Jumat, 30 Januari 2015

Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Di Komputer

Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Di Komputer - Selamat pagi dihari jumat yang cerah ini teman-teman semuanya. Jangan lupa jum'atannya bagi yang menunaikan.

Teman-teman pernah dibuat kesal gak sama yang namanya flashdisk?? tentu pernah lah ya kan, hehe. Flashdisk memang selalu didatangi berbagai masalah, karena falshdisk ini sangat sensitif terhadap virus yang berada di komputer. Memang diperlukan perhatian khusus untuk merawat flashdisk ini. Apabila salah merawatnya, bisa jadi flashdisk akan rusak dan tentunya tidak bisa dipakai lagi dan tentunya akan menghabiskan uang saja.

Salah satu masalah yang terjadi pada flashdisk yaitu : sering tidak terbaca jika dicolokkan ke USB komputer atau laptop.

Ada beberapa hal yang harus diketahui kenapa flashdisk itu tidak terbaca :

1. Rusak fisiknya.
2. Driver USB yang bermasalah
3. Port USB mengalami kerusakan (tempat ditancapkannya/dimasukkannya falshdik di komputer atau laptop)
4. Windows yang bermasalah atau setingan bios nya yang kurang pas.

Untuk masalah pada nomor 1, mungkin teman-teman harus membawa flashdisk ke tempat service nya. Atau minta bantu sama orang atau teman yang benar-benar memahami masalah pada flashdisk.

Untuk Tips mengatasi masalah pada nomor 2 sampai nomor 4 bisa diikuti cara-cara di bawah ini :

a. Dengan menggunakan cara Command Prompt
  • Tancapkan/colokkan flashdisk di komputer.
  • Bukalah Command Prompt. Caranya : Klik Start >> Ketikkan tulisan Run >> Setelah terbuka layar kerja Run, kemudian ketikkan lagi cmd.
  • Buka lokasi flashdisk misalnya di G, maka ketikkan g: lalu tekan Enter
  • Kemudian ketikkan lagi chkdsk/f maka nantinya akan muncul tulisan dan nantinya akan muncul pilihan (Y/N). Tekan Y untuk yes dan N untuk No. Disini langsung saja tekan Y untuk melanjutkan.
  • Nantinya akan ada pilihan lagi, yaitu untuk merestart komputer, tekan saja Yes untuk merestart. Biarkan prosesnya berjalan dan tunggu hasilnya.
b. Pendapat sendiri
  • Colokkan flashdisk ke komputer
  • apabila tidak terbaca, copot flashdisk dan colokkan lagi, apabila tidak terbaca juga lakukan langkah ini sampai 3x dengan posisi flashdisk yang ditekan.
  • Kalau tidak mau juga ya berarti harus ganti baru aja , hahaha.
  • Tapi biasanya bisa kok dengan langkah-lngkah seperti di atas.
Banyak cara sebenarnya yang dapat dilakukan apabila flashdisk tidak terbaca di komputer. Apabila flashdisk dicolokkan ke komputer kita dan tidak mau terbaca juga, sebaiknya coba colokkan di komputer yang lain ataupun laptop yang lain. Siapa tau ada masalah dengan hardware komputer teman-teman. Sering-sering mencoba aja, nantinya bakalan bisa kok ngatasin masalah-masalah seperti itu, percaya dah.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon