Minggu, 04 Januari 2015

Tips Memilih Laptop Untuk Bermain Game

www.gudangilmukomputer.com - Jumpa lagi teman-teman, mau tanya nih, pada suka main game apa gak ? pasti sukalah ya kan, hehe. Kalau bermain game menggunakan laptop atau pc ? saya sarankan lebih baik menggunakan pc kalau bermain game. Tapi kalau menggunakan pc itu hanya dikamar saja kita bisa main gamenya. Berbeda dengan laptop, kalau main game menggunakan laptop kita bisa dimana saja dan kapan saja karena laptop bisa dibawa kemana-mana.


Seiring dengan berkembangnya teknologi di bidang elektronik, masyarakat saat ini mulai beralih dari menggunakan desktop PC kepenggunaan laptop sebagai komputer pribadi untuk keperluan sehari-hari. Bahkan, untuk bermain game, tidak jarang pula muncul anggapan bahwa laptop ternyata lebih nyaman digunakan daripada desktop PC.

kebanyakan orang justru memilih laptop karena mudah dibawa ke mana-mana, sehingga dapat bermain game dimana saja tanpa harus berdiam diri di dalam kamar. Namun, perlu diketahui bahwa memilih laptop yang tepat untuk gaming memang butuh banyak pertimbangan. Tidak semua laptop dengan spec-spec tertentu mampu memainkan game dengan lancar, karena pada dasarnya laptop membutuhkan spec yang seimbang untuk menghasilkan performa yang baik dalam memainkan sebuah game.

Tips Memilih Laptop Untuk Bermain Game

Berikut Tips Memilih Laptop Untuk Bermain Game :

1. Processor
Tips Memilih Laptop Untuk Bermain Game
2 Jenis utama processor yakni AMD dan Intel

Processor menjadi bagian yang paling penting dalam sebuah laptop, karena bagian ini merupakan otak dari laptop itu sendiri. Dalam memilih gaming laptop berdasarkan processornya, ada beberapa aspek yang perlu Anda cermati: tinggi clock speed dalam satuan GHz (Giga Hertz), jumlah inti otak (core), sistem hyper threading, dan besar cache.

Umumnya, laptop dengan processor Intel i3 atau AMD A4 Dual Core berkekuatan 2 GHz dan memiliki cache 2 MB sudah cukup mumpuni untuk bermain game dari tingkat ringan hingga sedang. Namun, untuk dapat memainkan game-game terbaru yang menuntut kemampuan maksimal sebuah processor, Anda perlu memilih laptop dengan spec yang lebih tinggi pula.

Laptop dengan processor minimal Intel i5 atau AMD A6 Quad Core berkekuatan di atas 2 GHz dan memiliki cache di atas 2 MB patut dipertimbangkan sebagai spec yang layak untuk dapat memainkan game tersebut dengan lancar.

2. Video Graphic Adapter (VGA)

Tips Memilih Laptop Untuk Bermain Game
2 Jenis Video Graphic Adapter (VGA) yakni Radeon dan NVIDIA

Komponen ini sangat penting dalam menunjang kemampuan grafis sebuah gaming laptop. Semakin besar memori yang terdapat pada VGA, semakin dapat menunjang kemampuan grafis laptop Anda. Namun, perlu Anda ingat bahwa besarnya memori pada VGA bukan menjadi jaminan utama kelancaran sebuah game. Chipset yang tertanam di dalamnya jauh lebih penting dari besar memori yang dimiliki.Saat ini, terdapat 2 jenis produsen chipset VGA yang beredar di pasaran, NVidia GeForce dan ATI Radeon.

Pastikan juga Anda tidak memilih laptop dengan VGA onboard (misal: Intel GMA) jika ingin menggunakannya untuk bermain game. Hal ini dikarenakan VGA onboard tidak akan mampu menjalankan game dengan mulus.

3. Random Access Memory (RAM)
Tips Memilih Laptop Untuk Bermain Game
Random Access Memory (RAM)

RAM berfungsi untuk menyimpan data sementara pada saat laptop Anda sedang digunakan. Semakin besar kapasitas RAM, semakin bagus kinerjanya. Untuk gaming laptop saat ini, usahakan untuk memilih RAM dengan kapasitas minimal 2 GB dengan tipe DDR 3 dan lebar bandwith minimal 12800 (dapat membaca data hingga 12800 Mb per detik). Namun ingat, umumnya beberapa spec gaming laptop saat ini memang menjadi dilema tersendiri bagi para pencinta PC game. Pasalnya, beberapa laptop dilengkapi dengan RAM yang tinggi namun dengan VGA yang rendah dan sebaliknya. Jadi, Anda harus lebih cermat dalam menyeimbangkan antara kapasitas RAM dan VGA untuk gaming laptop Anda. Perhatikan pula biayanya; jangan mengejar laptop yang terlalu mahal dengan kapasitas RAM yang besar, karena sebenarnya beberapa jenis gaming laptop masih memungkinkan untuk dapat meng-upgrade RAM dengan biaya yang jauh lebih murah.

4. Hard Drive
Tips Memilih Laptop Untuk Bermain Game
Hard Drive

Komponen ini berguna untuk menyimpan data secara permanen. Logikanya, semakin besar kapasitasnya, semakin bagus kinerjanya. Selain itu, hard drive juga berfungsi untuk menentukan kecepatan transfer data dan membaca berbagai driver dalam sebuah gaming laptop. 
Untuk laptop Anda, pilihlah gaming laptop dengan kapasitas hard drive minimal 320 GB dan nilai Rotation Per Minute (RPM) minimal 5400 RPM. Selain itu, beberapa hard drive bertipe SSD (Solid State Drive) juga memiliki kinerja hingga 2 kali lebih cepat daripada HD biasa, yang tentunya dapat mempercepat transfer rate dan memperlancar game.

5. Resolusi Layar, Daya Tahan Baterai, DVD ROM, Audio, Desain, dan Suhu 
Komponen-komponen lainnya seperti audio, daya tahan baterai, ukuran layar, dan sebagainya memang patut Anda pertimbangkan dalam memilih sebuah gaming laptop. Namun, biasanya komponen-komponen tambahan ini akan secara otomatis mengikuti jenis processor, RAM, VGA, dan Hard Disk yang Anda pilih untuk laptop Anda.Layar dengan resolusi 1366 x 768, dengan audio keluaran Altec Lansing, dts Sound, atau Beats Audio memang cocok digunakan pada sebuah gaming laptop. Ditambah lagi, desain yang ergonomis dan adanya DVD ROM mempermudah Anda apabila Anda ingin meng-install game berupa file CD atau DVD.
Tips Memilih Laptop Untuk Bermain Game
Contoh laptop yang amat panas hingga dapat mematangkan telur

Selain itu, perhatikan pula dalam memilih sebuah gaming laptop, khususnya pada daya tahan baterai yang lama dan tidak cepat panas. Bermain game pasti akan menguras tenaga laptop Anda, jadi pilihlah laptop yang memiliki ketahanan baterai dan sistem pendinginan (cooling system) yang bagus untuk mencegah kerusakan berarti pada laptop Anda.Dalam memilih sebuah gaming laptop, ada baiknya apabila Anda memilih laptop yang berada 1 atau 2 seri lebih rendah dari seri teratas versi Anda. Biasanya, performa yang dihasilkan tidak akan berbeda jauh namun dengan selisih harga yang cenderung berbeda jauh. Selamat memilih laptop untuk gaming.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon