Senin, 23 Februari 2015

Cara Membersihkan Keyboard Laptop Yang Benar

Cara Membersihkan Keyboard Laptop - Laptop tersusun dari berbagai komponen yang saling berkaitan dan memiliki peranan yang sangat penting. Dan setiap komponen penyusun laptop memiliki fungsi dan kedudukan yang berbeda-beda. Komponen pada laptop tidak dapat bekerja dengan sendirinya, pasti membutuhkan seorang user yaitu manusia. Jika komponen laptop tidak bekerja dengan baik, maka kemungkinan yang meyebabkan hal itu terjadi sangat banyak sekali.


Salah satu komponen penyusun sebuah laptop adalah keyboard. Keyboard merupakan papan input atau papan perintah. Dari keyboard inilah suatu perintah akan dieksekusi. Untuk jenisnya, setiap laptop memiliki jenis keyboard yang berbeda-beda, ada yang tersusun lamgsung dengan casing laptop dan juga ada yang terpisah dengan casing laptop. Keyboard ada dua jenis, yaitu keyboard internal dan keyboard eksternal. Mungkin dari namanya saja teman-teman sudah dapat membedakan antara kedua jenis keyboard ini. Untuk keyboard internal tersusun langsung bersamaan dengan komponen laptop lainnya, sedangkan keyboard eksternal terpisah dengan komponen laptop yang lainnya.

Kerusakan pada keyboard laptop sangat sering terjadi dengan berbagai penyebabnya, mulai dari kecerobohan penggunanya sendiri dan terjadi error pada hardware. Untuk itu sebagai pengguna yang baik seharusnya dapat merawat dan menjaga komponen-komponen pada laptop terutama keyboard dengan baik dan benar. Apabila dijaga dan dirawat, maka akan memperpanjang umur keyboard tersebut. Membersihkan keyboard termasuk hal yang penting, dan juga harus dilakukan dengan rutin agar keadaan keyboard akan tetap terjaga. Berikut ada beberapa tips untuk membersihkan keyboard :

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencabut semua sumber arus laptop, cabutlah kabel power jika dalam keadaan dicharge, dan kemudian lepaslah baterai laptop. Dan juga jangan lupa untuk mencabut sema perangkat atau kabel yang terhubung langsung ke laptop, seperti kabel USB dan lainnya. Langkah selanjutnya adalah miringkan laptop agar enak dan lebih gampang dalam pembersihannya. Tiuplah keyboard agar debunya hilang, atau lebih baiknya dengan menggunakan kompresor agar pembersihannya dapat dilakukan dengan maksimal. Keyboard juga bisa dicuci layaknya anda mencucui sebuah pakaian, dan setelah dicuci jangan lupa untuk dijemur di bawah sinar matahari yang terik. Penjemuran selesai apabila keyboard memang sudah benar-benar kering.

Cara membersihkan keyboard yang selanjutnya adalah dengan membersihkan batasan atau tepi pada keyboard dengan menggunakan alat khusus atau juga bisa dengan menggunakan sendok teh atau alat lainnya, dilapisi dengan sedikit kain yang agak lembut yang sedikit basah. Gunakanlah alat penyedot debu agar debu yang berada dalam keyboard dapat dibersihkan secara menyeluruh. Bisa juga dengan menggunakan alat pengering rambut (hair dryer) untuk meniup kotoran yang berada disela-sela keluar. Lakukanlah pembersihan ini secara teliti dan menyeluruh.

Setelah keyboard sudah dibersihkan dan tidak ada lagi kotoran atau debu yang tersisa, sebaiknya gunakanlah keyboard protektor untuk mencegah debu menempel dan masuk pada sela-sela laptop pada saat digunakan. Biasanya keyboard protector  terbuat dari bahan karet yang dapat menempel dengan baik di keyboard. Hal ini ditujukan agar dapat menetralisir masuknya debu atau kotoran kedalam keyboard.

Demikianlah tips atau cara membersihkan keyboard laptop dengan baik dan benar. Semoga dapat membantu dan juga dapat memberikan informasi yang bermanfaat buat sahabat semuanya. Dan terimakasih juga telah berkunjung di blog ini.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon