26 Januari 2015

Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook

Sering terjadi kekeliruan dimasyarakat. Banyak yang beranggapan bahwa istilah Notebook dan Netbook itu sama. Dan ada juga yang mengatakan Netbook adalah laptop dan begitu juga sebaliknya.

Di era yang modern ini, laptop sudah menjadi kebutuhan pokok bagi seseorang. Karena apa?? karena dengan kecanggihan tekhnologi, kita dapat melakukan aktivitas apa saja dengan menggunakan laptop. Tentunya dengan kehadiran laptop dapat juga menjadi media hiburan dan juga dapat mempermudah pekerjaan manusia. Laptop dirancang sedemikian canggihnya agar bisa mengikuti tuntunan zaman. Siapa yang mengikuti zaman, dialah yang akan berada di atas dan begitu juga sebaliknya.

Tetapi dalam penyampaiannya, masih banyak kekeliruan yang terjadi antara penyebutan laptop, notebook dan notebook. Mungkin orang lebih dahulu mengetahui tentang laptop, dan setiap benda yang menyerupai laptop akan dibilang laptop. Tetapi semuanya itu kurang tepat, dari segi ukurannya saja kita sudah bisa membedakan mana itu laptop, mana itu notebook dan mana itu netbook.

Jadi lebih baik kita mengetahui tentang hal yang kecil seperti ini. Karena apabila hal yang kecil sudah tertinggal, gimana kedepannya?? Mulai belajarlah untuk menghargai sesuatu yang kecil, sesungguhnya hal yang kecil akan bisa menjadi kebesaran bahkan akan membawa kita dalam kesuksesan.
Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook
Berikut akan kami berikan beberapa perbedaan antara laptop, notebook dan netbook.

Ukuran (6-13, 13,1-18, 18+) 

Perlu kita ketahui, yang disebut Netbook, adalah yang memiliki ukuran layar antara 6-13 inci, kemudian Notebook yang memiliki ukuran 13.1-18 inchi dan terakhir Laptop yang memiliki layar tebal dan ukuran lebih dari 18 ini dan tentunya juga lebih berat, karena penamaan laptop memang sudah dibuat dari 20 tahun yang lalu.

Spesifikasi dan Komponen

Netbook memiliki ukuran yang terbilang kecil, yakni 6-13 inci, tentu tidak bisa memiliki spesifikasi yang terlalu tinggi, biasanya hanya dibekali processor kelas menengah ke bawah dan tidak memiliki RAM lebih dari 2 GB, serta dengan Grafis layar yang standar. Yang menjadi ciri khas dari Netbook adalah ketidakhadirannya DVD-ROM di dalam Netbook ini.


Notebook

Bisa dikatakan Notebook adalah kelanjutan perkembangan dari Laptop, Notebook memiliki speisifikasi yang cukup memadai dan hampir sama dengan komputer jenis PC. Notebook bisa saja memiliki Hardisk yang besar, Processor yang kuat dan memiliki DVD-ROM. Hanya saja, ada juga beberapa Notebook yang tidak memiliki DVD-ROM karena tuntutan ketipisan barang.

Kesimpulan

Saat ini, sangat sulit untuk membedakan antara Notebook dan Laptop, karena menurut saya sendiri, Notebook adalah Reinkarnasi dari Laptop, dengan model dan komponen yang tidak berbeda jauh. Sedangkan untuk Netbook, tentu masih dapat dibedakan dengan kecilnya ukuran layar dan tidak memiliki DVD-ROM di dalamnya. 

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.