Minggu, 18 Januari 2015

Cara Menghapus Virus Autorun Tanpa Software

Cara Menghapus Virus Autorun Tanpa Software - Selamat siang menjelang sore sahabat TeolNews. Kali ini TeolNews akan membahas  mengenai bagaimana Cara Menghapus Virus Autorun. Pasti kalau berhubungan dengan virus itu merupakan hal yang sangat menjengkelkan dan membuat seseorang bisa emosi. Tapi tenang saja, semua masalah pasti ada solusinya , dan TeolNews akan menyelesaikan semua problem itu secara bertahap.

Autorun atau autoplay merupakan fasilitas di sistem operasi yang berfungsi menjalankan file secara otomatis ketika media seperti CD-ROM, DVD-ROM, Flash disk dan lainnya di masukkan/pasang di komputer. Sehingga ketika berbagai media tersebut dimasukkan, tanpa kita menjalankan apapun, ada program yang akan otomatis berjalan sendiri. Fitur ini biasa dimanfaatkan dalam CD Driver yang disertakan ketika membeli motherboard / VGA. Tetapi saat ini tidak dipungkiri malah dimanfaatkan sebagai media penyebar virus, terutama melalui flashdisk.

Sedangkan file Autorun.inf sendiri merupakan file yang berisi instruksi tertentu, tentang apa yang otomatis dijalankan ketika media seperti flashdisk/CD dimasukkan ke komputer. Instruksi ini dapat berupa perintah untuk menjalankan file exe.

Cara Menghapus Virus Autorun Tanpa Software

Autorun.inf hanya berupa text file biasa dan bisa dibuka dengan text editor seperti notepad. Ada baris-baris kode yang umum dijumpai didalamnya. Sebenarnya ada beberapa bagian (Key) yang bisa ditulis di autorun, yaitu [Autorun], [Content], [ExclusiveContentPaths], [IgnoreContentPaths], dan [DeviceInstall].
Berikut salah satu cara untuk mengahpus virus autorun :
 
1. Klik Start >> Kemudian klik Computer.
2. Kemudian cari Organize di kanan atas layar kerja lalu klik di Organize tersebut.

3. Kemudian akan muncul layar kerja Folder Option. Pada layar kerja tersebut pilih View

4. Lalu Pada Hidden files and folders pilih Show hidden files, folders and drives. Kemudian hilangkan semua centang pada "Hide Empty..........", "Hide extensions......", "Hide Protected...". Pada saat menghilangkan centang pada "Hide Protected Operating System....." biasanya akan muncul layar seperti di bawah :


Lalu teman-teman pilih Yes.
Berikut contoh layar sebelum dan sesudah di atur :


Sebelum

Cara Menghapus Virus Autorun Tanpa Software
Sesudah

Maka otomatis semua file dan folder dilaptop mapun di flashdisk teman-teman akan terbuka. Dan apabila ingin menghapus virus Autorun carilah folder seperti berikut :

Cara Menghapus Virus Autorun Tanpa Software

Dan kemudian Delete folder tersebut.

Itulah salah satu cara untuk menghapus Autorun. Sekian artikelnya senoga bermanfaat.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon