Kamis, 29 Januari 2015

Tips Mudah Merawat Komputer

Tips Mudah Merawat Komputer - Komputer merupakan barang yang umum atau wajib dimiliki oleh seseorang. Melihat zaman sekarang memang mengharuskan kita untuk membeli komputer. Karena apabila kita tidak membelinya, maka otomatis kita akan ketinggalan informasi atau istilah kerennya itu Gaptek (gagap tekhnologi). Komputer mempunyai banyak sekali kegunaan, seperti hiburan. Menonton film, mendengarkan musik dan bermain game merupakan sebuah hiburan yang dapat dilakukan dengan bantuan komputer.

Komputer merupakan sebuah perangkat yang disusun oleh beberapa hardware dan digunakan oleh user dengan bantuan perantara software sebagai penerjemah bahasa komputer. Komputer masih mempunyai banyak kekurangan dibandingkan dengan laptop. Salah satunya adalah, komputer belum bisa dibawa kemana-mana. Kalau hanya punya komputer maka bersiap-siaplah menjadi manusia kamar, karena apa?? karena biasanya komputer diletakkan dikamar dan otomatis user (pengguna) akan selalu menghabiskan waktunya dikamar. Untuk harga, mungkin komputer memiliki variasi harga tergantung spesifikasinya.

Tetapi komputer juga mempunyai kelebihan dibandingkan laptop, yaitu dari segi ketahanan. Komputer bisa digunakan 24 jam, hahaha tapi jangan tiap hari juga dihidupkan 24 jam. Maksimal komputer itu dihidupkan selama 12 jam saja, kemudian diistirahatkan dahulu. KEmudian keunggulan lainnya adalah dari segi perlindungan. Seperti kita ketahui komputer dilindungi oleh sebuah Casing. Dan tentunya casing itu mempunyai daya tahan yang sangat kuat. Kompuer kan jarang dibawa kemana-mana, jadi kemungkinan untuk terbanting itu kecil. Berbeda halnya dengan laptop yang sering dibawa kemana-mana dan tentunya kemungkinan untuk terbanting itu sangat besar.

Untuk itu kali ini redaksi kami akan memberikan beberapa tips untuk merawat komputer :

Menjaga kebersihan komputer
Hal pertama yang harus dicatat dalam tips merawat komputer yang sederhana adalah dengan membersihkannya secara berkala. Bersihkan semua bagiannya, seperti casing, monitor, keyboard, mouse, motherboard, power supply, dan lain-lain. Untuk bagian luarnya, gunakan cairan khusus yang sudah terpercaya. Konsultasikan terlebih dahulu dengan yang sudah ahli, sedangkan untuk bagian dalamnya, gunakan kuas untuk menyapu debu-debu yang menempel.

Jaga kebersihan komputer kamu, hindari mengkonsumsi makanan ketika sedang menggunakan komputer atau merokok. Remah-remah makanan atau abu rokok dapat menempel pada komponen komputer sehingga membuatnya lebih mudah rusak.

Lepaskan perangkat yang tidak terpakai lagi
Biasanya hal ini sering kamu lupakan karena sedang terburu-buru atau bahkan ada beberapa yang malas karena merasa barang-barang tersebut akan sering digunakan jadi untuk apa repot-repot dilepas. Namun bagi kamu yang ingin tips merawat komputer yang sederhana, kamu harus selalu mengeluarkan CD/DVD dari CD/DVD drive agar komputer kamu tidak selalu mengecek isi dari CD/DVD tersebut sehingga CD/DVD drive kamu akan bertahan lama atau tetap awet. Lakukan juga hal yang sama dengan flashdisk atau hardisk.

Jauhkan dari binatang-binatang
Binatang - binatang ini sangat berbahaya jika sampai masuk ke dalam CPU kamu. Begitu juga dengan kamu yang memiliki laptop, jangan sampai semut-semut tersebut masuk ke dalam daerah keyboard karena semut dapat masuk ke mesin dan merusak perangkat dalam komputer kamu. Bisa jadi CPU yang dimasuki oleh cicak atau kecoa menyebabkan terbakarnya power supply kamu.

Jaga suhu komputer
Perhatian bagi kamu yang sering menggunakan komputer dalam waktu yang lama. Pastikan suhu CPU komputer kamu selalu dalam keadaan dingin, terutama processornya. Sangat disarankan untuk menambahkan kipas pendingin atau bisa juga dengan cooling fan dan blower untuk menjaga kestabilan suhu processor kamu.

Kamu bisa menggunakan software SpeedFan untuk membantu kamu. Jika perlu kamu bisa juga memasang program atau software yang bisa membantu untuk mendinginkan processor. Sedangkan untuk monitor, lakukan dengan mengatur setting pada screen saver dan power saving.

Lakukan perawatan sederhana di atas agar komputer kamu lebih tahan lama dan terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh kelalaian.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon