Selasa, 06 Januari 2015

Cara Mengecek Driver yang Belum Diinstall di Windows 7

GUDANGILMUKOMPUTER.com - Driver merupakan salah satu kebutuhan laptop yang sangat penting dalam memaksimalkan kinerja perangkat hardware. Tanpa adanya driver di laptop atau belum diinstalnya driver pada laptop, maka perangkat hardware tidak akan dapat bekerja dengan maksimal. Seperti contohnya, apabila driver Vga belum diinstal, lalu apa yang akan terjadi? tentu saja tampilan laptop akan sangat membosankan atau dalm artian tidak enak untuk dilihat dengan tampilan menu-menu yang sangat besar. Lebih jelasnya lihat saja waktu selesai proses instal ulang laptop. Driver ini biasa di berikan saat kita membeli komputer atau laptop pertama kali, karena sifatnya unik disetiap merek dan versi. biasanya kita menginstall driver sesaat setelah install ulang, namun karena jumlahnya lumayan banyak terkadang kita melewatkan satu atau dua driver tertentu.


Apabila kita terlewatkan menginstal beberapa driver dapat dilihat dengan cara berikut :

1. buka windows Explorer pada laptop

2. lalu klik kanan pada My Computer dan pilih Properties

 
3. Kemudian cari Device Manager yang berada dipojok kanan atas layar monitor kemudian klik.

 

4. Maka akan muncul layar Device Manager




Contoh di atas menandakan bahwa driver laptop telah terinstal semua. Kalau ada salah satu driver yang belum terinstal akan ada tampilan sebagai berikut :




Apabila teman-teman ingin mengupdate driver yang lupa terinstal tadi, maka masukkan kembali kaset driver ke dalam Dvd Drive laptop. Kemudian klik kanan pada driver yang anda tanda serunya atau seperti yang ditunjukkan panah di atas lalupilih Update Driver Software

Di atas ada dua pilihan :
Search automatically for updated driver software : apabila teman-teman ingin mengupdate driver secara otomatis menggunakan  internet.
Browse my computer for driver software : apabila teman-teman ingin mengupdate driver secara manual.  

Klik pada pilihan kedua kemudian klik Browse kemudian kita cari letak kaset driver bawaan laptop yang telah dimasukkan pada Dvd Drive tadi. Setelah ketemu, silahkan klik pada kaset driver tujuan tadi kemudian klik OK dan jangan lupa klik Next, dan secara otomatis drivernya akan terupdate.

*Gunakanlah kaset driver bawaan laptop yang asli.
Demikianlah artikel tentang Cara Mengecek Driver yang Belum Diinstal Di Windows 7 semoga bermanfaat.


Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon