12 Januari 2015

Bahaya Petir Saat Lagi Menggunakan Jaringan Internet

Bahaya Petir Saat Lagi Menggunakan Jaringan Internet

Kali ini saya akan menulis sebuah artikel mengenai bahaya menggunakan jaringan internet saat keadaan lagi hujan dan banyak petir. Saya akan sedikit sharing agar nantinya teman-teman bisa tau bahayanya dan agar dapat berhati-hati saat menggunakan internet.

Alangkah lebih baiknya kalau teman-teman mengetahui dahulu cara menggunakan internet yang baik dan benar. Sebenarnya simple saja dalam menggunakan internet, kapan saja dan dimana saja. Tetapi ada satu situasi yang harus dihindari saat menggunakan internet yaitu saat hujan deras dan banyak petirnya, Hal itulah yang harus dihindari baik saat browsing dilaptop maupun di smartphone. Ini merupakan hal yang sangat membahayakan bagi keselamatan diri kita sendiri.

Telah banyak kejadian yang merenggut nyawa. Sudah banyak yang meninggal saat browsing dalam keadaan hujan deras dan banyak petir. Sebenarnya dalam keadaan seperti ini laptop ataupun handphone boleh menyala, asalkan jaringannya di off kan terlebih dahulu.

Sedikit pengalaman, saat masih sma saya ngekos dan dikosan itu dipasang media internet ( Speedy ) yang menggunakan jaringan dari telkom. Waktu belum mengetahui mengenai jaringan, ya kalau internetan pun sembarangan dalam artian tidak tau situasi dan kondisi yang baik dalam menggunakan internet. suatu ketika hujan deras disertai petir datang saat itu modem speddy pun telah dimatikan, tetapi apa yang terjadi?? saat petir besar menyambar tiba-tiba ada bau gosong yang entah darimana sumbernya. Setelah dicari-cari ternyata bau gosong itu bersumber dari modem speedy yang telah hangus disambar petir. Padahal sudah dalam keadaan mati total, tetapi ada satu hal yang menyebabkan hal itu terjadi, yaitu kabel jaringan tidak dilepas dari modemnya. Hal itu lah yang membuat modem tersebut gosong, karena masalah yang lupa melepas kabel jaringan dan akhirnya kitapun yang menanggung ruginya.

Tindakan yang harus dilaksanakan saat situasi hujan deras disertai petir :
1. Lepaskan kabel modem yang terhubung ke arus listrik.
2. Cabutlah kabel jaringan yang biasanya berada dibelakang modem.

Ada satu pengalaman lagi saat berada dirumah. Saat itu hujan dan petir yang sangat besar datang, kata orang (petir tunggal). Saat petir datang dengan begitu kerasnya terdengar sebuah ledakan dari arah Televisi. Setelah dilihat ternyata Digital yang telah berbau hangus yang saya temui. Padahal semuanya sudah dalam keadaan mati total dengan kabel yang sudah dicabut dari arus listrik. Setelah saya teliti, permasalahan ternyata datang dari kabel sinyal digital yang dari parabola tersambung menuju digital. Hal itulah yang menyebabkan digital gosong. Kembali terulang hal yang sama, yaitu lupa melepas kabel sinyal ( jaringan ).

Intinya kalau terjadi hujan disertai petir sebaiknya lepas semua kabel yang terhubung kearus listrik dan kabel jaringan atau lepaskan saja semua kabel yang tersambung ke semua alat elektronik. Petir itu sebenarnya kalau menyambar sesuatu pasti yang akan gosong yaitu ujungnya alat elektronik yang saling trhubung. Misalkan : kalau saja kabel dari parabola yang tersambung dengan digital dilepas, maka kemungkinan parabolalah yang akan tersambar petir.

Untuk itu buat teman-teman semuanya ini merupakan sebuah pelajaran. Jangan internetan atau menyalakan alat elektronik lainnya saat hujan deras yang disertai petir, karena hal ini sangat membahayakan. Matikanlah ( off ) semua yang terhubung ke jaringan, karena jaringan sangat rentan tersambar petir.

Sekian artikel mengenai bahaya petir saat lagi menggunakan jaringan internet semoga pengalaman di atas dapat menjadikan sebuah pelajaran buat teman-teman. Semoga artikelnya bermanfaat.

Postingan ini memiliki 13 komentar

avatar
Angel MirMelody delete 07 Mei, 2015

terima kasih..sangat membantu :)

Reply
avatar
Dinie Rianggara delete 12 November, 2015

Thanks for sharing min. Sangat membantu :)

Reply
avatar
Rivan Aditia delete 13 November, 2015

oke sama-sama, senang bisa membantu

Reply
avatar
Siti Rizkia Nurkhalifah delete 30 November, 2015

artikelnya bagus :) boleh saya copy ? sumbernya di tulis ko :)

Reply
avatar
Rivan Aditia delete 30 November, 2015

Oke silahkan dicopy dengan mencantumkan sumber artikelnya. Terimakasih.

Reply
avatar
saha eta saha delete 01 Februari, 2016

wah ini saya lagi ngengunain hotsop hp,, aduh, maksih ,,

jika ada apa boleh ke mari : http://ipsaha.blogspot.co.id/

Reply
avatar
FATHAN 770 delete 23 September, 2016

Kalau pakai Fiber optic yang punya Huawei bagaimana? Kan kabel Fiber optic susah dicabutnya wifi saya ini punya IndiHome tetapi merknya Huawei, ya itu saja yang saya sampaikan, mohon ada penjelasannya. Terima kasih.

Reply
avatar
FATHAN 770 delete 23 September, 2016

Kalau pakai Fiber optic yang punya Huawei bagaimana? Kan kabel Fiber optic susah dicabutnya wifi saya ini punya IndiHome tetapi merknya Huawei, ya itu saja yang saya sampaikan, mohon ada penjelasannya. Terima kasih.

Reply
avatar
Rivan Aditia delete 24 September, 2016

Saya sekarang juga pengguna IndiHome. Pada saat hujan deras disertai petir, kabel tidak pernah dicabut. Sampai sejauh ini belum terjadi apa2 dan tetap aman saja sih. Sejauh ini ya.

Reply
avatar
erik wijaya delete 30 Desember, 2016

sebenarnya tidak apa2 pakai hp dngn jaringn yg mnyala... tidak masalah karna jaringan hp itu nirkabel... berbeda ketika menggunakannya sedang dlm keadaan cas... pasti akan terkena karna tersambung dngan aliran listrik... c

Reply
avatar
Ibrahim delete 30 Maret, 2017

ternyata sangat berbahaya sekali ya mas, duh jadi takut salam kenal

Reply
avatar
Rivan Aditia delete 31 Maret, 2017

Salam kenal kembali mas.

Reply

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.

Artikel Berikutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post