Sabtu, 27 Desember 2014

Cara Setting Bios

www.gudangilmukomputer.com - BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System, yaitu kumpulan perangkat lunak dalam komputer yang mengatur seluruh konfigurasi dalam komputer seperti melakukan instalasi, menjalankan dan memuat sistem opererasi dan memudahkan kerja komputer agar lebih maksimal.


Memang jarang sekali kita masuk pada setting BIOS dan tidak semua orang paham dengan ini. Kita bisa memakai setting BIOS untuk mengatur semua perangkat pada motherboard kita, ingin kita disable dan unable terserah anda, dan biasanya kita memakai bios hanya untuk install ulang windows (kebanyakan orang). Berikut ini adalah langkah-langkah untuk masuk setting BIOS:

1. Hidupkan komputer/laptop anda jika dalam keadaan mati. Nah jika keadaan hidup silahkan restart saja.

2. Setelah anda tekan power tunggu sebentar akan muncul "Entering set-up". Biasanya tipe komputer/laptop berbeda, dan jika tidak salah tunggu ketika keluar merk laptop, merk motherboard muncul di monitor. Untuk memasuki BIOS memang sangat berbeda-beda setiap perangkat silahkan coba tekan tombol F1,F2,F3,F5,F10. Tapi ada juga yang harus tekan Delete, Escape, atau Insert. Tapi untuk laptop saya dengan merk Acer dengan menekan F2 untuk masuk ke Bios.

Cara Setting Bios

di bawah adalah beberapa contoh masuk setting BIOS : 

Cara Setting Bios

3. Selanjutnya tinggal mengatur Boot, letakkan ATAPI CD/DVD pada posisi paling atas, jika anda menginstal ulang menggunakan media CD/DVD. Kemudian diikuti HDD (Hardisk) dan yang lainnya.

Apabila anda menggunakan flashdisk sebagai media untuk menginstal ulang, maka letakkan USB HDD pada posisi paling atas (pertama).

Cara Setting Bios

4. Kemudian apabila telah selesai mengaturnya pilih Exit kemudian jangan lupa untuk di save.

This Is The Oldest Page

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon