13 Januari 2015

Bahaya Melepas Baterai Laptop Saat Digunakan

author photo
www.gudangilmukomputer.com - Hallo teman-teman semuanya selamat pagi dan selamat beraktivitas. Kali ini saya akan menulis artikel mengenai bahaya melepas baterai laptop. Laptop dirancang sedemikian rupa dangan dilengkapi baterai yang luar biasa. Baterai laptop akan mampu bertahan biasanya paling lama sekitar 2 jam. Cara merawat baterai ini pun tidaklah senbarangan, harus dirawat dengan  sebaik-baiknya. Membiarkan laptop tetap terhubung adapter tanpa melepas baterai tidak akan merusak atau mempengaruhi umur baterai karena setiap baterai pada laptop sudah dirancang sedemikian rupa sehingga saat baterai sudah penuh atau 100% charged, baterai akan berhenti menerima energi. Dengan kata lain, energi yang dialirkan dari adapter akan di-bypass langsung menuju sistem power supply laptop.


Menghidupkan laptop  dalam keadaan baterai dilepas itu bukan merupakan cara terbaik untuk menghindari kerusakan pada baterai. Itu malah akan menyebabkan kerusakan yang sangat fatal. Laptop menyala dengan keadaan baterai laptop dilepas dan laptop menyala dalam posisi charger laptop yang terus di hubungkan ke laptop itu akan membuat laptop usianya tidak  akan bertahan lama. Karena apa? karena apabila baterai laptop dilepas dan laptop tetap menyala dengan bantuan charger yang terhubung kearus listrik, tidak akan ada perantara arus. Misalkan arus lagi tidak stabil dan kita menyalakan laptop dalam keadaan baterai di lepas, otomatis jaringan yang tidak stabil tadi akan langsung mengalir ke motherboard laptop dan itupu akan mempercepat kerusakan pada motherboard. Biasanya kalau menggunakan baterai akan lebih aman, karena arus listrik akan di stabilkan dioleh baterai.

 Namun, ada kondisi dimana kita harus melepas baterai, yaitu saat laptop mengeluarkan panas berlebih. Misalnya saat laptop digunakan untuk pekerjaan berat terus menerus seperti menjalankan game. Saat hardware laptop mengeluarkan panas berlebih, panas tersebut akan turut memanasi baterai. Nah, panas inilah yang dapat merusak baterai.
Jadi sudah jelas bahwa melepas baterai laptop saat digunakan akan memperpendek usia laptop tersebut. Dan apabila laptop mengeluarkan panas berlebih, tentu melepas baterai laptop sangat diperlukan untuk memperpanjang umur baterai.

Berikut ada beberapa dampak negatif menyalakan laptop tanpa baterai :
  • Menyalakan laptop dalam keadaan baterai laptop dilepas akan mempercepat kerusakan perangkat elektronik dalam laptop, karena komponen-komponen tersebut akan menerima tegangan dan arus listrik yang berlebihan.
  • Laptop menyala dengan menggunakan bantuan stabilisator/UPS sedikit banyak juga dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop karena tegangan dan arus listrik akan langsung menuju ke komponen di dalam laptop tanpa melalui penyesuai tegangan (voltage converter) dan sirkuit pengatur (regulator circuit).
  • Kalau listrik mendadat mati akan menyebabkan laptop mati mendadak dan itu akan menyebab harddisk, ram dan motherboard menjadi rusak. Sekarang mau pilih yang mana? pilih melepas baterai laptop atau memilih hardware yang akan rusak, hehe. Alangkah lebih baiknya menggunakan baterai saat dinyalakan kalau perlu menggunakan alat pengatur tegangan listrik.
  • Melepas baterai hanya untuk bila laptop tidak digunakan lebih dari 3 hari. Baterai juga bisa di lepas jika pemakaian lebih dari 12 jam nonstop, dengan socket listrik yang menempel. Kalo hanya untuk pemakaian sehari-hari sebaiknya memakai baterai, buat menghindari kehilangan data dan kerusakan system apabila listrik mati tiba-tiba. Baterai yang terpasang juga melindungi hardware dan juga modul-modul hardware lainnya dari lonjakan listrik yang ekstrem, misalnya akibat ada petir yang menyambar.
Gunakanlah baterai laptop dengan sebaik-baiknya jangan coba-coba untuk meleasnya saat digunakan, itu sangat berbahaya karena akan menimbulkan banyak kerusakan pada hardware jika listrik mati mendadak.

Itulah artikel mengenai bahaya melepas baterai laptop saat digunakan semoga bermanfaat dan tentunya bisa menambah wawasan agar nantinya menjadi tekhnisi yang handal.
Advertisement

Postingan ini memiliki 26 komentar

avatar
Andry Nurjaman delete 27 November 2015 17.32

Thanks Gan Info nya ~! Biasa nya ane Kalau Matiin Laptop Langsung Di Cabut Baterai nya karena Males Click Shut Down nya ^_^

Reply
avatar
Rivan Aditia delete 27 November 2015 20.52

Oke sama-sama gan. Wah itu bahaya sekali gan, kemungkinan laptop akan cepat rusak dan terutama motherboard dan harddisk.

Reply
avatar
Aby Haidar delete 10 Maret 2016 10.12

Trimakasih gan infonya,kalau biasanya sih saat maen game game berat baterai laptop selalu aku lepas naahh stelah baca dsini mlh jd agak bngung aku.. mending aku lepas atau tidak saat maen game game berat dan Laptop dlm kondisi panas

Reply
avatar
Rivan Aditia delete 10 Maret 2016 17.18

Dilepas aja nggak apa2 kok mas kalau sedang main game dan pastikan listriknya stabil. Bisa juga dengan menggunakan bantuan stavol.

Reply
avatar
Dicky Ardiyanto delete 11 April 2016 22.57

Gan klo misal laptop menyala terus baterai dipasang saat laptop menyala, kalau gitu efekx apa gan..?

Reply
avatar
Rivan Aditia delete 12 April 2016 10.20

Kalau untuk efeknya saya kurang tau gan. Tetapi mending ikuti prosedurnya yang baik dan benar gan. Matikan dulu laptopnya, baru deh pasang baterainya.

Reply
avatar
Agung Pratama delete 15 April 2016 19.18

thanks ya sangat membantu banget tu...............

Reply
avatar
agus saliim delete 29 Mei 2016 23.33

saya sudah lama memakai laptop tapi tidak menggunakan baterai tapi tidak apa apa

Reply
avatar
Rivan Aditia delete 30 Mei 2016 07.56

Ya tetapi itu sangat tidak dianjurkan.

Reply
avatar
Kevin Andriawan Putra delete 16 Juni 2016 17.14

Kalau saya pas main laptop gak tahu kenapa suka rada2 ngadat walaupun Udh di refresh berkali kali dan ngadat nya seakan akan terhenti gak bisa dia apa2apain makannya saya cabut paksa baterai laptop nya boleh gak ya?

Reply
avatar
Kevin Andriawan Putra delete 16 Juni 2016 17.18

Saya pakai laptop kadang itu suka error dan error nya itu gak bisa di apa2in dan kadang suka ngadat trus saya cabut paksa baterai laptop nya apa itu diperbolehkan

Reply
avatar
Rivan Aditia delete 16 Juni 2016 19.38

Tidak dianjurkan seperti itu mas.

Reply
avatar
Rivan Aditia delete 16 Juni 2016 19.39

Tidak diperbolehkan mas. Kalau dilakukan secara terus menerus akan menyebabkan kerusakan.

Reply
avatar
gede brahma delete 24 Juni 2016 20.49

Kalo main game berat tapi laptop tidak panas gak apa2 ya kalo pasang baterai ?

Reply
avatar
Rivan Aditia delete 25 Juni 2016 04.23

Sebenarnya tetap aja tidak dianjurkan.

Reply
avatar
Rafif Rabbani delete 24 Agustus 2016 21.59

Kirain saya mencabut baterai laptop hanya untuk menghemat dari baterai laptop tersebut. makasih info nya min :)

Reply
avatar
Eckitri 12 delete 13 September 2016 15.11

batere laptop saya ada masalah ni gan . Laptop saya gak bisa nyala padahal batre dipasang. Trus saya nyoba sambil di charger trus nyala. Cuman di icon batre nya ada x merahnya gan. Kalau charger nya di copot langsung mati laptop saya. Itu kenapa ya gan? Padahal kemaren masih normal aja

Reply
avatar
Eckitri 12 delete 13 September 2016 15.14

batere laptop saya ada masalah ni gan . Laptop saya gak bisa nyala padahal batre dipasang. Trus saya nyoba sambil di charger trus nyala. Cuman di icon batre nya ada x merahnya gan. Kalau charger nya di copot langsung mati laptop saya. Itu kenapa ya gan? Padahal kemaren masih normal aja

Reply
avatar
Rivan Aditia delete 13 September 2016 18.28

Berarti baterainya yang problem tuh. Kalau dalam keadaan baterai dilepas kemudian charger dipasang dan laptop akan menyala. Kalau charger di cabut ya otomatis matilah laptopnya karena nggak ada sumber energinya, sedangkan baterainya dicabut.

Reply
avatar
Trey Jeremy delete 22 Oktober 2016 15.04

Gan kalau untuk laptop gaming gimanah ,kalo main mending di cabut batre sambal di charge atau lepas batre sambil di charge

Reply
avatar
Rivan Aditia delete 22 Oktober 2016 21.54

Mending lepas aja gan. Tapi pastikan aliran listrik ke laptop stabil atau gunakan stabilizer listrik.

Reply
avatar
Batista Sinaga37 delete 29 Oktober 2016 23.06

Gan,, cara mengatasi pringatn Plugged In, Not Charging gmna gan..??
Aq dah cba uninstall driver baterai nya ttp aja gk bsa charger
Btrenya mntok d 97%, klo chargernya d cabut, laptop nya mti sndiri
Ada solusi nya gk??, slain gnti batre baru!!!

Yg tau tlong bntu jwb ea....!

Reply
avatar
Rivan Aditia delete 30 Oktober 2016 00.19

Itu berarti baterai bermasalah gan. Kalau untuk masalah baterai belum ada tempat servicenya dan satu-satunya solusi yah ganti baterai baru.

Reply
avatar
Yunan Aditya delete 17 Juni 2017 09.17

Mau tanya mas ini kan batre laptop saya ga ada 10 menit udah mau habis. kira-kira kalo saya hidupin trs keadaan batre 100% cas kabel tanpa di cabut itu tidak apa-apa atau tidak?

Reply
avatar
Rivan Aditia delete 26 Juni 2017 13.10

Berbahaya mas, lebih baik lepaskan saja beterainya.

Reply

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon

Artikel Berikutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post