Jumat, 02 Januari 2015

Cara Membersihkan Layar Laptop Dengan Tepat

Cara Membersihkan Layar Laptop Dengan Tepat - Led/Lcd pada laptop merupakan salah satu perangkat yang paling mahal harganya. Merupakan perangkat yang sangat vital juga perannya di laptop. Led/lcd sangat sensitif terhadap debu, sidik jari atau bahkan saat anda batuk atau bersin tanpa menutupi mulut dan hidung. Alanngkah lebih baiknya memakai plastik pelindung, agar apabila ada sesuatu yang menempel pada layar tidak langsung menempel pada led/lcdnya, tetapi lebih dahulu menempel pada plastik pelindung layar itu.


Berbeda dengan monitor CRT standar dengan layar kaca, Anda sangat tidak disarankan untuk membersihkan layar laptop/lcd dengan menyeka menggunakan kain kering (apalagi basah) sejak layar sensitif adalah mungkin untuk mendapatkan goresan dari partikel debu.

Cara Membersihkan Layar Laptop Dengan Tepat

Adapun langkah yang disarankan pada saat membersihkan layar laptop adalah sebagai berikut : 
  • Pertama, sebelum membersihkan layar laptop/lcd - pikirkan bahwa layar LCD anda seperti kulit lembut dan halus pada bayi. Bahkan saking lembutnya hindari tekanan sedikit pun pada layar komputer dengan tangan anda. 
  • Kedua, carilah kain yang lembut - saputangan katun bekas tidak masalah, tetapi jangan mencoba kertas tisu, gulungan toilet atau bahkan handuk mandi karena akan menggores layar LCD Anda secara permanen ( bersifat seperti amplas atau alat scrubber).
  • Matikan layar LCD untuk melihat seberapa kotor LCD anda dan gunakan pencahayaan yang cukup.
  • Persiapan bahan untuk membersihkan layar laptop/lcd anda selain kain lap, anda akan membutuhkan air deionisasi atau air suling dan cuka atau iso-propil alkohol. Jangan menggunakan air keran atau air mineral yang bisa meninggalkan bekas putih di layar karena larutan mineral didalamnya.
  • Campurkan cuka dengan air suling ( 1: 1 ) dan semprotkan cairan ini pada kain lap. Jangan pernah menyemprotkan cairan langsung ke layar LCD. Basahi kain secukupnya dan gosok layar LCD dengan  lembut dalam satu arah ( kiri - kanan atau atas - bawah atau sebaliknya )
  • Pastikan bahwa layar LCD kering sebelum menutupnya atau menggunakannya. Jangan menggunakan bahan yang mengandung aseton, etil alkohol, toluena, etil asam, amonia, atau metil klorida. Jangan pernah menyentuh layar LCD dengan jari-jari Anda karena hal ini dapat menyebabkan terbakarnya pixel. 
Lebih baik menggunakan alat dan cairan khusus pembersih layar. Banyak yang jual kok. Atau dengan menggunakan minyak kayu putih, katanya itu bagus untuk membersihkan semua jenis layar. Coba aja dulu deh pakai minyak kayu putih.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon