Jumat, 02 Januari 2015

Cara memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca

www.gudangilmukomputer.com - Semua orang pasti sudah tau yang namanya flashdisk itu kan? ya flashdisk merupakan media penyimpanan data yang sangat mungil. Flashdisk menggantikan peran disket sebagai media penyimpanan. Ukuran flashdisk ada yang 2GB, 4GB, 8GB, 16GB bahkan 64GB dengan berbagai macam merk dan berbagai macam kelebihan. Perbedaan antara flashdisk dengan hardisk eksternal hanya dari kapasitas penyimpanan data dan kecepatan transfer datanya. Tapi kalau untuk menyimpan file-file ringan seperti dokumen pengajaran dosen dan guru flashdisk lebih dipilih karena lebih kecil dan bisa dibawa kemana-mana.

Tetapi flashdisk kalau tidak dijaga dan dirawat dengan benar, akan sering terjadi error dan bahkan terjadi kerusakan yang menyebabkan flashdisk itu tidak bisa digunakan lagi. Seperti tidak terdeteksi atau tidak terbaca oleh laptop atau komputer.

Kalau kerusakan terjadi pada hardware mungkin sudah tidak bisa digunakan lagi, dan terpaksa harum beli baru lagi. Flashdisk memang rawan terhadap serangan virus. Apalagi kalau flashdisk yang di colokan ke berbagai komputer atau laptop atau bahkan membawanya ke warnet kemudian mencolokkannya ke komputer yang berada di warnet, wahh jangan sampai terjadi kawan-kawan. Komputer di warnet itu biasanya menyimpan berbagai macam jenis virus, hehe.

Cara memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca

Sebaiknya gunakan flashdisk buat hal-hal yang bermanfaat, seperti media penyimpanan bahan mengajar, bahan kuliah dan tugas-tugas. Menggunakan flashdisk secara positif akan memperpanjang umur flashdisk tersebut.

Ada berbagai macam kerusakan pada flashdisk :
  • Flashdisk terbaca dikomputer akan tetapi tidak bisa diformat.
  • Flashdisk terbaca di laptop atau komputer akan tetapi ukurannya 0 byte.
  • Flashdisk terbaca di laptop atau komputer akan tetapi tidak bisa diisi data.
  • Flashdisk tidak terbaca sama sekali di laptop atau di komputer.
Berikut ada beberapa langkah ampuh bagaimana cara mengatasi kerusakan pada flashdisk :Cek flashdisk dan Komputer atau laptop, Coba cek dikomputer lain terlebih dahulu. Jika komputer lain mendeteksi perangkat USB berarti kerusakan bukan terjadi pada Flashdisk, Namun Setingan USB komputer yang belum di aktifkan ketika sobat memasang Flashdisk. Jika benar hal tersebut yang menjadi kendala coba Sobat setting Komputer melalui My Computer – Control Panel – hardware – device manager – Universal Serial Bus Controller – klik uninstall lalu restart.

Jika dipastikan kerusakan bukan terjadi di Komputer/Laptop, sudah dapat kita pastikan bahwa flashdisk lah yang bermasalah sehingga baru kita ambil tindakan dalam memperbaiki flashdisk tersebut.

Cari tau jenis kerusakan, apakah ada pada software (perangkat lunak) atau hardware (perangkat) kerasnya yang bermasalah. Sebatas ini, kami masih berbagi cara memperbaiki flashdisk yang rusak perangkat lunaknya.

Jika flashdisk dalam keadaan tidak terdeteksi, tentu saja kita tidak dapat melakukan format ulang, maka alternatifnya adalah dengan menggunakan software / aplikasi untuk memperbaiki flashdisk, misalnya Hp Drive Boot Utility Atau USB Repair yang dapat anda cari di Google.

Jalankan Aplikasi tersebut dan pilih format flashdisk  yang mau di gunakan (FAT, FAT32 atau NTFS) terus Pilih Quick Format Pilih Create New or Replace Existing Configuration.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon