Selasa, 06 Januari 2015

Cara Mengembalikan file yang terkena virus di Flashdisk

www.gudangilmukomputer.com - Flashdisk adalah penyimpanan eksternal yang paling banyak digunakan saat ini. Selain desain yang lebih kecil dan bisa dibawa kemana-mana, flashdisk juga sudah memiliki kapasitas penyimpanan yang lumayan besar. Tetapi banyak masalah yang didapat ketika menggunakan flashdisk ini, seperti diketahui flashdisk sangat sensitif terhadap virus sehingga  rentan juga terserang virus karena sering digunakan untuk memindahkan data dari berbagai komputer.


ketika flashdisk sudah terkena virus hal yang paling sering terjadi adalah data didalam flashdisk tersebut hilang. hal ini menjadi sangat menjengkelkan jika data yang hilang sangat penting.

Cara Mengembalikan file yang terkena virus di Flashdisk

Ada dua cara yang dapat kita lakukan :
Pertama dengan mengatur untuk menampilkan file hidden pada folder atau tidak, berikut caranya :

1. Buka Windows Explorer, trus pilih Organize 

 

 2. Klik Folder and search options >> View >> Show Hidden Files, folder and drives.

Tetapi cara diatas terkadang tidak berhasil memunculkan kembali data/file yang ke hidden. untuk itu kita dapat menggunakan perintah yang ada di command prompt berikut caranya :
  • Sambungkan flashdisk ke komputer, lihat flashdisk terbaca di drive apa, disini kita ambil contoh kebacanya di drive E.
  • Sekarang klik Start ketik cmd lalu tekan enter maka akan muncul kotak cmd.
  • Karena flashdisk terbaca di drive E maka kita harus pindah direktori ke E terlebih dahulu. cara untuk pindah tinggal ketik E: lalu enter. 
Setelah itu ketik perintah berikut attrib -s -h /s /d *.*

 Mengembalikan file yang terkena virus di flashdisk 
  • Terakhir tekan enter 
Maka data yang ke hidden atau hilang akibat virus akan muncul kembali.saran saya setelah muncul , simpan data ketempat yang aman lalu format flashdisk tersebut.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon