Jumat, 09 Januari 2015

Hal Penting Yang Harus Diketahui Setelah Menginstal Ulang OS

Hal penting yang harus diketahui setelah menginstal ulang OS - Pernahkan anda berpikir bahwa setelah menginstal ulang Operating System, terus proses selanjutnya kita harus ngapain? iya pertanyaan seperti itu banyak sekali yang menanyakan apalagi para pemula. Jangan sembarangan menghadapi proses seperti ini.

Ini yang pernah admin alami, suatu ketika akan menginstal ulang, setelah prosesnya selesai saya langsung membuka data-data yang berada di Local Disk D atau E, eh ternyata itu merupakan kesalahan terbesar. terus apa yang terjadi ? laptop sayapun kembali kedatangan tamu istimewanya yaitu "Virus" hehe. Karena apa hal itu bisa terjadi? karena waktu proses instalasi selesai saya langsung masuk ke Local Disk D dan E, eh rupanya banyak data yang masih terkena virus seperti virus ramnit dan bahkan trojan. Sebenarnya hal yang pertama dilakukan yaitu menginstal Anti Virus, kemudian lakukan sanning terhadap data yang berada di Local Disk D dan E. setelah scanning selesai barulah lakukan penginstalan driver.


Install ulang sistem operasi, khususnya pada OS Windows XP dan Windows 7, sangat diperlukan jika operasi sistem pada komputer / laptop mengalami kerusakan / corrupt yang diakibatkan oleh program berbahaya, virus, maupun spyware. 


  • Segera install Antivirus kemudian update hingga versi terakhir. Pemasangan antivirus akan memproteksi komputer dari program berbahaya, virus, maupun spyware.
  • Segera install driver agar perangkat keras (hardware) terdeteksi oleh komputer maupun laptop.
  • Install semua software atau program secukupnya dan penting bagi sobat.
  • Ubah setting atau pengaturan pada komputer atau laptop sobat seperlunya. Misalkan kitra pingin mengubah tampilan background desktop, mendisable unused icons, dan lain sebagainya.
  • Kosongkan Recycle bin. File sampah yang menumpuk setelah proses instalasi harus segera dihapus.
  • Lakukan Disk clean up. Untuk melakukannya, sobat buka accessories > system > disk clean up.
  • Lakukan Defragment menggunakan software defrag seperti Tune Up, Defraggler, dll. Defragment dapat sibat lakukan secara berkala, dua bulan sekali.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon