Selasa, 06 Januari 2015

Dampak Positif Dan Negatif Bermain Game Online

Dampak Positif Dan Negatif Bermain Game Online - Hallo teman-teman, kali ini akan ada pembahasan mengenai Dampak Positif Dan Negatif Bermain Game Online. Pada suka main game online gak ini? pastinyalah ya kan, hehe.


Dengan kemudahan menjangkau jaringan internet sekarang ini, maka makin marak dan heboh pula permainan game secara online. Permainan game online ini tidak hanya diminati di kota-kota besar, tetapi di perdesaanpun game online ini telah menjamur khususnya anak-anak, remaja, dewasa dan tidak menutup kemungkinan orang yang sudah lanjut usiapun bermain game online ini, hehe ada-ada aja ya. Perkembangan game online ini terbilang sangat cepat di Indonesia khususnya.

Game merupakan obat untuk menghilangkan rasa bosan, jenuh dan sebagainya. Ini merupakan obat terampuh dikalangan para remaja mungkin ya. Kalau menurut saya sih obat terampuh untuk menghilangkan rasa bosan, suntuk, jenuh dan sebagainya itu ya dengan cara mendekatkan diri dengan Allah SWT, itulah obat terampuh sekarang ini.

Dengan kemajuan teknologi di zaman sekarang ini orang berusaha mencari dan mendownload game dari komputer ataupun handphone. Ada juga yang berhari-hari main di warnet cuman gara-gara main game online itu. Saya pernah mendengarkan sebuah berita kalau ada seseorang yang meninggal karena bermain game online ini. Meninggalnya mungkin karena saking lama bermain game online itu kali ya, sampai lupa makan, minum, mandi dan aktivitas lainnya, jangan sampai terjadi lah sama teman-teman.

Game online adalah suatu jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan internet, game online dapat diakses secara langsung dari sistem perusahaan kepada penikmat game melalui jaringan internet, dapat dimainkan bersama dan berkomunikasi secara langsung sesama player dalam game yang sama. Game online yang sederhana dan yang terumit pun tersedia dan gampang untuk didapatkan. Kecuali bila harus membeli user dan tentunya game online dapat dikateorikan dalam dunia maya. Dapat ditemui disekitar kita warung internet khusus game online yang kadang disebut warnet game. Dan terkadang dipasang poster-poster game yang sedang naik daun pada zaman sekarang contohnya Point Blank, Ragnarok, Atlantica, Angry Birds dan Dragon Nest.

Tapi apakah teman-teman sudah mengetahui Dampak Positif Dan Negatif Bermain Game Online itu? saya harapkan teman-teman dapat mengetahuinya, karena ini sangat peting untuk diketahui. Berikut ada penjelasannya buat teman-teman semua :

Dampak Positif Dan Negatif Bermain Game Online

Dampak Positif :
1. Setiap game memiliki tingkat kesulitan/Level yang berbeda
Umumnya permainan ini dilengkapi pernak-pernik senjata, amunisi, karakter dan peta permainan yang berbeda. Untuk menyelesaikan level atau mengalahkan musuh secara efisien diperlukan strategi. Permainan game online akan melatih pemainnya untuk dapat memenangkan permainan dengan cepat, efisien dan menghasilkan lebih banyak poin.

2. Meningkatkan konsentrasi
Kemampuan konsentrasi pemain game online akan meningkat karena mereka harus menyelesaikan beberapa tugas, mecari celah yang mungkin bisa dilewati dan memonitor jalannya permainan. Semakin sulit sebuah game maka semakin diperlukan tingkat konsentrasi yang tinggi.

3. Meningkatkan koordinasi tangan dan mata
Penelitian yang dilakukan di Manchester University dan Central Lanchashire University menyatakan bahwa orang yang bermain game 18 jam seminggu atau sekita dua setengah jam perhari dapat meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan.

4. Meningkatkan kemampuan membaca
Psikolog dari Finland Univesity menyatakan bahwa game meningkatkan kemampuan membaca pada anak-anak. Jadi pendapat yang menyatakan bahwa jenis permainan ini menurunkan tingkat minat baca anak sangat tidak beralasan.

5. Meningkatkan kemampuan berbahasa inggris
Sebuah studi menemukan bahwa gamers mempunyai skil berbahasa inggris yang lebih baik meskipun tidak mengambil kursus pada masa sekolah maupun kuliah. Ini karena banyak alur cerita yang diceritakan dalam bahasa inggris dan kadang kala mereka chat dengan pemain lain dari berbagai negara.

6. Meningkatkan pengetahuan tentang komputer
Untuk dapat menikmati permainan dengan nyaman dan kualitas gambar yang prima seorang peman game online akan berusaha mencari informasi tentang spesifikasi komputer dan koneksi internet yang dapat digunakan untuk memainkan game tersebut. Karena pengguna komputer aktif biasanya mereka juga akan belajar troubleshooting komputer dan overclocking.

7. Meningkatkan kemampuan mengetik
Kemampuan mengetik sudah pasti meningkat karena mereka menggunakan keyboard dan mouse untuk mengendalikan permainan.

Dampak Negatif :
1. Berkurangnya Sosialisasi
Game online membuat kecanduan karena dalam game dituntut untuk melakukan banyak hal agar tidak tertinggal dengan orang lain, dengan tuntutan semua itu anak biasanya lebih menyita waktu depan game yang dia sukai, dan akibatnya tidak ada rasa ingin bermain dengan anak-anak lain dan hanya menikmati kesendirian depan game tersebut. Hal ini dapat berakibat negatif bagi pergaulannya.

2. Sulit Berkonsentrasi
Untuk anak yang mengalami kecanduan game online, membuat mereka susah berkonsentrasi dalam pelajaran. Hal ini disebabkan fikirannnya selalu ingin bermain game dan ingin segera pulang bermain game bersama teman-teman gamenya. Hal ini tentu berdampak buruk bagi masa depan anak. Kecanduan game online pun memiliki tahap yang bervariasi. Kurangnya perhatian dari keluarga membuat seorang anak lebih gampang terjun dan menikmati bermain game.

3. Sulit Berekspresi dan Berinteraksi
Dengan terbiasa berinteraksi satu arah yaitu depan monitor saja, membuat anak sulit berinteraksi dan akan menemukan waktu sulit untuk mengekspresikan diri sendiri, dengan otak anak yang terkenal sangat lincah, aktif, dan penuh ekplorasi sedikit demi sedikit akan tumpul bila kehidupannya hanya dalam satu ruangan saja karena interaksi sosial juga meningkatkan kepintaran anak.

4. Lupa Segala Hal
Terkadang anak tidak tahu dampak kekurangan makan, minum, dan kekurangan olahraga dapat menyebabkan badan mudah terkena penyakit tetapi bisa saja orang tersebut doyan makan, tetap saja kurangnya aktivitas yang dilakukan tubuh berdampak kurang bugar di masa depannya karena kurang lancarnya metabolisme tubuh. Radiasi yang dipancarkan monitor juga dapat merusak mata dan juga saraf, hal ini terbukti sering ditemui pemain games yang sering menggunakan kacamata.

Sekian teman-teman tentang Dampak Positif Dan Negatif Bermain Game Online. Bermain game online itu sebenarnya boleh-boleh saja asal tidak mengganggu aktivitas keseharian kita dan asalkan tidak lupa sama waktu aja. Karena waktu adalah segalanya, gunakanlah waktu mudamu dengan sebaik mungkin dan lakukanlah segala hal yang bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun orang banyak, Sekian semoga bermanfaat.

4 komentar

terimakasih atas informasinya gan, saya mencari informasi tetang point blank karena saya penggemar game point blank.
Cara Agar Nyaman Main Point Blank
.

Oke sama-sama gan. Oke semoga dengan artikel ini, anda tetap akan nyaman pada saat memainkan game apapun.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon