinya sangat detail sekali.
ini agan kalau mau servis laptop,jual beli laptop,dan sparepart laptop tinggal kunjungi aja gan

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon